Cara Mudah Partisi Windows 7


Oleh: Firdaus Sani
Kamis, 17 Desember 2009 | 20:32 WIB

Jakarta, LaptopCentro – Setelah mencoba beberapa aplikasi untuk membuat partisi baru pada Windows 7 di notebook Sony VAIO, akhirnya saya mendapakan satu kesimpulan bahwa lebih enak pakai Disk Management bawaan laptopnya ketimbang pake aplikasi semisal Partition Magic atau Easus Partition. Malahan untuk kedua aplikasi tersebut tidak bisa di-install di Windows 7 (kayanya gak kompatibel deh…). Nah, berikut saya beri sedikit informasi tentang langkah2 mudah partisi Windows 7:


1. Klik ‘START, dan tuliskan “disk management’’ (seperti pada gambar di bawah).

 

2. Lalu klik pada tulisan ‘create and format hard disk partitions’ (seperti pada gambar di bawah).

 

3. Lalu muncul jendela “Disk Management’ (lihat gambar di bawah).

 

4. Lanjutkan dengan klik kanan pada Local Disk (C: ) dan pilih ‘Shrink Volume…’ (lihat gambar di bawah).

 

5. Kemudian silahkan atur berapa besar ukuran partisi pada drive yang akan kita buat.

 

Penting:
– ‘Enter the amount of space to shrink in MB’ adalah partisi baru. Silahkan masukkan besar ukuran partisi.
– ‘Total size after shrink in MB’ adalah sisa ukuran partisi di drive (C: )
– Terkadang ada yang bisa diatur besar partisinya dan ada juga yang tidak bisa diatur.
– Untuk ukuran partisi yang tidak bisa diatur oleh kita sebaiknya diamkan saja.

Setelah itu tekan ‘Shrink’ (lihat gambar di atas).

6. Setelah di Shrink akan muncul partisi baru yang masih kosong berwarna hitam (lihat gambar di bawah).

7. Lalu klik kanan pada partisi kosong itu dan pilih ‘New Simple Volume’ (lihat gambar di bawah).

8. Lalu ‘next’

9. ‘Next’

10. Daripada bingung, langsung ‘Next’ az..

11. Gak usah diapa-apain, ‘next’ az langsung!

12. ‘Finish’

13. Lalu akan muncul partisi yang sudah jadi dengan warna biru

Silahkan ganti nama partisi baru tersebut 

Gampang khaaaaannn……???
Selamat mencoba! [fs]

128 comments on “Cara Mudah Partisi Windows 7

  1. MANSTABS…….
    Akhirnya keluar juga tulisan mengenai ini….
    Mau nanya lagi mas FS masih boleh kan????
    Untuk laptop Vaio baru langkah apa yg sebaiknya dilakukan terlebih dahulu??? Membuat CD Recovery atau mempartisinya????
    Terima kasih banyak saya ucapkan sekali lagi…..

      FS: hay bro…
      Tidak penting langkah mana dulu yg harus kmu lakukan. Boleh partisi dulu baru bikin cd recovery, boleh juga sebaliknya. Asal yg terenting adalah kamu harus partisi, drive C utk system dan drive D utk data2 penting kamu.
      Utk membuat cd recovery silahkan bikin kapanpun kamu mau,,,yg penting dibikin, jgn sampai tidak! Yaaa hitung2 sedia payung sblm hujan :D
  2. mas sani di vaio cw ada partisi recovery bawaan bukan? jadi kita gk perlu pake dvd lagi. caranya gimana ya? mohon bantuannya.

      FS: hay erry..
      Cara recovery dr recovery partition yg ada di hard disk tinggal restart terus tekan F10. Utk lbh jelasnya lihat postingan saya sebelumnya: Cara Recovery Sony VAIO!
      Thx..
  3. boss, kalo sudah dipartisi misal jadi drive D, apa drive D nya bisa dipartisi lagi ???? tq

      FS: bisaaaaa…
      Prosesnya sama seperti kita partisi drice C. Tapi jelas ukurannya makin kecil. Thx..
  4. mas, kalo mau ngetag ke blog tulisan ini gmn
    blog ini gak bs difollow yaa

      FS: hay mimi..
      Wordpress blm memiliki fitur tag/following, beda dgn blogspot dr google yg sdh ada fitur following/friend connect.
      Tp jgn khawatir, klo kamu mau terus mengikuti postingan2 dr blog saya melalui email, kamu bisa subscribe melalui feedburner di sidebar kanan bawah..

      Btw, gimana laptopnya udah sampe ke tangan kmu belum?? Oya, thx yaaa sudah beli dr LaptopCentro :)

  5. Mas,, kalau cara menghapus partisi gimana ya..?? Coz kmaren setelah saya shrink,, drive c yg sisa tinggal 2Gb..smetara drive G terlalu besar..mohon bantuannya..

      FS: hay TR7..
      Emhh..sepertinya waktu bikin partisi, kamu tidak mengatur size drive G nya yaaa? Untuk menghapus partisi yg sdh dibuat caraanya hampir sama dgn cara membuat partisi.
      – klik kanan pada drive G, pilih ‘delete partition’
      – lalu klik kanan pada drive C, pilih ‘extended volume’

      Rebesss… :)

  6. Mas, kalo saya mau format ulang atau recovery. partisi yg saya buat hilang juga ga bersama data-datanya?? mohon pencerahannya..:-) trimksh

      FS: halow mas teguh…
      Dari pengalaman saya,,data di partisi yg sdh kita buat tidak akan hilang..
  7. wah..trimaksih banyak mas infonya.. saya jadi ga usah repot mindahin data ke flashdisk or HD eksternal kl mau format ulang… sukses slalu lah tokonya…

      FS: hay teguh..
      Tapi utk jaga2 ada baiknya kamu backup jg data2 penting kamu. Heee…
      Sukses selalu juga buat dirimu bro..
    • sory bro nambah ni,

      menurut yang saya baca, di VAIO Recovery Centre ada dua macam recovery:
      1. Restore C:Drive > hanya me-restore drive C: saja dan tidak pengaruh ke partisi laen.
      2. Restore Complete System > ini akan me-restore seluruh system, jadi semua isi data drive C: dan partisi yang lain akan hilang (kembali seperti laptop baru lahir dari pabrik) artinya semua data yang ada akan hilang dan hanya tinggal system aja (C:)

      mohon maaf jika keliru.. :D

        FS: betul sekali gan :)
      • oh..kalo begitu saya pilihnya yang cuma restore C aja yah…
        ok deh..thnx bro tambahannya..:)

