Bukan Gosip, Sony Bakal Gemparkan Pasar Netbook


Oleh: Firdaus Sani
Rabu, 29 Juli 2009 | 20.36 wib

wLaptopCentro – Ini bukan gossip! Ini merupakan berita baik buat VAIO Holic dan akan menjadi pukulan keras buat pemain netbook yang sudah lebih dulu membanderol harga murah! Kali ini Sony benar-benar ingin merubah ‘pencitraan’ dirinya. Selama bertahun-tahun Sony dikenal sebagai pabrikan yang mengeluarkan produk laptop berkualitas dengan harga yang tidak bersahabat alias muahal!!! Nah, di pertengahan quartal ke-2 tahun 2009, tepatnya di bulan Juni, Sony mulai melonggarkan ikat pinggang mereka dengan meluncurkan beberapa laptop dengan harga yang bersaing dan terjangkau. Pertama dimulai dengan meluncurkan VAIO NW, si keren dengan harga yang hanya 10 juta-an, Dan di bulan Juli ini, lagi-lagi Sony meluncurkan laptop kelas netbook dengan harga yang benar-benar kompetitif dan bakal menggebrak pasar netbook yang sebelumnya didominasi oleh pabrikan besar asal China dan Taiwan. Asal tahu saja, dengan harga terjangkau apalagi judul dari netbook ini adalah Sony, sudah pasti kehadiran netbook terbaru Sony ini akan menggemparkan pasar netbook.

Ikut-ikutan
Sejak setahun lalu sudah banyak yang memprediksi kalau Sony bakal mengeluarkan notebook mini alias netbook. Ya, Sony akhirnya menggelontorkan jajaran netbook dengan sebutan Pocket PC dengan meluncurkan VAIO P Series di awal tahun 2009 ini. Namun Sony sendiri tidak menyebut VAIO P sebagai kategori netbook. Meskipun spesifikasi VAIO P menggunakan Intel Atom, namun harga yag dipatok untuk sebuah unit VAIO P adalah sama dengan harga sebuah vaio_wnotebook. Pun akhirnya konsumen berpikir ulang untuk membeli VAIO P yang notabene menang di gaya dan penampilan. Akhirnya tidak sampai di situ, tepat berselang hanya 6 bulan, Sony pun langsung merespon maraknya pasar netbook sekarang ini dengan ikut-ikutan menggelontorkan jajaran netbook terbaru mereka dengan harga yang sesungguhnya ‘bukan harga’ Sony, yaitu dengan meluncurkan netbook VAIO W Series.
Seperti halnya netbook pada umumnya, VAIO W hadir dengan prosesor Intel Atom N280 – 1.66 GHz, memori 1 GB, kapasitas hard disk 160 GB, dan memakai sistem operasi Windows XP. Mengenai baterai, Kevin Sather, manajer produk Sony Corp, mengatakan bahwa standar tiga sel baterai akan bertahan hingga tiga jam. Sebuah opsional enam-sel baterai akan tersedia pada bulan September mendatang.

