Recovery Sony VAIO Windows 8


Oleh: FS
Jumat, 15 Februari 2013 – 19.30 WIB

headerLaptopCentro – Waaahh Windows 8 benar-benar bikin pusing ya? Sampai-sampai saya juga ikutan pusing dengan komentar VAIOlicious yang banyak bertanya tentang cara masuk BIOS ataupun recovery di VAIO mereka yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 8. Ya terpaksa deh saya buat lagi artikel tentang cara recovery VAIO Windows 8. Padahal sebelumnya, saya sudah pernah menulis artikel tentang cara recovery VAIO model lama dan model baru dengan Windows 7. Namun berhubung di Windows 8 agak sedikit berbeda, mau tidak mau saya tuliskan juga deh cara recovery VAIO Windows 8 :)

Seperti yang pernah saya bahas di artikel recovery sebelumnya, bahwa recovery atau format ulang di laptop Sony VAIO bisa dilakukan dengan 2 cara:

  1. System Recovery (menggunakan data recovery system yang tersimpan di dalam hard disk)
  2. Disk Recovery (menggunakan cd recovery yang sudah kita buat sebelumnya)

Dan sekali lagi saya ingatkan, penting bagi VAIOlicious yang mau recovery adalah untuk back up data-data penting seperti data pekerjaan, foto, film, lagu, dan lainnya ke hard disk eksternal, flash disk, atau burning ke cd.

-

1. System Recovery    

System Recovery yaitu memformat ulang dengan menggunakan aplikasi recovery yang tersimpan di dalam hard disk. Langkah format ulang seperti ini tidak bisa dilakukan jika hard disk rusak atau laptop yang sudah ganti sistem operasi yang menyebabkan “system recovery” hilang. Format ulang menggunakan “System Recovery” pada VAIO Windows 8 dapat diakses melalui tombol ASSIST.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Tekan tombol ASSIST dalam keadaan laptop mati.

Recovery_VAIO_Windows_8_01

-
2. Akan muncul menu VAIO CARE Rescue Mode → English → F10 (Recover or maintain your system) 

Recovery_VAIO_Windows_8_02

-
3. Choose the language → English 

Recovery_VAIO_Windows_8_03

-
4. Choose the keyboard layout → US

Recovery_VAIO_Windows_8_04

-
5. Choose an option → Troubleshoot

Recovery_VAIO_Windows_8_05

-
6. Kemudian pilih → Recovery and maintenance

Recovery_VAIO_Windows_8_06

-
7. Lalu pilih → Windows 8

Recovery_VAIO_Windows_8_07

-
8. Proses Recovery akan segera dimulai.

Recovery_VAIO_Windows_8_08

-
9. Muncul aplikasi VAIO Care (Rescue Mode) → Select English and start VAIO Care (Rescue Mode)

Recovery_VAIO_Windows_8_09

-
10. Pilih “Start recovery wizard”

Recovery_VAIO_Windows_8_10

Hati-hati jika di laptop Anda ada partisi D atau E karena recovery di atas akan menghapus semua partisi. Jika Anda ingin format ulang drive C saja dan drive lainnya utuh, maka pada langkah no.10 di atas pilih “Tools”. Atau bisa lihat tutorialnya di sini!

Jika Anda yakin ingin format ulang seluruh sistem (complete system), silahkan lanjutkan ke langkah no.11 di bawah!

-
11. Pilih “Skip rescue”

Recovery_VAIO_Windows_8_11

-
12. Contreng “Yes, i’m sure”

Recovery_VAIO_Windows_8_12

-

Proses recovery pun akan berjalan sekitar 40 – 90 menit dan tunggulah sampai selesai.
Selamat bekerja ^_^

-

2. Disk Recovery (CD Recovery)

Inti dari format ulang menggunakan Disk Recovery adalah sama dengan format ulang menggunakan System Recovery. Hanya saja, format ulang menggunakan Disk Recovery mengharuskan Anda memasukkan CD #1 hingga CD terakhir. Setelah semua CD “ter-copy” ke sistem di laptop, maka laptop akan mulai menjalankan proses System Recovery normal seperti petunjuk di atas. Untuk petunjuk membuat Disk Recovey, silahkan baca tulisan saya sebelumnya!

