VAIO P: Netbook atau Notebook?


Oleh: Firdaus Sani

Sabtu, 07 Maret 2009, 21.39 wib

 

 

vaio_pJakarta – Bukan terobosan baru bila Sony kembali menghadirkan notebook kecil dan mungil. Namun menjadi pertanyaan, apakah benar bahwa Sony mulai melirik pasar netbook (notebook mini)? Apakah hal ini dilakukan Sony untuk mengikuti trend saat ini, di mana pasar notebook sedang dijejali dengan berbagai macam netbook? Dan segelintir cibiran pun seperti menghinggapi Sony. Bagaimana tidak? Apalagi setelah Sony benar-benar meluncurkan jajaran mini notebook terbarunya dengan sebutan VAIO P alias Pocket PC…

                Mungkin cibiran ini muncul karena ‘harga’ yang dibandrol Sony untuk notebook mini VAIO P. Harga yang berkisar dari 11 juta – 14 juta memang terlalu ‘mahal’ untuk sebuah netbook bahkan hampir sama dengan harga sebuah notebook Sony VAIO tipe lainnya. Tapi seperti yang sudah saya bahas di posting sebelumnya, bahwa harga ‘mahal’ ini karena disain VAIO P yang unik dan stylish, dan produk ini masih asli buatan Jepang. Selain itu, kekuatan processor sudah menggunakan Intel Atom Seri Z yang lebih cepat dalam mobile internet. Belum lagi kapasitas memori yang 2 GB yang sangat memungkinkan di Windows Vista. Namun satu yang dirasa kurang, yaitu ruang hard disk yang 60 GB masih sangat kecil untuk penyimpanan data.

p_keyboardNamun bukan hanya cibiran, kerap rasa kagum pun terucap dari orang-orang yang sudah melihat VAIO P ini. Di ajang Mega Bazar kemarin, Sony Indonesia baru secara resmi mempertontonkan VAIO P Series yang disebut-sebut sebagai notebook 8” terenteng di dunia. Karena ukurannya yang kira-kira seperti amplop dan tipis seperti ponsel, sehingga notebook mini ini bisa masuk ke dalam saku celana. Namun meski kecil, VAIO P mampu menghasilkan resolusi tinggi 1600 x 768. Inilah salah satu keunggulan lainnya dari Sony VAIO. Selain itu, notebook mini terbaru Sony ini juga sudah dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooh. Dan satu lagi keunggulan VAIO P, yaitu dilengkapi dengan keyboard yang terisolasi untuk menghindari kesalahan dalam pengetikan, dan dengan memperluas area keyboard hingga ke perimeter chassis untuk memaksimalkan daerah pengetikan.

vaio_p

                Secara fisik memang VAIO P adalah sebuah netbook atau notebook mini. Namun dari segi harga, VAIO P adalah sebuah notebook. Sedangkan Sony sendiri lebih suka menyebutnya sebagai mobile internet device dengan slogan ‘Pocket Style PC’. So, terserah persepsi Anda… (fs)

box1

12 comments on “VAIO P: Netbook atau Notebook?

  1. Duuuhhhh,,, lg pgn notebook nih,,, jd pgn Sony Vaio mungil ini,,, “cantik” bgt tuh,,, hwaa,,hwaaa,,pengen,,,,

    Firdaus Sani:
    Hwaaa… Saya jg pgn🙂

  2. Eh hard disknya cm 60 GB,,??? knp dibikin segitu sih,,? ga yg gede aja,,? kalo istilah sundanya sih itu jd “pamaeh”,,, padahal dah OK BGT tuh,, tp jd mikir2 lg nih,,gara2 hard disknya cm 60 GB,,,

    Firdaus Sani:
    VAIO P sbnrnya hanya untuk mobile, jd tdk perlu hard disk yg besar🙂

    Btw nuhun nya komen2nya lucu. Hehehe..

  3. kalo di ambarukmo plaza yogya di mana ya cari p series? lihat satu toko namanya metro star di internet tapi gak punya p series…

    Firdaus Sani:
    Informasi buat kamu, VAIO P skrg lg agak susah krn stok dr Sony Indonesia mmg tdk ada. Hal ini dikarenakan VAIO P akan ganti tipe dan menggunakan XP. Dan akan launching pd pertengahan Juni.
    Update terus az di blog ini.

    • wah, sedih sekali.. padahal udah gak sabar megang yang merah. saya punya hp mini yang silver baru dua bulan udah bosen banget, neybelin!