          FS: :)
  8. mas, aku dah melakukan tip-tip diatas, tetapi pada saat mau format partition, kok muncul peringatan bahwa windows tidak akan berfungsi dengan baik setelah di format.
    Jadi ndak jadi tak format.. Tolong ya mas sarannya. …

      FS: haluw gan..
      Kalau muncul notifikasi ky gtu, brarti masih ada yg salah dgn langkah2 yg kamu lakukan.
      Namun,,Apabila langkah2nya sudah spt yg saya contohkan di atas tp msh tetep muncul notifikasi spt itu, maka saran saya qm recovery dulu laptop kamu.
  9. bos gimana cara ubah windows xp jd widows 7..,.,.,.??
    aku punya vaio seri VGN-TX670P

      FS: haluw yudi..
      Kalau mau upgrade ke windows 7 yaa kamu harus punya cd installer windows 7. Hanya yg perlu mjd catatan kmu adalah bahwa driver2 utk windows 7 saat ini msh agak susah..
  10. bro kalo temen gw pny vaio CW26 mau upgrade dr vista ke wind7 gmn ya?? dr sony ksh free upgrade gk se kalo bw ke sony center??
    thx bro…

      FS: maksud kamu CS26 kali yaaa!
      Karena klo CW26 kan tipe baru dan sdh pke windows 7. Brarti punya temen kamu adalah CS26.

      Program free upgrade dr sony sudah selesai Januari 2010 kemarin. Jadi klo kamu bawa ke sony pasti akan dikenakan biaya. Mungkin sekitar 1 juta-an..

  11. bro tanya lagi ne… kalo C nya dah dipartisi jadi 2 volumenya sama C and D. gw pengen partisi lagi C nya bs gk? thx

      FS: hay gan..
      Meskipun sudah dipartisi, masing2 drive msh bisa dipartisi lagi, tapi kerugiannya adalah partisinya akan maskin kecil.
      Solusi saya, lebih baik kamu hapus dulu paartisinya menjadi C dulu (delete partition D), lalu kamu partisi ulang. Selamat mencoba ^_^
    • bro jd binggung ne… skg ada drive C, G, H nah data2 dah dipindahin semua ke Drive C. Drive G and H nya dah di format. skg mau nyatuin ke C gmn ya???? tlg dibantu ya………… thx

  12. dah bs disatuin bro jadi drive C totalnya 280gb.. nah gw pengen drive C nya jadi 50 or 80gb aja… tapi selalu kalo mau di partisi hanya bs dibagi 2 jadi 140.. ada caranya gk agar C nya ditinggalin dikit aja????

      FS: owhh,,begitu yaa gan!
      Memang seh jika partisi dari sistem kadang ada yg bisa diatur semau kita, dan kadang ada juga yg tidak bisa diatur.
      Brarti solusinya harus pake software. Di google ada kok aplikasi gratis yg kompatibel utk partisi windows vista. Thx..
  13. bro, saya pake f115, klo HDnya saya partisi, nantinya saya masih bisa recovery pake HD ngga (reboot trus f10). Soalnya saya baca2 ada merk sebelah yg ngga bisa recovery pake hd, klo partisinya dirubah2.. Thanx ya bro

      FS: haluw gan…
      Partisi tidak ada hubung kaitnya dengan recovery disk. Intinya, selama kamu tidak ganti OS, maka recovery disc yang ada di hdd tetap bisa digunakan. Thx..
  14. Bro, saya pakai Z58gg.
    Saya mau Resize Drive C salah penjet Drive B saya ke Delete. Yang ingin saya tanyakan, gimana cara mengembalikan data – data di Drive B tersebut??

    Terima kasih & Salam.

      FS: Hay jerry…
      Kalau ada drive yg sudah ke delete yaa gk bisa dikembalikan mas..
  15. mas kemaren saya barusan nyoba pake cara d atas tp koq malah file type sy berubah yg awalnya primary menjdi dynamic dan pas sy restart malah g bs msuk windowsny..sy instal ulang lg d partisiny g bs d rubah(d hapus,format,ato buat partisi baru) solusiny gmn y???

      FS: nah loh… Kalo kamu rubah drive C dari primary ya brarti C nya ke hapus!
      Solusinya adalah recovery dgn menggunakan CD..
  16. mas.. sya mau back up semua driver di laptop sya,
    gmna cara nyaaa,,,,,???????
    kmren mas blg ad di hidden partisi,nah sya gk ngerti ituuu..
    hehehehe…
    mohonn pencerahan nyaaaa…

      FS: hay chakiela…
      Yaaa..kalau kamu mau lihat Recovery Disk yg berisi OS dan driver2 VAIO dari My Computer, jelas tidak akan terlihat.
      Tapi kamu bisa lihat hidden partition dari Disk Management (Start > klik kanan My Computer > Manage > Disk Management)
      Nah, kamu bisa back up Recovery Disk yang ada di hidden partition itu ke DVD Blank (4 buah) dengan menggunakan aplikasi bawaan dari VAIO yaitu VAIO Recovery Center. Untuk langkah2 membuat CD Recovery kamu bisa lihat di sini!
  17. Bro, aku sdh bisa balikin data yg hilang. ( pakai stellar phoenix ).
    Nah .. skrng aku mau nanya lagi, gimana cara besarin Drive C ??
    Sepertinya Drive C tidak bisa di Extend lewat Disk managemet tu .. :-?
    Mungkin Bro punya cara tersendiri ..
    Tolongin dunk ..

    Thx Bro.