Berikut langkah-langkahnya: (maaf tanpa gambar karena prosesnya kurang lebih sama dengan proses recovery di atas)

1. Tekan tombol ASSIST dalam keadaan laptop mati.
2. Akan muncul menu VAIO CARE Rescue Mode → English → F2 (BIOS)
3. Setelah masuk BIOS, pilih Boot Priority → Select 1st Boot Priority → Enter → Pilih “Internal Optical Disc Drive”
4. Sebelum exit dari BIOS, masukkan CD Recovery 1, lalu pilih Exit → Save Changes → Restart
5. Ikuti petunjuk yang muncul di layar:
• Choose the language → English
• Choose the keyboard layout → US
• Choose an option → Troubleshoot → Recovery and maintenance → Windows 8
6. Tunggu proses berjalan hingga laptop minta memasukkan CD berikutnya

Proses recovery pun akan berjalan sekitar 60 – 90 menit dan tunggulah sampai selesai.
Selamat bekerja ^_^

About these ads

78 comments on “Recovery Sony VAIO Windows 8

  1. makasih sob.,.,agan emang keren dah.,.,.ane mau nanya,apa ini termasuk solusi pada vaio yg gak kerja fitur refreshnya.,.,jadi pas ane mau refreh laptop,pas slesainya eh dia bilang ada keslahan pas ngerefresh dan tidak ada yang dirubah,.,.terimaksih.,

    FS: selama OS belum diganti, smua fitur pasti bisa dijalankan. Kalau ada fitur yg tdk berfungs berarti ada yg eror dengan system dan harus recovery

    • apa format ulang ini menghapus semua yang ada di dtive.,.?

      FS: bisa iya, bisa tidak. Intinya, recovery pasti menghapus sistem di C. Nah, jika ada drive D ataua E, maka drive D dan E itu bisa kita selamatkan dengan catatan harus hati-hati ketika recovery. inilah yang disebut Custom Recovery. Sebab kalau tidak hati-hati maka semua drive malah terhapus. Tutorial Custom Recovery silahkan lihat di sini!

  2. Apakah kita bisa membuat cd recovery setelah melakukan system recovery…trims..maaf gan banyak nanya solnya masih pemula.

    FS: intinya, selama windowsnya tidak diganti atau diformat, mau bikin recovery disc kapan pun masih bisa kok. Pun kalau windowsnya sudah di recovery system, maka masih bisa bikin cd recovery. Trims..

    • makasih banyak gan,,,trus saya kan udah back up drive c.,nanti kalo udagh di recovery bias gak balikin back up an tu.,.,??

      FS: yaaa kalo sudah back up nanti setelah kelar recovery tinggal copy paste az ke drive C lagi :)

      • makasi banyak atas infonya gan.,.,.sekarang laptop ane udah bersih.,.,mau nanya lagi ni gan,.,kan ane mau ngerestore drive c yang udagh ane back up,.,.trus pa error2nya yg dulu tu bakaln balik lagi.,.,.?

        FS: yg di back up kan hanya data, bukan eror nya, haha.. Jadi yaa eror pada sistem yg lama kan sudah bersih karena di recovery. Kecuali niihhh… Kalau data2 agan yg di back up terus di restore lagi ada virusnya. Maka si virus itu bisa bikin sistem yg sudah bersih tadi jadi bakalan eror lagi.

  3. Om mau nanya ni knapa ya laptop sony vaio saya gx bisa di rubah tema nya n back groun nya, setiap uda di ubah tetep aja kembali seperti semula, mohon bantuan nya om. Thks

  4. Saya pake win8 vaio model vpc om

    FS: win 8 yg agan instal ori atau bajakan? Kalau bajakan mungkin memang fiturnya di disable dari microsoftnya.

  5. gan, saya msk ke assis trus tekan f10 yg recovery or maintenance tp koq lgsg masuk windows ya? mohon bimbingannya

    FS: Kalau laptop kamu belum ganti OS dan mengikuti tutorial di blog ini, saya jamin pasti bisa di recovery. Kalau tetap langsung masuk ke windows berarti recovery system yg di hdd nya eror.

  6. vaio saya tipe sve14a35cv, bagaimana dan dimana saya bs mendapatkan CD recovery?

    FS: cd recovery nya bisa agan dapatkan dari saya. Silahkan email atau sms untuk order

  7. gan sy baru beli nih sony vaio yg ori windows 8 tapi udah ke hapus nih kayaknya ori win 8 nya waktu Saya ganti ke win 7 (merasa ga pede pake yg win 8) bisa di balikin ga ori win 8 nya?

