Internet Explorer Terus Tergerus


Selasa, 3 Februari 2009 – 07:39 wib

Oleh: Susetyo Dwi Prihadi

Dikutip dari: okezone.com

 

logo_ie_alltechno.okezone.com – Browser milik Microsoft, Internet Explorer (IE), perlahan mulai terancam posisinya dari pasar global. Dalam sebuah laporan menyebutkan, IE telah mengalami penurunan selama tujuh bulan berturut-turut.

Saat ini IE memang masih memimpin pasar browser dengan menguasai 67.55 persen. Sayangnya presentase IE makin lama makin tergerus. Dalam setahun belakangan, Microsoft mengalami penurunan hingga 7 persen. Ini berbanding terbalik dengan pesaing terdekat mereka yaitu, Mozila Firefox yang dalam waktu sama telah naik 3 persen atau secara total berada di 21,53 persen.

Limbungnya IE ini berdampak pada saham Microsoft yang terus menurun tajam pada bulan Oktober dan November lalu, bahkan saham mereka mengalami penurunan sebanyak 1 persen setiap bulannya. Demikian yang dilansir Cnet, Selasa (3/2/2009). Bukan tidak mungkin hegemoni IE akan semakin digoyang oleh kompetitornya. Saat ini, selain Mozila yang menguntit dengan presentase 21,53 persen, browser Apple Safari telah menguasai pasar 8,29 persen, naik dari bulan yang lalu berada di 7,13 persen.

Sebagian besar penurunan dari IE dalam satu tahun terakhir terjadi di Internet Explorer 6, yang anjlok dari 30,63 persen Februari lalu ke 19,21 persen Januari ini. Untungnya, Internet Explorer 7 telah memperoleh pangsa pasar? yang naik dari 44,03 persen menjadi 47,32 persen. Sekarang tumpuan harapan berada di Internet Explorer 8 yang sebentar lagi akan diluncurkan. Microsoft tentu berharap pada IE8 yang akan mengembalikan kedigdayaan Microsoft sebagai penguasa pasar browser secara global. (srn)

One comment on “Internet Explorer Terus Tergerus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s