  18. bos mau tanya kalo misalnya udah di bac up kita mau instal ulang di minta seril numbernya gak bos????
    ane mau coba tapi takut sayang masalhanya ori coy…. minta penerangan

      FS: hay gan..
      Kalau habis recovery ato instal ulang tidak perlu masukkan serial number apa pun. Karena OS dan driver asli sudah ada di hard disk. Dan OS tsb adalah genuine. COba2 az…gk masalah kok :)
  19. oya terus kalo bawaan win 7 tuh mau di buat 2 OS mau saya tambahin XP SP 3 buat nodem ane gak konvitibel ma win7 dengan partisi dari c bisa gak???
    gimana caranya????
    saya baru megang sonny masalahnya… mohon bantuan…

      FS: windows 7 asli (bawaannya) tidak bisa ditambahin OS lain. Kalau kamu mau, install ulang windows 7 yang baru dgn CD installer yg kamu punya, nah baru bisa kamu tambahin windows XP..
    • nah…itu nanti file recovery yang di F10 kehapus ga bang kl ganti OS tp win7 juga??jd ditimpa gitu..

        FS: klo gnti OS maka recovery system yg ada di HDD akan kehapus :)
        Jadi sebaiknya klo mau ganti OS back up dulu recovery system nya ke DVD (Create Recovery Disc)
  20. alow mas, mohon petunjuk..
    kasusnya begini :
    1. kompiku SONY VPCS113FG OS win7 ori,
    sy dualboot win7 dengan linux, akibat dual boot win7nya ilang.
    2. untuk mengembalikannya sy recovery pake HDD, karna saya blm buat DVD Recoverynya..
    3. Recovery selesai, kompinya g bisa boot, tulisannya GRUB RESCUE terus kayanya boot buatan LINUXnya rusak..
    4. bingung dah.. coz win7 sama Linuxnya g da yang bisa.
    5. akhirnya saya instal ulang dengan win 7 bajakan. banyak driver g jalan, wireless, vga, dan software VAIOnya g ada..
    6. bisa ndak win7nya tetap ori, saya cek di DISK Management, partisi Hidden buat recovery masih tu 14,37GB..
    7 mohon solusi, trims sebelumnya.

    sp gare lombok

  21. Mas, jika uda dilakukan partisi D: seperti caranya yang diatas, kalo mau dihapus bisa partisinya ?..thx

      FS: kalo sudah ada drive D, maka untuk menghapusnya pun sama caranya dgn langkah2 di atas..
  22. bro, cara diatas bs bwt notebook asus eee pc1005 ga?maxudnya bikin recovery disk tuh di backup ke CD ya??yang mananya ya?? saya nge-blank nih….

      FS: Tutorial ini hanya untuk Sony VAIO :)
  23. mas, saya mw tanya nnic. dari kemaren kebingungan.
    knapa drive C laptop sy ga bs di extend yah, padahal volumenya cm 25 GB, sedangkan file recovery hidens aj udah 14GB, jadi lemot n ga bisa instal apa2 nic. Help me please..

      FS: hay silvi…
      Total HDD kamu berapa?
      Kalau mau di extend, yaa kamu wajib hapus dulu drive D: nya…
  24. thank banget, gan! berkat tutor singkatnya saya jadi bisa mempartisi sendiri notebook saya. Tapi ada pertanyaan lagi, karena ada new simple volume yang baru, skr saya pny 3 drive yaitu c, d, dam z (z : hasil partisi yg instal sblmnya, tapi gak ada d nya).

      FS: hay shihab…
      Hahahaa..saya jd bingung neh!
      Kan ada 3 partisi, drive C, drive D, dan drive Z:, tuh kan ada drive D nya…
  25. pada proses New Simple Volume muncul pesan:

    Dynamic disks are not supported by this operating sytem or server configuration. dinamic disks are not supported on clusters.

    padahal untuk proses shrink volume berhasil…

    mohon bantuannya????

  26. Mass help me, aq kan partisi hdd ,yg c itu t shrink tz t bkin partisi baru. Lha kq jadinya dynamic semua.Cara balikin ke basic gimana mas

      FS: Hay Desica…
      Cara balikin ke basic harus kamu recovery ulang..
  27. Mas, saya kan udah pernah buat partisi D dengan cara diatas, trus saya mau buat partisi lagi sesuai cara diatas juga, tapi pas klik finish ditahap akhir, malah muncul tulisan “You cant create a new volume in this unallocated space because the disk already contains the maximum number of partitions”.
    nah,jadi unallocated disk space yg saya buat tu gag bisa jadi drive baru. sedangkan di klik kanan juga gag bisa dihapus unallocated disknya itu mas. pertanyaannya:
    memang gag bisa buat partisi lebih dari 1 ya mas??
    terus kl memang gag bisa, tolong dong bantuin gimana cara ngilangin unallocated disknya itu supaya ukuran drive C saya kembali lagi…
    mohon bantuannya ya mas..

      FS: hay Teguh..
      Selalu bisa kok kalau mau buat partisi sebanyak mungkin, asalkan kapasitas drive yg akan kita partisi masih mencukupi.
      Klo unallocated drive nya tidak bisa di shrink atau delete, mau tidak mau utk mengembalikan drive C ke ukuran normalnya adalah dgn recovery.

      Semoga jelas…

  28. waduh..brarti ada yang aneh dong dengan vaio cw punya saya..
    padahal sisa C nya masih 200GB lebih, trus saya mau buat drive baru cuma seukuran 20Gb ajah.. eh..gaga bisa di new simple or delete..
    kalo harus recovery mah repot banget backup data-datanya..
    nasib..nasib..hehe
    makasih mas bantuannya..

  29. pada proses New Simple Volume muncul pesan:

    Dynamic disks are not supported by this operating sytem or server configuration. dinamic disks are not supported on clusters.

    padahal untuk proses shrink volume berhasil…

    mohon bantuannya????