    FS: kalau vaio agan udah ganti OS maka untuk mengembalikan lagi ke default bisa dengan cd recovery dari tipe yang sama. Silahkan sms atau email saya untuk order cd recovery nya. Trims…

    • gan kalo cd recoverry sony vaio fit SVF1421MSG ada nga.?
      punya ku udah d instal ulang jd recovery hardiskx kehapus..
      aku mau kembalikan ke windows orinya tapi waktu itu blm paham jdx ga di bacup ke cd,,

  8. Om mau nanya, ni siapa tau bisa bantu. kemarin aku beli sony vaio type SVS…. yang pakai win 8. semuanya fine2 saja, perihal sist. recovery ini sebenarnya sudah saya ketahui dr awal cuman blm sempat di lakuin.
    samapi suatu ketika temen saya iseng mau kasih partisi HDD pakai soft abal2. dan hasilnya lapie ku hang. dan setelah di restart vaio langsung notifikasi minta di recovery. ada system yg error.
    masalahnya aku belum sempet buat disc recovery, terus bisakah download dr internet. dan apakah rec disc harus ke service centernya. soalnya kalo harus ke servis center jauh banget dr rumah.
    thanks mohon pencerahannya.

    FS: halow gan,
    Untuk produk vaio, tidak bisa dipartisi menggunakan apps pihak ketiga dan hanya bisa dilakukan melaui disk managemen dari system. Silahkan lihat tutorialnya di blog ini. Nah, untuk mengembalikan vaio agan ke default factory settings hanya bisa dilakukan dengan reovery. Kalau hanya system eror karena salah partisi, coba baca tutorialnya di blog ini. Agan bisa gunakan fitur tombol ASSIST untuk melakukan recovery.

  9. mau nanya dong.. kalo notebooknya saya format dangan menggunakan dengan tombol assist kalau dilain hari saya mau format lagi masih bisa dengan menggunakan tombol assistnya dengan tetap menggunakan windows8.. thx be4

    FS: tetap bisa dengan catatan jangan ganti OS!

  10. gan saya punya vaio windows 8 trus saya turunkan ke windows 7 gara” byk software yg gak support di windows 8 ori saya,, jdny saya bawa ke konter laptop,, ternyata di sana hardiksnya di format dan saya belum buat recoverynya,, ada gak cd recover SVE14A25CVB ? oya kalo teman saya punya tipe yg sama dgn saya tp berbeda warna apakah itu bisa di pake CD revovernya,, dia warna pink vaionya sedangkan saya warna black gan,, tp serisnya sama SVE14A25CVP dan saya SVE14A25CVB
    mohon tanggapannya gan ?
    kirim ke email harga cd recoveri SVE14A25CVB ya gan
    email: andryismwan@gmail.com

    FS: sip, udah saya email gan!

  11. Permisi gan,saya kan punya vaio Fit series. Kan bawaan windows 8 original, udah saya backup di Dvd trs saya ganti OS ke windows 7. Apesnya di windows 7 gak ada drivernya jadi gak bisa diapa2in laptopnya, balikin ke awal lg kayak baru gmn ya gan? mohon dibantu ya gan, bingung soalnya mau diapain lagi laptopnya :(
    Terima Kasih gan.

    FS: berarti agan harus recovery menggunakan cd recovery yg sudah agan back up itu. Silahkan baca tutorial cara recovery menggunakan cd di blog ini.

    • Tp waktu pilih recovery tool itu gak ada win 8 gan, adanya win 7

      FS: tutorial untuk win 7 hampir sama dengan win 8

  12. kang saya pake sve14132.. di sana muncul drive letter baru “Recovery(G:) 22.6 GB”
    ane gak tau kenapa itu muncul “kayanya pas ane oprak-oprek vaio care”.

    ane mau nanya..
    1. itu drivenya beneran drive recovery kang? kok gede amat datanya sampe 18 gb-an.
    2. membuat file recovery menggunakan cd sama usb drive bedanya apa kang?
    3. drive recovery (yang G: tadi) apa boleh saya hapus, terus saya pake sebagai drive biasa buat nyimpen data kang?

    mohon maaf kang banyak nanya. gak ngerti.

    FS: hai, saya coba jawab yaa..
    1. Drive recovery seharusnya tersembunyi dan tidak terbaca dari my computer. Drive recovery memang besar krn isinya OS ori, driver, dan aplikasi bawaan vaio. Kalau drive recovery terbaca di my computer berarti ada yg eror dengan hsrd disknya atau file recovery nya. Solusinya yaaa recovery system.

