Mampukah Windows 7 Membayar ‘Kegagalan’ Vista?


Oleh: Ardhi Suryadhi
Rabu, 21 Oktober 2009 | 12:07 WIB
Dikutip dari detikinet

post_10Jakarta – Windows 7 hadir dengan membawa segunung harapan. Tak hanya dari kalangan orang dalam Microsoft, selaku sang pembuat, namun juga bagi end user yang memanfaatkannya untuk kegiatan sehari-hari. Harapan tersebut lumrah saja digantungkan, mengingat performa yang dihasilkan OS Microsoft sebelumnya — Windows Vista — selama ini bisa dikatakan kurang memuaskan, jika tak mau dibilang gagal.

Sejak kelahirannya di pasaran, sejumlah keluhan mendera Vista. Mulai dari dianggap memiliki spesifikasi yang berat, tak ramah untuk foto digital, hingga mendapat sambutan kurang ramah dari para pebisnis. Untuk diketahui, spesifikasi minimal komputer untuk menjalankan Vista adalah harus memiliki prosesor 1 GHz, memori 1 GB dan hardisk berukuran 40 GB. Spesifikasi itulah yang dibutuhkan bagi end user untuk mengerjakan tugas-tugas rutin bisnis seperti memproses dokumen, menjalankan spreadsheet atau mengirimkan email. Sementara di sisi lain, kebutuhan spesifikasi bagi Windows XP — pendahulu Vista — begitu kontras. Sistem operasi tersebut masih bisa dijalankan dengan prosesor 300 Mhz, memori 128 MB dan hardisk 1,5 GB.

post_10

Nah, melihat kebutuhan spesifikasi komputer tersebut itulah banyak kalangan bisnis merasa belum punya alasan yang cukup kuat untuk beralih ke Vista. Apalagi ketika sistem yang tersedia dirasa masih mampu memenuhi kebutuhan sistem pendukung tugas harian mereka. Bahkan tak hanya dari sisi fitur, kekecewaan terhadap Vista juga datang dari para penjual PC yang menganggap OS ini tak mampu mendongkrak penjualan PC.

Hal itu ditegaskan melalui hasil riset lembaga analis Gartner, yang mengatakan bahwa kemunculan Vista ternyata hanya berkontribusi kecil terhadap angka penjualan komputer di 2007. Melihat keadaan di atas, tak salah rasanya Windows 7 dinilai memiliki beban yang berat untuk mengembalikan kepercayaan pengguna sekaligus membayar ‘kegagalan’ sang kakak, Vista. Dan hal ini pun coba diyakinkan CEO Microsoft Steve Ballmer yang menjanjikan pada pengguna maupun developer bahwa Windows 7 adalah OS terbaik dibandingkan sistem operasi Windows yang lain. “Windows 7 adalah sistem operasi terbaik yang pernah kami buat,” klaim Ballmer dalam surat yang dirilis oleh Microsoft, seperti dikutip detikINET dari InformationWeek.

Ya, itu kan klaim sepihak dari Ballmer. Toh, keputusan akhir yang bisa menentukan bahwa Windows 7 benar-benar memuaskan sejatinya datang dari kalangan pengguna. Menurut Anda?
( ash / faw )

One comment on “Mampukah Windows 7 Membayar ‘Kegagalan’ Vista?

  1. yah itu kan yg ngsih komentar yg punya perusahaan…tp yg nentu in bagus dan tdk nya kan kita2…hehehe…walaupun jd org bodo tp bisa mengoreksi kepinteran orang…huf….enak nya jd org bodo…

      FS: wew???😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s