vaio_wBukan Netbook Biasa
Murah, adalah istilah yang tidak umum dalam jajaran laptop Sony VAIO. Bahkan VAIO P sendiri yang faktanya hanyalah sebuah netbook masih dibanderol dengan harga tinggi sekitar USD 900 sampai USD 1,200. Dan kali ini kehadiran VAIO W memang diakui oleh pihak Sony sendiri sebagai sebuah netbook. VAIO W sendiri hadir dengan layar 10.1-inch yang didukung oleh kartu grafis Intel GMA 950. Daya tarik utama VAIO W adalah hi-resolusi layar 1366 × 768 – yang di atas rata-rata netbook pada umumnya. – yang menjadikan foto dan film terlihat luar biasa Selain itu VAIO W juga memiliki koneksi Bluetooth, WiFi, VGA out, 2 port USB dan card reader. Dan mengenai harga, wuuiiiihhhh….VAIO W dibanderol sekitar USD 500. Murah bukan? Namun jangan terkecoh dengan istilah murah di atas. Meskipun murah tapi VAIO W bukan netbook biasa. Dengan disain ultra-portable VAIO W sangat cocok sebagai PC sekunder Anda yang dapat digunakan di setiap kamar di rumah, untuk berselancar di web, memeriksa email, dan jaringan sosial semisal Facebook dan Youtube.
“VAIO W memungkinkan Anda dengan cepat  terhubung dengan internet, apakah ketika Anda sedang mencari resep di dapur atau bersantai di-recliner sehingga Anda tidak perlu naik ke ruang kerja di lantai atas,” kata Mike Abary, Senior Vice President of the VAIO bisnis di grup Sony . “Dan VAIO W juga cukup tangguh untuk digunakan anak-anak, sehingga cocok untuk setiap anggota keluarga”.
w_2Selain itu, VAIO W memberikan kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi Anda karena VAIO W dibenamkan aplikasi-aplikasi menarik dari Sony Corp. Di antaranya adalah VAIO Multimedia Suite, sebuah koleksi foto dan video editing tool yang memudahkan Anda untuk membuat tayangan slide foto dan film berkualitas tinggi, di mana pun Anda berada. Juga terdapat palikasi VAIO Media Plus yang dapat memudahkan transfer data seperti foto dari kamera digital atau musik dari pemutar MP3, dari dan ke PC dengan dua port USB yang nyaman. Soal penampilan? Tidak usah diragukan lagi. VAIO W datang dalam tiga warna cantik ala Sony yaitu pink, putih dan coklat.

Spesifikasi lengkap VAIO W
Hardware dan software spesifikasi:
– Operating System: Windows XP Professional with Service Pack 3 32 bit
– Processor: Intel N280 Atom processor (1.66 GHz) with Intel’s SpeedStep technology Processor
– RAM: 1GB DDR2 533 MHz
– GPU: Intel GMA 950 GPU: Intel GMA 950
– Display: 10.1 inch (16:9) WXGA 1366 × 768 with LED backlight
– Storage: 160GB HDD 5400 RPM

External Connectors:
– 2 X USB 2.0 ports
– SD/MMC reader
– Memory Stick Duo/Pro reader
– Audio-in
– Audio-out
– VGA output
– 10/100 LAN

Fitur lain:
– 802.11b/g/draft n wireless LAN
– Bluetooth 2.1
– ‘Motion Eye’ Web cam
– Intel High Definition Audio compatible
– Built in stereo speakers
– Built in microphone
– 3.5 Hours battery life

Ya, saat ini VAIO W memang baru hadir di Amerika Serikat. Namun tidak menutup kemungkinan bakalan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Apalagi dengan spesifikasi yang keren dan disain yang ultra-portable, ditambah dengan ‘branding’ Sony, sudah barang tentu VAIO W bakal menggebrak pasar netbook di tanah air. Gosipkah?? Atau…??? Yaa, kita tunggu saja…[fs]

4 comments on “Bukan Gosip, Sony Bakal Gemparkan Pasar Netbook

  1. wah..
    ni dia produk yang ditunggu-tunggu..
    netbook dr sony dgn harga yang terjangkau..

    tapi.,mdh2an dgn menurunkan harga line-up notebook & netbook vaio first releasenya sony tetap menjaga kualitas produk2nya..

    FS: haha..semoga sob!
    Coz sejauh ini..sejak Sony menurunkan harga semua VAIO NEW LINE UP per Juni 2009, blm ada keluhan ttg kualitas produk. So far so good🙂

    Thx bro.. Dan smoga netbook W Series segera masuk ke indonesia…

  2. Yah, OS-nya masih XP😦 Tapi maklum sih ya, secara harganya kan bener2 terjangkau.

    FS: hay F…
    Memang netbook W series baru keluar di amrik dengan Windows XP. Tapi nanti ketika Windows 7 sdh muncul, pasti W series jg bakal hadir dgn Windows 7. Tunggu az karena sebentar lagi akan hadir di Indonesia. Thx….

  3. Sbenernya sony vaio w series itu ada wi-fi nya ga? Coz aku liat di sumber lain katanya ga ada. Trims.

    FS: hay tika…
    Kalo sebatas WiFi seh jelas ada. Karena standar netbook sekarang sdh pasti ada WiFi-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s