    2. Back up recovery ke dvd hanya butuh 4-5 keping. Kalau dengan usb flash disk minimal 32GB free.

    3. Drive recovery kalau dihapus akan menghapus recovery system yg ada di hdd. Sebaiknya diamkan saja, atau kalau mau lebih aman, silahkan recovery (format ulang) sistem

  13. Permisi om mau naya,,,saya tadi recovery leptop vaio saya menggunakan System Recovery, berhasil recovery tapi kok windows nya jd not activated om. solusinya ada gak om buat ngembaliin activasinya….?minta petunjuknya om ya…makasih sebelumnya

    FS: untuk windows 8, aktivasi windows cukup dengan konek internet saja maka nanti sistem akan otomatis teregistrasi ke microsoft…

  14. Sori om mmo nanya …saya pake vaio duo11…pas ada nitifikasi update langsung saya update….saat download update saya tinggal sebentar…koq tiba-2 layarnya mati…..lampu hardsik ga kedip-2 …saya pikir hang…trus saya matiin trus hidupin lagi,,, abis keluar logo vaio langsung mati layarnya….mohon pencerahan…thanks befor…

    FS: sorry gan baru sempat balas. Kemungkinan kalau layarnya mati dan lampu hdd gk nyala, artinya rapid wake nya sedang bekerja. Dan tunggu saja sampai layarnya nyala lagi. Tapi kayanya sudah lgs direcovery ya…

  15. Gan mau nanya, vio saya agak jadul gan “sve14126cvw” os Windows 8.1 pro wmc. Ketika selesai membuat usb recovery system sebelum finis saya mengklik delete system recovery partition sehingga kehapus recoverian yang di hardisk. Bisa di kembalikan lgi gak system recoveri di hardisk yang telah terhapus tadi? kl bisa gimana caranya ya ? Mohon pencerahanya!. trim sebelumnya.

    FS: wah berarti agan melakukan clean instal ya mengganti win 8 ke win 8.1 pro. Kalau di instal ulang berarti recovery systemnya otomatis terhapus. Selama OS nya sudah berubah, maka recovery system yg terhapus tidak bisa dikembalikan lagi. Namun agan bisa mengembalikan recovery system di hdd dengan syarat OS harus balik ke kondisi semula dan langkah ini pun harus menggunakan cd recovery dari tipe yg sama. Trims..

  16. gan…
    vaio ane sve14a35
    kronologinya aneh benernya abis maen ane pake maen game besoknya ane buka laptop malah keluar tulisan An Operating system wasn’t found. try disconnecting bla..bla…

    ane ganti system bootingnya dari Legacy ke UEFI(Default) malah muncul operating system not found…

    terakhir nyala (pasca nge-game) muncul notif untuk restart agar bisa install update win 8.1

    ane coba recovery tetep gak bisa…..
    ada solusi…
    urgent gan udah hampir 1 bulan mati nih si vaio putih…

    FS: trouble windows 8 kebanyakan seperti yang terjadi dengan laptop agan yaitu tiba2 OS not found. Hal itu biasanya karena automatic updates yang aktif dan tanpa sadar mengupdate sendiri sehingga ada beberapa update yang tidak kompatibel menyebabkan OS rusak. Kalau hanya OS not found, masih bisa kok di recovery dari system (baca tutorialnya di sini). Kalau ternyata recovery dari system tidak bisa berarti file recovery nya juga ikut hilang dan hanya bisa dikemblikan dengan menggunakan cd recovery dari tipe yang sama. Jika butuh cd recovery nya silahkan order ke saya. Semoga jelas :)

  17. gan, minta solusi nih. laptop ane baik2 aja tapi ane rencana mau ganti windows dari win 7 ke win 8.1. kalau besok2 ane mau kembali ke win 7 ane yang dulu, bisa gak?

    FS: kalau mau kembali ke default factory settings yaaa agan harus gunakan recovery disk dari tipe yang sama. adi saran saya agan back up dulu Recovery systemnya ke DVD.

  18. Gan buat System Recovery ini tidak memformat OS nya kan ?

    FS: “buat” system recovery maksud pertanyaan agan “bikin” system recovery kali ya? Kalau sekedar bikin (back up) recovery system dari hdd ke cd, tiu tidak memformat OS. Namun kalau “me-recovery”, jelas akan memformat OS.

  19. ia maksud bikin back upan recovery sistem di hardisnya sendiri itu memformat OS ya?

    FS: klo back up recovery system dari hdd ke cd tidak memformat OS karena back up nya menggunakan aplikais vaio care

  20. Ok gan terimakasih sebelumnya, oya normalnya buat startup atau shutdown win 8 di vaio ini berapa menit gan, sepertinya punyka lama banget, kenapa ya gan ? thanks

    FS: tergantung spek gan. Kalau core i3 emank lambreta!