      FS: Hay wawa..
      Kadang az juga tipe tertentu mmg yg tidak bisa di partisi dari sistem. Solusinya adalah partisi dengan menggunakan aplikasi semisal partition magic..
  30. maaf mau tanya..
    saat aku tekan finish..
    ada notif..
    kalau typenya bakalan jadi dynamic..
    aku malah klik OK..
    yang aku tanya..
    apa sih dampaknya setelah aku klik itu..??
    kok bisa keluar notif begitu padahal langkahnya sudah benar..??
    apakah yang harus dilakukan jika terlanjur meng-klik oke sehingga typenya semua berubah menjadi dynamic..??
    terima kasih

      FS: kalau semuanya menjadi dynamic maka drive utama primernya) bisa berubah bukan di C lagi tapi di drive lain..
  31. aduh, ga bisa niy…
    setelah dipartisi yg C nya,, memori yg dipartisi malah masuk ke unallocated
    ad 70GB.
    set dicoba pake yg diatas masih g bisa mas.
    gimana y, bnyak banget smpe 70Gb,
    mohon bantuanny

      FS: yang unallocated-nya kamu klik kanan -> extend volume->next->next-> finish…
      nanti si unallocated-nya akan nambah ke C :)
  32. mas mau tnya nie,,
    kan partisi c nya kecil sedangkan yg lain besar,,
    cara menambah partisiny jadi besar gmn mas??

    partisi saya udah d bagi 3 mas,,,

      FS: Hay virli..
      Untuk membuat drice C jadi besar yaa kamu harus delete partition drive yg lain.
      Setelah di delete maka akan ada drive C saja, nah dari situ kamu bisa partisi ulang dan mengatur besarnya drive C.

  33. bagaimana cara agar pemartisian pada windows 7 tidak dibatasi ukurannya, karena saya hanya boleh memartisi setengah ukuran harddisk misal 452 gb saya hanya boleh martisi setengahnya saja dan bertuliskan ” you cannot shrink a volume beyond the point where any unmovable files are located. see the defrag event in the application log for detailed information about the operation when it has completed ” bagaimanakah biar bisa bebas mengatur partisi harddisk C ??? laptop aq masih baru belum isi apa2?? bisa caranya disertai gambar!!! tolong yaa (kirim email aq satya.liar@yahoo.com)

      FS: hai satya..
      Untuk membagi partisi agar bebas mengatur kapasitas, sebaiknya gunakan aplikasi. Silahkan cari di google, ada kok aplikasi gratisan yg bisa digunakan utk partisi windows 7.

      Sedangkan kalau menggunakan pambagi partisi dari sistem disk management, kadang kapasitas drive nya dibatasi alias tidak bisa di atur..

  34. setelah finish pd new simple volume wizard muncul comment bahwa disk basic akan diconvert menjadi dinamic dan partisi baru tidak bis diformat gmn itu??

      FS: hai yahya..
      Bila drive basic menjadi dynamic maka akan merubah dwfault system laptop kamu dari C ke drive baru tsb.

      Bila partisi tidak bs diformat, sebaiknya gunakan aplikasi pembagi partisi. Silahkan cari di google :)

  35. mas admin, saya mw nanya.. bagaimana cara untuk mengurangi kapasitas D, dan kapasitas itu di pindah ke partisi yang lain.. agar tidak menambah partisi yang baru lagi.???

      FS: kapasitas hard disk hanya bisa di resize dengan menggunakan software semisal patition magic.
  36. Mas, aq coba partisi pake cara yang dianjurkan kok malah saat FINISH nya file nya akan berubah dynamic saat di OK ternyata gk bisa.
    saya pake Windows 7 starter notebooknya Hp210-1003

  37. Mas, cara meng_extand local disk (c) gmn?
    bingung, kalo meng_shrink volume saya bisa..
    mohon bantuan nya mas..

      FS: klo mau entend drive C, maka kamu harus delete dulu partisi yg lainya. Setelah di delete baru C nya bisa di extend :)
  38. mas admin, pngen tanya:
    klo di C: nya udh ada file,gpp klo dipartisi?ga bkal ngaruh gitu?
    btw, ni informasi ngebantu bgt.mkasih ya.. :D

      FS: hay Joe..
      Tidak apa2 kok klo partisi tp di C nya sdh ada data/file/aplikasi..
  39. mau nanya lagi nih mas, OS bawaan vaio CW saya kan Win 7 Home Premium. kalo misalnya saya mau ganti OS nya pake dvd installer Win 7 Ultimate, nanti partisi system recovery nya kehapus ga?? kl ngga, apa saya bisa pake system recovery tu kaya nginstal driver-driver dengan win 7 ultimate yang nanti saya instal??

      FS: partisi system recovery nya pasti kehapus!
      untuk driver2nya kamu bisa donlod :)
    • sekedar share aja mas…
      ternyata setelah memberanikan diri nginstal pake win 7 ultimate, partisi recovery yg 14Gb tu masih tetep ada n ga kehapus…
      terus kalo mau balik ke windows original. tinggal teken F10 aja lewat bios.dan semua fungsinya berjalan dengan normal..:))

        FS: wah selamat ya gan. Sukses juga instalasinya tanpa menghapus recovery partition ;)
  40. windows saya sudah terpartisi dari awal dengan c: 200 G dan d : 800 G
    saya ingin mengubah menjadi c: 800 G dan d : 200 G apakah bisa tanpa menghapus windows 7 serta progam files yang sudah ada?

      FS: bisa!
      Jika laptop kamu sudah di instal program, sebaiknya gunakan aplikasi pembagi partisi.
      Tapi sebaiknya sih kalau mau rubah partisi sebaiknya dari keadaan awal yg belum di instal aplikasi..
  41. sama dgn gandes
    pada proses New Simple Volume muncul pesan:

    Dynamic disks are not supported by this operating sytem or server configuration. dinamic disks are not supported on clusters.

    padahal untuk proses shrink volume berhasil…

    mohon bantuannya????
    saya bingung soalx jdi ga bsa kepake dhn 115GB yg unallocated stlah prses shrink:(

    mohon pencerahanx..
    Thanks

      FS: setelah create new simple volume coba kamu delete partition yg tadi kamu buat.
      Setelah itu coba create new simple volume lagi.
      Kalau masih gak bisa, coba pakai software :)
  42. Saya cari di Google.com dengan keyword: cara partisi windows 7
    Urutan pertama hasil pencarian adalah blog ini..
    Saya ikuti panduannya untuk di NB Thosiba Portege saya..
    Dan… BERHASIL

    Sangat bermnfaat!
    Terima kasih telah berbagi… ;)

      FS: :)
      Thx juga dah mampir gan!
      Sukses selalu utk bisnisnya..
  43. mas,klo muncul pesan gini ” you cannot create a new volume in this unallocated space beca
    use the disk already contains the maksimum number of partitions ” gimana tu mas solusinya??

    tlong mas cz 20 giga ga bisa dibaca…!!

    krim ke email yo mas,thx bgt,..!!
    aarbhy@yahoo.com

  44. mas, tanya..
    kemarin laptopku aku recovery pake complete system itu, tau-tau partisinya ilang berikut dengan data-datanya tinggal C doang..
    ada solusi nggak..??
    masa’ tiap abis recovery mesti buat partisi baru ma backup data2 dlu sebelum direcovery..

