Sony Luncurkan Notebook Terbaru di Mega Bazar


Oleh: Firdaus Sani

Selasa, 24 Februari 2009 | 22:14 WIB

 

newJakarta – Perhelatan akbar bertajuk pameran komputer Mega Bazar sudah dimulai hari Rabu 25 Februari 2009 sampai Minggu 1 Maret 2009. Dan jangan salah, even rutin tahunan ini bukan hanya sebagai tempat jual beli komputer saja, tapi juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk mempertontonkan produk2 notebook terbaru oleh berbagai vendor notebook. Salah satunya adalah perusahaan raksasa asal Jepang, Sony Corporation, yang juga akan meluncurkan beberapa produk notebook terbarunya.

 

VAIO P: Model Baru Nan Stylish

VAIO P atau Pocket PC adalah model terbaru produk Sony VAIO. Notebook mungil yang berukuran 24 cm x 12 cm ini bisa dikategorikamn ke dalam golongan netbook. Namun demikian, Sony tidak mau menyebut model terbaru mereka ini sebagai netbook, melainkan Pocket PC. Dinamakan Pocket PC karena memang bentuk laptop mungil ini bisa masuk ke dalam saku baju atau celana. Saat ini VAIO P adalah laptop yang kehadirannya sudah ditunggu banyak orang. Di Indonesia, VAIO P hadir dalam dua tipe, yaitu P13GH dan P15G.

                Melihat bentuknya yang unik dan stylish, memang wajar jika VAIO P dibandrol dengan harga USD 899 dan USD 1,199. Apalagi model VAIO teranyar ini masih asli buatan Jepang, sudah pasti harganya sesuai dengan kualitasnya. Namun untuk ukuran sebuah netbook jelas VAIO P relatif mahal bila dibandingkan dengan harga netbook yang beredar di pasaran yang berkisar antara 3 – 7 juta. Dan bagi sebagian orang yang ingin tampil beda dan trendy, memang harga semahal itu tidak menjadi masalah, apalagi mengingat fungsi dari notebook ini dapat memudahkan segala aktifitas bisnis mereka. Jadi boleh dibilang, bahwa VAIO P ini mempunyai fisik netbook tapi harganya notebook.

 

Tipe Terbaru Lainnya

Selain meluncurkan model teranyar VAIO P, Sony juga menggelontorkan beberapa tipe baru yang akan hadir di pameran Mega Bazar, yaitu tipe baru untuk VAIO Z, VAIO SR, VAIO CS, dan VAIO FW. Berikut adalah beberapa tipe baru Sony VAIO yang akan hadir di Mega Bazar.

                VAIO Z merupakan produk high-end Sony VAIO. Notebook keren yang dibalut dengan material fiber carbon ini hadir dalam dua (2) tipe baru, yaitu Z36GD dan Z37GD/X. Untuk Z36 sendiri merupakan pengganti dari Z26 yang notabene baru hadir 2 bulan. Namun kali ini Z36 hadir dalam 2 varian, yaitu Z36GD/B (Black) dan Z36GD/J (Gothic Arabesque). Kedua varian Z36 tersebut tidak memiliki perbedaan dalam spesifikasi, hanya berbeda pada casing atas notebooknya. Casing atas Z36GD/B  (Black) sama seperti tipe sebelumnya yaitu hanya berwarna hitam polos. Sedangkan Z36GD/J (Gothic) memiliki casing atas yang unik dengan tekstur gothic seperti batik. Dan seperti tipe Z26, kedua varian Z36 ini masih dibandrol dengan harga yang premium, yaitu di USD 2.099 untuk Z36GD/B (Black) dan di USD 2,199 untuk Z36GD/J (Gothic). Sedangkan untuk Z37GD/X sendiri, merupakan tipe baru dari VAIO Z. Dari segi spesifikasi, Z37GD/X memiliki spesifikasi yang sama dengan Z36GD, yang membedakan hanya optical drive. Kalau Z36GD hanya menggunakan DVDRW, sementara Z37GD/X sudah menggunakan Blu-Ray Drive. Dan dari segi harga pun, boleh dibilang Z37GD/X sangat premium yaitu USD 2,599.

                Untuk seri VAIO SR, tipe baru yang hadir di Indonesia adalah SR35G dan SR36GN. Kedua tipe baru VAIO SR ini adalah suksesor untuk SR25G dan SR26GN. Tidak ada perbedaan signifikan dari kedua tipe baru itu dengan tipe sebelumnya. Perbedaan SR25G dengan SR35G hanya terletak di processor, sedangkan perbedaan SR26GN dengan SR36GN hanya terletak di harddisk. Dan dari segi harga, kedua tipe baru ini pun dibandrol dengan harga yang sama dari tipe sebelumnya, yaitu USD 1,549 untuk SR35G dan USD 1,799 untuk SR36GN.

                Untuk CS Series, kali ini Sony mengeluarkan dua tipe baru sebagai pengganti CS13GH dan CS16G. Kedua tipe baru ini bertitel CS23GH dan CS26G. Untuk CS23 GH sendiri merupakan suksesor CS13GH. Perbedaan CS23 GH dengan CS13GH terletak di processor dan memori. Kali ini CS23GH dibenamkan processor Dual Core T4200 – 2.0 GHz dan memori 2 GB yang berbeda jauh dengan CS13GH (T3400 – 2.16 GHz dan memori 1 GB). CS23GH dibandrol sama dengan harga awal CS13GH, yaitu di USD 1,049. Sedangkan untuk CS26G, adalah pengganti CS16G. Perbedaan antara CS26G dengan CS16G cukup signifikan yaitu terletak di processor, memori, hard disk, dan VGA Card. Banyak bukan? Belum lagi ada warna baru untuk CS26G, yaitu warna cream dan purple. Untuk perbedaan kedua tipe itu, silahkan lihat di VAIO CS. Sementara dari segi harga, tidak ada perbedaan antara CS26G dengan CS16G, yaitu di USD 1,499.

                Untuk VAIO FW, rupanya Sony menghadirkan begitu banyak tipa baru. Ada empat (4) tipe baru yang langsung diluncurkan, yaitu FW33G/W, FW35G/B, FW36GJ/B, dan FW37GY/H.  

9 comments on “Sony Luncurkan Notebook Terbaru di Mega Bazar

  1. kapan lagi ada bazar??????????????ku tunggu

    Firdaus Sani:
    Haluw sob..
    Kmu bs liat di page ‘agenda’
    Thx..

  2. Pak saya berminat ambil vaio type sr 36 atau sr 26 dan sr290 menurut bapak dari 3 tersebut rekomendasi yang mana ?

    Firdaus Sani:
    Sy rekomen ke SR290 karna spek tinggi dan harga lbh murah. Spek SR290 sama dgn SR36, tp harga lbh murah..

  3. mau tanya niy,,, aq kn uda lma beli vaio PCG-3C3L… aq beli 16jt… niy yaw uda ckup lama aq pake, tapi ko kipas interna bunyi truz, n saat aq bwa ke sevrvice katanya kotor n uda dbersihkan, tapi cm selang brp hari bunyi lagi, itu gimana yaaw??n harus di seperti apakan??mohon pemberitahuannya yaaa,,, aq syg bgd ma vaio q, nangis wktu vaio q skit gini,,,

      FS: Hay anita..
      Coba ganti kipas baru deh. Kalau sudah ganti kipas baru masih tetep bunyi kemungkinan hard disknya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s