  21. typenya yang tulisan dibelakang ya, modelnya : SVF142C29W, Core i3, 6GB. katanya kalau win 8 itu dalam startup dan shutdown cuman dalam hitungan detik ya, benar ga itu gan ? thaks

    FS: iya itu core i3 emank gitu. Kalau yang startup dan shutdown cepat dalam hitungan detik adalah ultrabook yang pakai SSD, nah kalau ultrabook cuma 3 detik lgs nyala dan mati.

  22. hmmmm……gitu ya gan, oke deh klo gitu, berarti msh normal ya dalm hitungan 1mnit bbrap detikan, oya klo mau disable Startup Metronya langsung ke desktop aja gman itu ya gan ? Thanks.

    FS: kalau di windows 8.1 start up metro bisa disable dan lgs ke desktop. Namun kalau di windows 8, bisa gunakan apps pihak ketiga untuk men-disable-kan start up metro. Gunakan aplikasi seperti Start Menu 8 yang memunculkan logo START untuk DESKTOP

  23. Mas Bro,,,,Klo Mau Download Driver SOny Vaio Model : SVF142c29w. DImana ya bro,,,, bantu donk,,, PLEASE :(

    FS: kalau sudah ganti OS maka kesulitan yg muncul adalah susahnya mencari driver vaio yg cocok. Coba az googling terus atau cari di esupport.sony.com

  24. gan, laptop ane vaio fit SVF14218SG , ane mau install windows 7, bawaannya windows 8, nah pertanyaan ane, pas mau instal windows 7 tu laptop bilang formatnya GPT, jd hrus diubah ke MBR kan? nah kalo diubah ke MBR brrti harus di partisi ulang semua kan? jd smua data bakal ilang ya? , selanjutnya apakah jika ane mau balikin ke windows 8 lagi dengan CD recovery, apa tombol assist masih bisa dipake dan gimana nasib UEFI itu?apa masih ada UEFInya?
    makasih gan

    FS: downgrade dari 8 ke 7 agak rumit. Karena clean instal, maka semua partisi dan file recovery akan terhapus. Nanti function dan tombol lainnya tidak akan berfungsi. Kalau UEFI nya tetap masih ada kok! Jadi saran saya, kamu buat dulu recovery nya ke DVD.

  25. Sy butuh dvd recovery utk svf14212sgb. Recovery di hdd terhapus krn menggunakan partition magic & sy belum sempat backup. Alamat email sy : keansantang@rocketmail.com

    FS: harga cd recovery sudah saya email gan. VAIO tidak bisa dipartisi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk partisi bisa menggunakan Disk Management dari system, silahkan lihat tutorialnya di sini!

  26. mau tanya nih, kalau recovery pakai cr yg di atas bakal menghapus OS Windows 7 dan driver ga? trus butuh install windows lg ga?

    FS: recovery itu akan mengembalikan laptop ke kondisi seperti pertama kali beli. Kalau windows aslinya 8 yaa akan mengembalikan ke 8. Kalau sudah ganti OS dari 8 ke 7, yaa tetap akan menghapus 7 dan mengembalikannya ke 8. Recovery itu mengembalikan windows asli, semua driver, dan aplikasi bawaan vaio, persis seperti pertama kali beli :)

  27. mas, itu maksud “star from media [F11]” apa ya mass???
    .fungsinya untuk apa ??

    FS: merecovery laptop melalui recovery media yg sudah dibuat seperti dari dvd atau flashdisk

  28. jadi kalau mau recovery melealui flashdisk atau dvd bisa langsung ke perintah F11 ya mass ????.
    jadi boot priority sdh tersetting secara otomatis utk flashdisk/dvd ???

    jadi tdk usah ke setting “BIOS, pilih Boot Priority → Select 1st Boot Priority → Enter → Pilih “Internal Optical Disc Drive” ?????

    FS: untuk perintah F11, saya tidak pernah menggunakannya. Karena ketika saya coba menggunakan F11 melalui CD Recovery, fungsi F11 nya tidak berjalan.
    Jadi untuk recovery saya menggunakan F10 (Troubleshooting). Untuk pengaturan booting jelas harus di seting dulu gan :)

  29. Mas misalkan kita sdh buat recoverya(windows 8), kmudian s update windowsnya menjadi 8.1. Suatu ktika windows 8.1 rusak akibat humanerrors kmudian s mlkukn recovery yg s buat.
    Pertnyaanx :
    1. ktika s recovery melaui fd, apkh windowsnya 8 atau 8.1 ?
    2. Ktika s recovery mlalui windows(bisa msk k windows) apkh windowsnya 8 atau 8.1 ?