      Firdaus Sani:
      Sabar az Yaya.. Sbentar lg jg keluar kok NEW VAIO P :d

      NB: Yg namanya gadget elektronik mmg slalu bikin bosen, coz slalu berkembang dan ganti tipe..

  4. Tapi apakah VAIO tpe VGN-CR320E ini barang BM??? d sebut barang BM krn apa? apakah krn garansi tidak masuk d indonesia, atau kualitas barang ny gak sebagus yg da garansi indonesia??? Tp saya beli dengan harga 11, Lebih dikit, saya tanya d pameran type ni barang BM, krn ada d singapore barang ny, n harga ny kisaran 15-16 JT…

    Firdaus Sani:
    Disebut BM karna tidak masuk melalui jalur resmi (Sony Indo). Sementara permintaan pembeli tinggi, jadi ada beberapa toko yg masukkin sendiri tipe2 tertentu yg tidak dimasukkan oleh Sony Indo. Kulaitas barang sama kok. Thx ya…

  5. bos senior…

    saya mau tanya…

    sebenarnya Sony Vaio P Series digolongkan sebagai Notebook atau Netbook…

    Lebih kemana?, Netbook atau Notebook bos?

    ada yang bilang Net, ada yang bilang Note… jadi bingung saya…

    dari berbagai info yang saya dapatkan, Sony Vaio P Series gak bisa buat main game, P Series lebih untuk ngenet… bener gak bos?

    masa sama sekali gak bisa mainin game?

    kalo dipaksain bisa gak ya bos?

    gak usah game kelas berat deh… yang penting bisa main game online udah seneng… bisa gak ya bos?

    Maaf pertanyaan saya sampai segitunya…

    karena saya anak kuliah yang hobi main game (belajar sekaligus ngegame, hehe)

    Liat desainnya yang mungil sih tertarik, buat bawa kuliah gampang, tapi takut gak bisa mainin game…

    jawab ya bos senior… terimakasih banyak

      FS: hohohoho bos senior nanya lagi neh…
      Begini om..
      Pihak Sony sendiri tidak bersedia menyebut VAIO P sbg Netbook, mereka lebih suka menyebut VAIO P sbg MID = Mobile Internet Device. Nama MID tsb dikarenakan VAIO P memang dikhususkan sbg perangkat khusus untuk internetan yg ringan sehingga bisa dibawa kemana saja.

      Namun pada dasarnya, VAIO P tetap dikategorikan sbg Netbook. Karena ini hanya masalah pemberian nama saja, ada yg menyebutnya Netbook, Mini Notebook, Smartbook, dll.

      Intinya,,VAIO P adalah sebuah Netbook yang ditujukan sbg Mobile Internet Device. Jadi yaa fungsi dasar VAIO P adalah buat internet, bukan buat gaming. Dan menurut saya, VAIO P yg berprosesor Atom tidak bisa utk gaming, termasuk Game Online. Lagipula, buat maen game jelas tidak cocok krn layarnya terlalu kecil..

  6. terima kasih banyak atas jawaban senior dari pertanyaan saya yang junior ini…

    saya puas banget… bener-bener senior Sony Vaio anda…

    tapi saya gak puas… karena Sony Vaio P Series gak bisa ngegame T_T…

    padahal udah minat banget… sampai-sampai merelakan nabung lama…

    saya lebih suka main game (online) di laptop yang ukuran minimalis…

    moga-moga Sony Vaio nyiptain P Series (desain mungil) lainnya yang bisa hardcore gaming…

    ada masukkan gak bos senior? buat anak kuliah yang hobi gaming… laptop apa yang cocok? (minimalis)

      FS: widiiiwwwwhhhhhh….
      Lebaayyyyyyyyy juragan😉
      Setahu saya, pernah ada netbook ASUS tipe N10 yg pake kartu grafis NVidia GeForce. Meskipun kategori netbook, tapi tipe ASUS itu memang ditujukan utk gaming luver yg mobile.
      Klo gak salah speknya Atom N270, RAM 1 GB, HDD 160 GB, dan GeForce 256 GB. Nah..klo tipe itu masih ada, kayanya cocok tuh dgn kebutuhan mas. Coba deh tanya om google, siapa tahu ada yg jual😀
  7. wahhhhhh ini netbook keren abis,,bisa masuk kantong celana,,pengeennnnnn…
    tapi harganya mahal betullllllllllll

      FS:😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s