      FS: halow gan..
      Dalam proses recovery kan ada opsi utk:
      – recovery C drive
      – recovery complete system

      Klo recovery C drive maka hanya drive C saja yg diformat ulang. Klo recovery complete system maka semua drive akan terformat ulang..

      Kamu bisa pilih yang kamu mau..

  45. mas setelah saya ikuti langkah2 diatas muncul notif “The operation you selected will convert the selected basic disk to dynamic bla bla bla……..” trus saya pilih “yes” dan muncul notif lagi “dynamic disks are not supported by this operating system or server bla bla” kira2 knapa yah mas? oia saya make OS win7 starter original…makasih mas sebelumnya

      FS: hay Tora..
      Emhh..kenapa yaa saya juga bingung :)
      Kalau Tora sdh mengikuti langkah2 di atas pasti tidak akan muncul notif spt itu..
      Kalau memenag muncul, coba kamu partisi pake software..
  46. saya coba partini drive C: tapi sampai “new simple volume Wizard”
    klik finish muncul komentar
    :
    ” the operation you selected will covert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). if you convert the disk to dynamic, you will not be able to start installed operationg systems from any volume on the disk (except the current boot volume). are you sure you want continu?”

    saya klik yes ndak bisa, no jg ndak bisa. kenapa ya?

    mohon pencerahannya? tx

      FS: hay fidz…
      Saya juga bingung deh! Kalo gitu partisinya pke aplikasi az!
  47. mas,klo muncul pesan gini ” you cannot create a new volume in this unallocated space beca
    use the disk already contains the maksimum number of partitions ” gimana tu mas solusinya??

      FS: halow taufiq..
      Banyak pertanyaan seperti kamu. Saya juga bingung karena saya belum pernah mengalami problem spt itu. Jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan kamu nih.

      Solusi terbaik adalah dengan menggunakan software untuk partisi. Semoga membantu..

  48. mau tanya ya…

    disk C saya 285giga…. sudah terisi 42giga…. saya mau partisi bikin D 175giga……
    tp kok di step nomor 5, maksimal bisa bikin partisi D hanya 133giga aja yah??

    bagaimana solusinya??

    awalnya disk saya sudah terisi 100giga,, sebagian saya pindah dulu ke hd external jd sisa 42giga….
    pdhl seharusnya biarpun terisi 100giga bisa donk dipartisi jd C:110giga dan D:175giga….
    tp ternyata gak bisa,, dan setelah dikurangi tetap gak bisa…. :(

    plis solusinya….

    thankz…

      FS: hay ali..
      Trouble kamu berarti di system-nya yg tidak bisa dipartisi sesuai keinginan kita. Seperti yg saya tulis di atas, ada laptop yg system partisinya bisa dibagi sesuai keinginan kita dan ada juga yg tidak bisa (artinya si system sendiri yg menentukan kapasitas pastisi).

      Sollusinya ada dua:
      1. Ini simple, kamu pakai aplikasi utk partisi.
      2. Atau langkah ke-2 ini simple juga tp repot :)
      Kamu tetap partisi az sesuai dgn kapasitas yg diberikan system. Setelah selesai partisi (ada drive D) lalu kamu hapus lagi partisi D itu, kemudian dirve D yg ‘un-allocated’ kmu balikin lagi ke C (drive C nya kamu extend).
      Setelah normal pada posisi awal (hanya drive C saja), lalu kamu ulang partisi lagi. Nah cara cpt ini biasanya bisa utk partisi laptop yg tdk bisa sesuai keinginan kita.

      Selamat mencoba :)

    • udah saya coba partisi sesuai yg diberikan system… lalu saya delete partisi D,, tertulis jd “free space”

      tetapi knp saya klik kanan di C tidak bisa di expend yah ??
      pdhl drive C nya sudah berkurang kapasitasnya…..

      bagaimana cara expendnya? sdh saya coba restart dlu tetep tidak bisa..

      thx

        FS: kamu buka disk management, apakah drive D nya (yg free space warna hitam klo gak salah) sudah kamu delete?
        Kalau sudah di delete biasanya drive C bisa di extend (ditambah) jadi tinggal drive C saja.
  49. mw nanya ni,,,cara ngubah tipe partisi jadi primary gimana ya???punya saya malah jadi “simple volume” mw di instal vista g bisa..da yang bisa bantu g ni…please!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      FS: hay prstyo..
      Jgn ubah2 tipe partisi. Malah nanti jd eror semua :)
  50. mas mau tanya, laptop saya koq tampilanya simple volume ya (warnanya simple volume itu) … gimana cara mengubahnya jadi primary partition (warna biru itu)… koq bisa gini kenapa ya? salah partisi awal ato gimana? makasih…

      FS: hay rika..
      new simple volumenya sudah diformat belum? Tp hati2 loh, nanti bisa2 malah ke hapaus primary nya. Kalau bingung, yaa rcovery az :)
    • maksudnya gimana mas? ini partisinya sdh empat C D E F… tp semua tampilanya warnanya itu bukan biru… warna lime itu loh… sdh ada datanya mas…. kalo covery ntar musnah dung…. maksudku bisa diubah ke primary partition gak? biar warnanya biru…. masak lime sih? carana gimana??

        FS: kalo partisi yg sudah jadi (diformat) warnanya biru.
        Kalau yg di kamu warnanya masih ijo lime gitu berarti belum di format. Klik kanan dan pilih ‘New Simple Volume’..pasti warnanya jadi biru :)
  51. boz ane mw tnya…….
    saya kn install ulang win7 pas langkah partisi ada partisi extended yg g bsa d format atau di buka sm sekali solusi na gmn ea?