    Tlong pncrhanx ???

    FS: semua recovery yang kita back up ke fd ataupun dvd, akan menyimpan os asli. Ketika di update ke 8.1, maka recovery akan mengembalikan ke 8, baik itu lewat fd/dvd recovery maupun lewat system recovery.

  30. mas jika hdd rusak, kmudian diganti dengan yg baru, terus ingin recovery ulang menggunakan cd/fd. kan tombol assisnt nya tdk berfungsi akibat hdd sdh diganti, carax mas agar bisa recovery ulang gmana ??

    FS: jika hdd rusak, tombol assist tetap bisa digunakan kok untuk recovery ulang menggunakan cd/fd

  31. oo begitu ya mas….
    tapi klo s ganti hardisnya, itu recovery cd/fd caranya gimana??

    FS: klo sudah ganti hdd tetap bisa recovery menggunakan cd/fd. Langkah2nya sama az kok :)

  32. bsa gk mas dvd recovery yg kita buat dpke untuk laptop yg laen dengan tipe yang sama

    FS: cd recovery masih bisa dipakai di laptop vaio yang bertipe sama, contoh cd recovery SVF14-212SGW (White) bisa dipakai di laptop SVF14-212SGB (Black)

  33. posisi saya di SULSEL(makassar) sya mau pesan cd recovery VPCEG28FG (white).
    itu brp lama baru sampai ditangn sya, cara pembayarannya bagaimna ???

    FS: sudah saya email harganya. Trims..

  34. Gan vaio SVF142C29W ane ko pas dinyalain ada tulisan scanning drive C:………ampe 100%, jadi lama kebuka ke destopnya. apakah itu rusak hdd / sistemnya ya gan ? thanks.

    FS: kadang sesekali windows itu butuh update yang secara otomatis akan berfungsi ketika resatart atau shutdown. Kalau memang hanya sesekali itu normal kok

  35. terus untuk updatean os nya harus di otomatisin atau gak usah ya gan ? klo stelah diupdate prosesnya updatenaya itu pas mau dimatiin / di idupin ya gan ? thanks

    FS: automatic updates nya terserah mau dimatikan boleh, gak juga boleh. Proses updateya bisa saat dimatikan atau juga ketika dihidupkan

  36. Mw tanya nih..
    kok tiap kali saya recovery laptop vaio saya.. drive D-nya selalu kehapus ya..?
    seri laptop ane sony vaio fit 14 windows 8
    mohon pencerahannya.

    FS: agan liat tutorial di blog sya yg judulnya: “Custom Recovery: Format Ulang VAIO Tanpa Menghapus Partisi”

  37. Gan ane mau nanya nie…….
    ane mau downgrade dr wind8 ke wind7….apakah hdd recovery terhapus dan tdk bisa di pakai lg ,kl ane mau balikin ke wind8 lg gan…tanpa dvd rec.
    am harga dvd rec buat sony vaio svf14212sgw berapa yaa gan???
    email ke jumiko_08@yahoo.com………terima kasih…

    FS: ganti os akan menghapus file recovery system yang ada di hard disk. Kalau sudah ganti os maka untuk balikinnya lagi hanya bisa dengan cd recovery dari tipe yang sama. Saya sudah email…

  38. gan ane udah recovery nich d flasdisk 32gb ….trus klo direcovery dissuruh masukin serial number lg g?
    soalnya ane lupa serial numbernya…
    tp gara2 temen ane iseng pake keygen2 aktivator for windows 8… trus windows ane jd kedetect palsu ni…gmna gan?dulu serial number nya blakangnya 78q seinget ane…trus skarang berubah jdi qw34
    trus ni udah ane update jadi 8.1 d store….
    la disuruh masukin serial number lg untuk gunain full fitur nya…
    email ane y gan : vickyardiansyah93@gmail.com
    thanks bantuannya….

