VAIO P Kini dengan Windows XP


Oleh: Firdaus Sani
Selasa, 9 Juni 2009 | 20.00 wib

vaio_p_kini_dgn_win_xpJakarta – Sejak pertama kali muncul di bulan Februari 2009, Sony VAIO P Series yang termasuk kategori laptop kecil atau netbook menjadi produk terlaris yang dicari pecinta laptop. Namun kehadiran P Series saat itu yang menggunakan Windows Vista sangat disayangkan oleh konsumen karena sistem operasinya menjadi berat. Karena tidak seperti netbook lain pada umumnya yang menggunakan Windows XP, kehadiran VAIO P dengan Windows Vista menjadi “kelemahan” tersendiri buat si mungil ini. Namun dari segi bentuk dan warna yang sangat berbeda dari netbook lainnya, si mungil P Series ini tetap menjadi primadona yang dicari konsumen.

P23Windows XP
Melihat animo pasar yang begitu tinggi terhadap VAIO P ini, Sony pun langsung merespon keinginan pasar dengan kembali menghadirkan P Series terbaru yang menggunakan Windows XP Home Edition yaitu pada seri terbaru VGN-P23G. Sebenarnya VAIO P terbaru ini hadir dalam dua tipe yaitu P23G dan P25G. Namun yang menggunakan Windows XP hanya tipe P23G. Sedangkan tipe P25G tetap menggunakan Windows Vista Home Premium.
P23G hadir untuk menggantikan tipe sebelumnya yaitu P13GH. Kalau P13GH menggunakan Windows Vista Home Basic dan bermemori 2 GB, maka sekarang penggantinya, yaitu P23G hadir dengan Windows XP Home Edition dan hanya bermemori 1 GB. Selain itu pilihan warna P23G semakin banyak yaitu hitam, putih, dan merah. Namun sekarang P23G hadir dengan prosessor yang lebih tinggi dari P13GH, yaitu menggunakan Intel Atom Z530 dengan speed 1.60 GHz.

P25Warna Baru
Selain meluncurkan tipe P23G, Sony menghadirkan pula seri P25G. Kehadiran P25G adalah untuk menggantikan tipe sebelumnya, yaitu P15G. Yang membedakan, kini tipe P25G hadir dengan lebih banyak warna, hitam, putih, merah, hijau, dan gold. Khusus untuk warna gold atau ke-emasan, ini adalah warna baru dalam VAIO P Series, yang terlihat begitu elegan dan cantik bagi si pemakainya…. Satu hal lagi yang membedakan, kalau dulu P15G ‘casing’ bagian dalamnya (keyboard) berwarna silver, maka sekarang semua ‘casing’ bagian dalam pada P25G berwarna hitam. Selain itu, memang tidak ada perbedaan signifikan antara P15G dengan P25G. Tidak seperti P23G yang menggunakan Windows XP, ternyata P25G tetap menggunakan Windows Vista sebagai sistem operasinya. Dan sebagai suksesor, ternyata P25G hanya berubah dari segi prosessor menjadi Intel Atom Z540 dengan kecepatan 1.86 GHz. Sementara untuk yang lainnya tidak ada perbedaan dengan P15G. Nyobain dulu ah…! [fs]

3 comments on “VAIO P Kini dengan Windows XP

  1. Harganya jadi berapa yaa? Seharusnya sih turun ya, kan cuma pake XP…
    Pengen banget pake ini cuma ga tahan aja kalo masih pake harga yg lama. Lagian juga kalo pake Vista masih terlalu berat…

    Firdaus Sani:
    Harga vaio p yg baru msh sama dgn harga tipe lamanya. Utk harga vaio p kmu bs lihat di halaman ‘VAIO P’
    Thx ya..

  2. pakek vaio gini..bila akses program yang berat2 terutma bwt chat.gitu apa g berhenti2(LAG)
    trima kasih

      FS: hay rudi,,
      Vaio P adalah laptop untuk internet dan office. Kalau sekedar buat chat msh bisa. Tp kalau pke program berat jelas gk kuat. Tq..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s