  52. mau tanya bro , ini bukan hanya untuk windows 7 notebook Sony VAIO kan ? windows 7 thosiba bisa juga kan?

    kalo install ulang tanpa driver gmn bro ? soal nya punya ana gak ada cd nya ,.

  53. gan saya mau mempartisi lagi drive D: , saya ikuti cara di atas, tapi pas Finish tidak bisa, malah ada pemberitahuan, ketika saya ikuti tidak bisa support… kenapa ya gan???? mohon penjelasan nya?? terimakasih sebelumnya.

  54. wah wah…
    maaf mas mau tanya nih, cara Install drive C nya saja di Vaio VPCEA45FG disebelah mana sih..
    soalnya ini OS nya sudah di inkjet pada harddisk, maklum pengguna 7 baruan dari VAIO yang di inkjek di harddisk kalo pake kaset sih gampang.. hehhehehe makasih

    • klik start- ketik vaio recover center. nah klik n masuk aplikasinya. trus pilih restore drive C:. maka C kamu akan kembali kaya abis di instal ulang..

  55. thanks hebat boss
    dari sini baru bisa deh.
    lebih hebat daripada menggunkan software….
    sekali lagi makasih

  56. Wow .. makasih tutorialnya ..
    Terusterang ngebantu banget .. hehee .. tapi tetep masih agak ragu untuk mraktekkinnya sendiri .. hehee .. takut ada apa” ..

    Oh iya , kalo pake Windows7 Acer Timeline tetep kayak gini nggak caranya ?

    Maaf banyak ngomong , maklum , gak tau apa” .. baru masuk SMP .. hehehe :D

  57. mas, setelah saya bikin partisi baru knp partisi yang unlocated tersebut tidak bisa dibuat new simple volume wizard. setelah ikutin langkah sampai akhir malah keluar peringatan seperti ini.. “the operation you selected will convert the selected basic disk to dinamic disk..”
    lalu saya klik “yes”, lalu kluar peringatan ” dynamic disk are not supported by this operating system or server”..
    mohon penecerahannya mas
    trima kasih….

  58. mau tanya nih, kalo bikin recovery dulu sebelum di partisi, terus di partisi, saat cd recoverynya dipake apa partisinya juga kembali seperti saat dibikin atau nggak..

  59. mas bro…saya udah nyoba, pas saya mecah drive C jadi 2 jadi drive F kok malah jadi unlocated ya???terus saya format lewat new simple volume..bla..bla..bla..itu tapi ko jadinya tetep unlocated tu gimana solusinya kira-kira?padahal drive C saya udah berkurang kapasitasnya, tapi partisi F saya ga terdetect di explorer…please help me??!!

  60. mas,klo muncul pesan gini ” you cannot create a new volume in this unallocated space beca
    use the disk already contains the maksimum number of partitions ” gimana tu mas solusinya??

    Yudhi

  61. matur nuwun gan senelumnya……….

    nee di win 7 starter koq gagal ya gan …….gmn cara ngembaliin seperti semula ….

    mohon pencerahanya emailkan ke saya lukas13spw2gmail.com……thanks gan

  62. mas saya tanya dong, saya baru make vaio eg28fg, pertama kali menggunakan langsung berpikir masalah keamanan data, krn semua ruang file masih berada pada drive c , dan selanjutnya saya lakukan partisi dengan cara diatas dan berhasil menjadi 2 partisi yaitu c dan d.
    pertanyaanya sebelum saya mulai partisi drive c : pada disk management terlihat untuk drive yg no name sudah ada isinya (recovery partition = 11.86 gb) sudah tidak 100 % free, tepatnya saya lupa , setelah saya partisi dgn shrink volume c dan terbagi menjadi 2, berubah menjadi 100 % atau 11.86 gb. apakah drive tersebut ruang untuk OS win 7 dan driver vaionya ya?
    knp ruang freenya menajdi 100% ya, itu terhapus atau tidak ya OS dan drivernya, mohon penjelasanya,.. Trimkasih

  63. aku belum bisa nich pas klik finish ada tulisan “the operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). If you convert the disk to dynamic, you will not be able to start installed operating system from any volume on the disk. Are you sure you want to continue? Pas aku klik yes “dynamic disk are not supported by this operating system or server configuration. Dynamic disk are not supported on clusters. Mohon bantuannya

  64. kalau laptop belum pernah di partisi terus mau di partisi, data yang ada di C itu nanti hilang g?
    software yg ada di C teruninstall ga?

  65. siang mas,
    mas mau nanya cara instal laptop pakai cd recovery?

      FS: Bila kita sudah mempunyai cd recovery, maka cara untuk format ulang dengan menggunakan CD Recovery sangat sederhana yaitu sama seperti kita menginstall ulang operating system ke laptop kita. So…..proses recovery sedang berjalan dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mengembalikan kondisi laptop Anda ke kondisi semula. Selamat mencoba…
  66. Bos…klo ada free space trus ga mau di partisi g mn bos???

      FS: kamu delete dulu free space itu supaya jadi 1 drive C saja. setelah itu kamu ulang partisinya..
  67. bro,punya ane kok gak bisa di proses ya.
    udah ada unlocated drive,tapi di proses lanjut kagak bisa.
    ada tulisan
    “you cannot create a new volume in this unlocated space bcoz the disk already contain the maximum number of partisions.”

    di tunggu pencerahannya.

    thanks

      FS: Solusi 1, kamu harus recovery ulang laptop kamu. Setelah recovery baru dipartisi. Solusi 2, kamu gunakan aplikasi partisi spt partition magic. Semoga jelas..
  68. mas maw tany nih laptopku vaio VPCCA15FG kmrn sy rename nama di disk C pke namaku tp gk bs itu knp ya malah disk C ny tulisan HPLJP1000 karena sy pernah instal printer P1006 tp gk brhasil malah kok disk C ny berubah menjadi nama HPLJP1000???? gmn carany ya merubah namany kesemula karena sdh berulang kali sy rename tp gk bs brubah2???
    makasih tolong di jawab ya……

      FS: hay nur, silahkan klik Start > klilk kanan My Computer > Properties.
      Cari tulisan Computer Name, Domain, blablabla… Di sebelah kanan ada icon text ‘Change Setting’
      Tekan ‘Change Setting’ > muncul kotak System Properties > Pilih ‘Change’
      Semoga membantu …..
  69. mas laptop saya sony , stelah ngkutin smw instruksi dia atas kok jdnya malah ada tulisan gini “you cannot create a new volume in this unallocated space because the disk already containts the maximum number of partitions” gmn tuh mas ?