    FS: selama laptop agan belum pernah ganti OS maka windowsnya masih ori. Lalau kalau ori gak perlu pakai activatir windows lagi. Malah jadinya akan membuat windows asli agan jadi bajakan. Solusinya, agan recovery dulu biar windowsnya kembali ori. Setelah recovery baru deh update ke 8.1

  39. asslm, gan punten mau nanya saya lagi punya masalah, saya sedang instal ulang vaio e series model svf142c1ww, os bawaannya kan windows 8, nah saya mau instal windows 7. ketika udah sampe proses instalasi bagian penyimpanan os win 7 pada partisi hardisk ternyata ngga ada partisi yg bisa buat nyimpen os tersebut jadi terhenti instalasinya. nah udah terhenti tuh langkah langsung kepikiran coba kaset windows 8. ehh hasilnya sama kaya gitu juga. setelah baca beberapa artikel memang harus merubah partisi style nya. tapi sayang kalo harus dirubah partisi stylenya jadi ga ori lagi ini laptop. makanya baca2 artikel agan ini untuk merecovery. nah pertanyaannya waktu saya melakukan langkah diatas kan saya sampai memformat partisi hardisk yang isinya system ya maksudnya kan mau buat nyimpen system os yang baru. tapi selain partisi tersebut tidak ada yang saya otak – atik lagi. jadi partisi yang isinya recovery saya liat masih ada. dari 31,5 gb masih kosong 5,5 gb jadi kan kesimpulannya file recoverynya masih ada di hardisk. cuma systemnya aja yang ilang. masih bisa di recovery kah laptop saya ini ? mohon pencerahannya. tnx before.
    almt email : maulana_alfaqir@ymail.com

    FS: intinya, jika ganti OS maka recovery system yg ada di hard disk akan terhapus. Dan untuk mengembalikannya ke kondisi semula hanya bis dengan menggunakan cd recovery dari tipe yang sama.

    • oh iya siap. kalo gitu ada tidak cd recovery laptop ane ini. yg model svf14212sgw warna putih. kalo ada boleh kirimkan harganya ? ane posisi biobandung gan..

      FS: sudah jawab via sms ya gan. Trims..

  40. warna putih gan…. makasih sebelumnya

    FS: wah mohon maaf gan.. Saya hanya punya untuk yang warna hitam. Soalnya kalau windows vista, cd recovery nya harus sesuai dengan warna laptopnya juga. Trims..

  41. om saya butuh cd recoverry sony vaio SVF1421MSG ,,
    lapop saya udah pernah d instal ulang jadi hardisk recoverynya udah ilang om,,
    n saya blm sempat bacup ke cd om,,
    mohon bantuan nya master,,
    harga cd recoverynya brapa master.?
    thankz be 4

    dickerzjhd@gmail.com

  42. gan kalo cd recoverry sony vaio svf142c1ww ada nga.?
    punya ku udah d instal ulang jd recovery hardiskx kehapus..
    aku mau kembalikan ke windows orinya tapi waktu itu blm paham jdx ga di bacup ke cd,,
    tlongin gan,,,,

    FS: tulis tipenya gan. Yang agan tulis itu model name nya. Tipenya aada di bawah slot batre. Harga cd recovery sudah saya email gan!

  43. saya mau tanya, niatnya mau meminang svf14 yg i3
    berarti untuk hardisnya itu udah bisa dipartisi ya lewat assist itu?
    trus kalo misal saya sdh backup recovery misal ke flasdisk atau ke dvd, vaionya saya utak atik sampe hddnya ke format semua tetap bisa kembali seperti semula asalkan saya masih menyimpan backupan recoverynya tadi?windowsnya pun tetap ori ya?
    vaio aga ribet ya ternyata hehehe :3

    FS: hdd bisa dipartisi dari system (buka melalui ASSIST tapi melalui system disk management). Jika sudah copy cd recovery maka jika vi nya ada truoble bisa dikembalikan ke default degan cd tsb dan semuanya tetap ori.

  44. Saya punya laptop jadul vaio VPCEA25FG win 7 profesional, tiba2 eror krn kesalahan software, akhirnya ga bisa booting windows, setiap kali booting trus mati dan booting lg dan ga bisa masuk window bahkan ga bisa masuk ke save mode.
    Akhirnya saya install ulang pake win 7 profesional bajakan, ternyata ga nyaman banget. Ditambah bunyi hardisk yg kenceng, bahkan kadang bunyi kletek2.
    Kira2 bisa ngga dikembalikan kesemula, karena ditutorial recovery punya mas sdh saya coba ternyata file recoverynya sudah ga ada lg.

    FS: sudah jelas via bbm ya gan!