    FS: klo ada tulisan maximum number gitu berarti ada 2 kemungkinan:
    1. hard drive agan udah dipartisi.
    2. Klo belum dipartisi, berarti aplikasi yg sudah terinstal di drive C sudah terlalu banyak jadinya tidak bisa dipartisi dari system. Alternatifnya agan bisa partisi menggunakan software.
    Solusi yang terbaik dalam partisi laptop adalah ketika laptop masih kosong atau belum diinstal software lain..

  70. mas laptop saya lenovo b460 dgn OS win7 64 bit. masalahnya gini; mulanya local disck C: itu ukurannya terlalu besar dibanding dng D:, kmudian local disk C: itu ukurannya saya bagi 2, agar terdpt partisi baru. namun stelah saya ikuti cara yg tlah mas sbutkan diatas, diakhir stelah sy klik finish malah muncul ” you cannot create a new volume in this unallocated space because the disk already contains the maximum number of partitions ”. bagaimana itu penyelesainnya…mohon dibantu. TRIMAKASIH//

  71. Gan…kalo mau instal ulang os bawaan dari sony cara”a tekan f10…trus bisa langsung dipartisi ga…tolong info”a,,,

      FS: kalau mau instal ulang OS bawaan bisa dengan F10 (Start + F10), namun dengan catatan laptop kamu belum pernah ganti OS. Kalau sudah pernah ganti OS, maka recovery sistem yang ada di hard disk ikut terhapus pada saat kamu ganti OS. Setelah recovery bisa langsung partisi lagi. Trims..
  72. siang mas..
    saya mau tanya, saya kan udah punya dua partisi..
    C : 143gb
    used space : 42gb
    free space : 100gb dan
    D : 143gb
    used space : 91,4gb
    freevspace :

    saya ingin merubah kapasitas D dgn ditambah 60gb lagi ngambil dari free space-nya C itu gmna ya???
    soalnya free space C banyak banget. terimakasih

    FS: kadang kalau kita partisi dari sistem, ada yang bisa kita sesuaikan size-nya ada juga dari sistem sendiri yang sudah menentukan size-nya. Kalau kamu mau menentukan sendiri size-nya, maka harus menggunakan partisi dengan software. Namun hati2, dari pengalaman saya partisi menggunakan software suka membuat windows menjadi eror.

  73. mas, minta bantuannya donk. aq dah partisi hardisk nih. Nah pas masukin nilai di “enter the amount …..” aku masukinnya maksimum, jadi “size after shrink”nya juga maksimum dari sisa hardisk yg gak terpake. Nah pas mw rubah partisi yang unalocated ini, kok gak bisa ya???selalu muncul “you cannot create a new volume in this unalocated space because the disk already contains the maximum number of partitions….
    mohon penjelasannya…terima kasih

    FS: kalau begitu kamu ulang lagi. Delete partisi yg sudah kamu buat tadi, jadikan satu ke C. lalu ulangi shrink volume lagi. Masukin sizenya sesuai dengan yang diberikan sistem saja, tidak usah dirubah2..

  74. bang,., ane habis bwt partition baru di lappy anee.,. pas mw bwt, ada pesan yg muncul krn tdk ngerti, langsung di ok ok aja.,.masalahnya.,.setelah volume barunya jadi,,eh kok semua disknya berubah jd simple disk yg awalnya primary, gmana cara balikinnya??

    FS: wah klo yg primary jd simple disk takutnya nanti os nya eror. Kalau os nya tidak eror coba delete partition disk baru yg sudah kamu buat tadi. Setelah itu ulangi lagi buat partisinya :)

  75. gan stelah di partisi ternyata ada yg salah, di C lebih besar kapasitasnya dari D,, kalo mo ngubah lagi bisa g??

    FS: bisa tapi kamu harus delete partisi yg baru dibuat itu. Misal sudah ada C dan D, maka klik kanan di D > Delete Partition. Lalu klik kanan di C > Extend Partition

    • kenapa gak ada pilihan delete partition pas klik kanan??

      FS: klo gak salah delete partition atau delete volume saya agak lupa

  76. mas tolong saya dong, saya pakai sony vaio sve1426vcb yang udah bundling win 8 ori yang belum aktif, cara aktifinnya gimana ya? udah googleing dan coba crack pake aplikasi win8aktifator tapi malah blank blue screen, (bisa balik lagi kali masuk taks manager lalu ketik explorer)

    terus saya mau downgrade ke win 7 ultimate , tapi pas pengiisntallan saat menu pilihan partisi, setelah partisi C di apus gak bisa next.

    kata temen katanya hapus dulu semua partisi, lah otomatiskan nanti saya gak bisa recovery kalo semua partisi di hapus, solusinya gimana ya biar semua partisi di hapus tapi kalo gagal pengen kembali seperti semua beli laptop
    mohon di jawab via email bboy_hacker43@yahoo.com ya mas
    kalo boleh saya minta CP nya mas mau berbincang2 kalo berkenan.

    FS: Halow gan,
    Penggunaan laptop dengan windows 8 memang harus diaktifkan dulu.
    Caranya pun sangat mudah yaitu laptop agan hanya perlu tersambung ke internet, itu saja. Nanti OS nya akan otomatis aktif sendiri.
    – setelah konek internet, buka charm (windows + C) lallu pilih seting, pilih change pc setting
    – jika OS belum aktif maka di PC Seting ada notif text warna merah.
    – tunggu sekitar 2 menit maka otomatis windows 8 agan akan aktif.
    Sebagai info lagi, windows 8 seperti diprotek oleh microsoft. Teknisi kami berulang jali downgrade dari 8 ke 7 tidak pernah bisa.
    Dan kalau kamu ganti OS, maka otomatis pula recovery system laptop akan terhapus. Solusi untuk mengembalikannya kamu harus gunakan recovery disk dari tipe yang sama.

  77. Nanya Mas vaio seri y asalnya windows 7 starter trus ta ganti dg yg ultimate lalu waktu aq nyalakan lgi da tulisan battery uncompatible.gmn Mas solusinya.trims sebelumnya

    FS: itu artinya drivernya tidak compatibel. Saran saya sbaiknya kembalikan ke kondisi OS semula> Trims…

  78. Klo yg asal tu starter tpi waktu d buka da tulisan cannot startup repair auto.gmn tu gan tu klo d intall ulang gmn jga tu gan.trims sebelumnya

    FS: kalau begitu agan harus recovery pakai cd recovery dari tipe yang sama.

  79. Klo d upgrade k windows 8 pa bsa n pa cocok drivenya

    FS: bisa az upgrade ke 8 namun drivernya ada beberapa yang gak cocok.

  80. aSSLKUM MAS mau tanya juga donkz,,
    1. komputer biasa rumahan _ cpu nya gak konek ke monitor apa yang salah ya mas? pdhal cpu + monitor hidup

    FS: wa’alaikumsalam…
    Pertama saya kurang mengerti tentang hal teknis. Jadi saya sarankan agan bertanya ke toko penjual PC saja :)

    Trims…

  81. 2. laptop saya lelet mas, cpet panas pdhal kipasnya nyala mas.
    3. system restorenya gak jalan mas gak bz di pakai. knp ya mas?

    mohon ilmunya mas, maaf lau pertanyaannya gak sesuai topik. mksih banyak mas,..
    wasslam…

    FS: kalau laptop lelet biasanya minta di format ulang. Kalau sistem restornya tidak jalan agan harus pakai cd installernya.

  82. assalamualaikum gan.
    mau nanya dong, kalo nge-shrink drive c, ada risiko terjadi hal2 yang tidak diinginkan ga? (misalnya trus jadi harus diinstall ulang OS-nya).
    terima kasih

    FS: waalaikumsalam…
    Kalau salah shrink, resikonya akan bikin eror OS, namun jika kamu ikuti tutorialnya dengan benar maka kamu akan bisa partisi. Karena shrink itu sama dengan mempartisi hard disk. Dan produk vaio tidak bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga utk partisi hard disk. Trims..

  83. Slmt pagi mas,,, mau tanya nih..
    apakah ada dampaknya misalnya saya mengganti label partisi HDD? misalnya yg tadinya (E:) saya ganti menjadi (D:) ?? karena setelah direcovery, untuk partisi yg harusnya (D:) malah jadi (E:).. jadinya kan ga urut,,, mohon jawabannya. makasih..

    FS: merubah label partisi dari disk management tidak berdampak apapun. Silahkan saja dirubah, walaupun ada notifikasi, namun tidak masalah kok. Di “OK” saja :)

  84. mas apa itu nggak apa-apa menggambil srink/free space pd drive c, nntinya klau diambil windows 8 saya bisa bermaslah ??

    FS: no problemo :)

  85. 1.mas itu jika kita belli laptop baru, windowsnya langsung aktif atau nggak ??
    2. mas itu klau belli laptop baru , biasanya pemilik toko mengaturkan partisi yg kita mau, misalkan C D E. itu drive C alias tempat windowsx nggak bakalan rusakkan??

    FS: 1. windows belum aktif, dan ketika kita hidupkan laptop, baru lah windows minta diaktivasi via internet.
    2. beli laptop baru hanya ada drive C. Untuk menambah partisi bisa minta tolong si penjual juga gpp kok :)

  86. sebelumnya s brterima kasih kpd mas Firdaus krna tlah menjawab semua comment dari saya.

    saya ingin bertnya lagi mas fidaus :
    kan didlm laptop baru trdapat microsoft bawaanya. sebaiknya pilih yg mna mas jika kita ingin install microsoft officenya yg full version lwat pemilik tokoh atau microsoft triall bawaan dari laptop saya mas ??
    tolong pncerahannya

    FS: si penjual biasanya tidak mau meginstalkan office bajakan, jika kamu punya cd installer office (sudah beli yang ori) silahkan saja minta tolong instalin. Tapi kalau yang bajakan, si penjual pasti tidak mau. Yang trial bawaan laptop sebaiknya dibuang saja :)

  87. mas klo ”misalkan” kita belli laptop sony tipe SV, kmudain s meminta si penjual utk menginstallkan Microsot office 2013 yg fullversion, itu microsoft dari bawaan laptop akan terganti scra otomatis oleh microsoft si penjual atau tetap masih ada dlm leptop tersebut(jadi ada 2 microsoftnya) ???

    tlong pencerahannya dan solusi yg baik utk beli laptop baru tipe SV

    FS: sebaiknya, hapus dulu office bawaan yg trial, setelah itu baru install yg full version

  88. mas apa bisa pesan cd recovery di service center sony ???

    FS: service center tidak menjual cd recovery. Kalau mau pesan cd recovery bisa dari saya. Trims…

  89. mas klo mo bikin partisi baru laptop sony vaio os windows 8 caranya gimana? harus drubah dulu gk boot tipenya dari UEFI ke legacy coz kmrn saya nyoba partisi pke easus malah error gk bsa masuk windows lagi kyknya ilang file bootnya….solusinya gmna mas..thanks

    FS: windows 8 tidak bisa partisi pakai aplikasi lain karena akan merusak OS. Gunakan partisi dari system yang ada di Disk Management. Partisi dari system antara windows 7 dan windows 8, caranya sama. Baca tutorialnya di sini!

  90. mas yasa kan udah instal ulang pake vaio care. ternyata partisi D dan E ilang. tus pengen buat partisi lagi renyata space yang bisa dipake partisi cuma sebagian.
    HDD 750gb
    drive c: free 340gb
    drive e: 340
    nah saya pengen buat
    c:150gb
    d:300gb
    e:300gb
    tolong pencerahannya dong mas

    FS: iya gan, kadang ada partisi yang bisa disesuaikan size nya semau kita namun ada juga yang sudah diatur sistem dan kita tdk bisa merubahnya..

  91. jd solusinya apa nih mas supaya bisa
    c:150
    d:300
    e:300

    FS: tidak bisa gan. Karena akalu menggunakan software lain malah akan membuat windows eror

Tinggalkan Balasan