  45. gan ane tanya ne , kemaren laptop vaio ane layarnya ngeblank abis ngeripair truz ane refresh laptop ane, truz emang nggak ngeblank lcdnya tapi local disk (C) nya nggak bisa kebukaada .
    truz ada tulisan : location is not available
    C:/is not accessible
    access is denied
    truz jga muncul peringatan : vim.exe – Application Error
    The excption unknown softwere excption (0xc00000417) occurred in the application at location 0x7650468
    truz jga menu win 8 ilang semua. kayak buat muter video sama mp3

    kira2 gimana gan solusinya? apa dengan di recovery bisa balikin laptop ane kayak sempurna.

    Kalau agan tau tolong email ane di Choi.MBLAQ@gmail.com

    FS: halow gan.. kalau layar ngeblank karena repair atau refresh dan setelah itu drive c jadi eror, kemungkinan terbesar disebabkan karena file recovery system yang di hdd eror atau corrupt. Karena permasalahannya hanya sebatas software, maka solusinya jelas recovery dengan menggunakan cd recovery dari tipe yang sama. CD Recovery akan mengembalikan laptop ke kondisi semula seperti pertamakali beli (default factory settings).

    Walaupun sudah downgrade atau upgrade OS, dengan CD Recovery tetap akan mengembalikan ke kondisi awal. Dengan kata lain, CD Recovery berfungsi sebagai CD Installer Windows bawaan, driver2 bawaan, dan aplikasi bawaan vaio. Sistem akan kembali terinstal OS genuine bawaannya.

    Trims..

    • Terus bagaimana dengan aplikasi yang bukan bawaan vaio, misalnya microsoft office, autocad, winamp, dll, apakah akan terhapus atau kembali juga terinstal ? Tks

      FS: aplikasi dan driver baeaan vaio (pabrik) akan terinstal lagi. Sedangkan aplikasi oihk ketiga aan terhapus dan harus di instal lagi

  46. gue mau nanya nih, kali aja ada yang tau, laptop gue sve141 kadang nda mau booting, kira kira knp yah?

    FS: kalau windows kadang gk mau booting bisa disebabkan karena hard disk yg mulai rusak atau os nya eror dan harus diinstal ulang

  47. om mau nanya nih, kan saya sudah beres vecovery nya. kok activate windows
    gimana om cara activate windows ny ?

    please mhon pencerahannya

    FS: aktivasi vaio dengan windows 8 hanya butuh konek internet saja. Tunggu 1-2 menit setelah itu windows akan teraktivasi sendiri

  48. masbro, sony vaio svf142c29w kok ngga ada di daftar sony esupport ya?

    FS: itu yang agan tulis model name nya, coba cari product name (di bawah tempat batre)

  49. om kalau ciri ciri hdd rusak gimana ?
    .dan kalau ruak dsa di atasi gak ?

    FS: hard disk rusak biasanya kalau buka semua aplikasi atau win eksplorer sangat sangat lambaaatttttt,, itu sudah saatnya diganti. Kala rusak bisa diatasi dengan gani baru, Trims…

  50. aku gak sengaja refresh laptop ku trus waktu sudah selesai data malah hilang semua , apa assist dapat mengembalikan data2 yang hilang , kalu tidak ada cara lain supaya data2 nya bisa kembali lg?

    FS: kalau data di laptop hilang karena di refresh ataupun recovery akan sulit dikembalikan secara utuh. Kamu bisa engembalikan data hilang tsb menggunkan software yg kamu bis cari di google. Namun data yg bisa ditarik kembali itu tidak akan utuh dan ada sebagian yg rusak

  51. Saya rencana mau recovery laptop sony vaio svt13125cvs yg baru saya beli second. OSnya menggunakan windows 8. Saya kawatir software yg sudah terinstall seperti microsoft office, adobe reader, winrar, dll akan hilang. Apakah kekawatiran saya itu akan terjadi apabila saya lakukan recovery. Terima kasih.

    FS: recovery itu mengembalikan laptop ke kondisi semula seperti baru pertama kali beli. Artinya semua aplikasi yg kita instal sendiri (bukan bawaan pabrik) akan ikut terhapus dan kita harus instal lagi seperti office, photoshop, corel, dll.

  52. Gan
    apa dengan recovery juga bisa menghapus virus $Recycle dan System Volume Information di drive C…??
    partisi drive D sdh dihapus tapi di C file $Recycle dan konco-konconya masih nangkring, sdh coba semua cara hapusnya di mbah google tapi g mempan semua…

    FS: gak nge-jamin gan!

  53. prmisi gan, gmn cara ganti bahasa sony vaio T series windows 8,?! mohon bantuanya, mksih sblunnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s