VAIO CW, Makin Gaya dan Ciamik!


Oleh: Firdaus Sani
Senin, 02 November 2009 | 21:15 WIB

post_13_scapeJakarta – Memang tidak tanggung-tanggung! Itulah kata yang pas diucapkan setelah melihat digelontorkannya jajaran laptop terbaru Sony VAIO di bulan Oktober 2009 ini. Bukan hanya satu atau dua tipe saja, melainkan delapan tipe baru ditambah dua model baru kini dipersembahkan oleh Sony untuk memanjakan VAIOlicious yang suka dengan produk VAIO. Dan salah satu yang menarik perhatian saya adalah hadirnya model baru VAIO Seri CW yang menggantikan VAIO Seri CS. Apa yang menarik perhatian saya? Mari ikuti testimony saya setelah mencicipi si CW ini😀

Windows Seven
post_10_scapeLaptop terbaru Sony ini hadir dengan sistem operasi teranyar punya Microsoft, yaitu Windows 7 (seven). Hadirnya Windows 7 yang memang sudah lama dinanti-nanti oleh kebanyakan pengguna Windows, menjadi senjata ampuh bagi Sony untuk menarik minat pembeli Sony VAIO. Pun, pada akhirnya model terbaru VAIO ini juga mengadopsi Windows 7. Memang sangat kecil perbedaan antara Windows Vista dengan Windows 7, namun dari segi kecepatan, terasa sekali VAIO CW dengan Windows 7 lebih cepat ketimbang VAIO CS dengan Windows Vista.  Belum lagi dengan adanya fitur-fitur keren di Windows 7, seperti Aero Peek, Aero Snap, Aero Shake, dan Aero Thumbnails. membuat VAIO CW ini semakin keren abiz!

NVidia GeForce
Entah mau merubah ‘image’ mahal atau apa, kini produk VAIO yang ‘Low-End’ pun sudah mulai dibenamkan kartu grafis teranyar dari NVidia, yaitu GeForce G210M untuk CW13 dan CW15, serta GeForce GT230M untuk CW16. Harga CW13 sendiri tergolong murah yaitu di USD 899, begitu juga dengan CW15 yang harganya cuma USD 999. Namun kedua tipe ‘Low-End’ VAIO CW tersebut sudah dibenamkan dengan kartu grafis dari NVidia. Sedangkan untuk tipe CW16 yang harganya dibandrol seharga USD 1,299 terasa cukup wajar karena menggunakan GeForce GT230M sebesar 512 MB. Dan yang asyiknya, VAIO CW sekarang hadir dengan HDMI Connector yang memungkinkan kita untuk menghubungkan laptop kita ini dengan perangkat lain semisal LCD TV Big Screen, Play Station, dll.
NVIDIA_GEFHDMIbluetoothIEEE_abgn   

Fitur Keren
Daya tarik terbesar hadirnya VAIO CW – selain dari bentuk disainnya yang cantik dan ‘stylish’ – adalah pada fitur-fiturnya yang keren dan asyik punya. Salah satunya adalah terdapatnya ‘Web Button’ dan ‘Display Off Button’. Fitur ini memang bukan yang terbaru pada produk Sony VAIO karena sebelumnya fitur ini sudah hadir pada seri VAIO NW. post_13_web_button_scapeNamun kini fitur keren tersebut diadopsi pada VAIO CW, terutama pada CW15 dan CW16. Sementara untuk CW13 fitur ini tidak dipasang. Web Button merupakan tombol jalur pintas untuk terkoneksi ke dunia internet. Bahkan dalam keadaan laptop mati pun, tombol ini bisa berfungsi dan langsung menghubungkan kita dengan web browser… (kereeennn….!). Sedangkan Display Off Button adalah tombol untuk mematikan sementara layar monitor.

Fitur lain yang tidak kalah keren adalah adanya aplikasi bawaan dari Sony VAIO yaitu VAIO Gate. VAIO Gate ini sejenis object desktop yang bisa diseting semau kita untuk menyimpan ikon-ikon desktop favorit yang letaknya di bagian atas layar.  Selain itu, fitur keren lainnya yang membuat VAIO CW ini semakin ciamik adalah adanya VAIO Media Gallery dan Webcam Companion versi 3.0.  VAIO Media Gallery merupakan aplikasi bawaan dari Sony VAIO yang bermanfaat sebagai media pengatur arsip-arsip foto, film, dan lagu. Sedangkan Webcam Companion versi 3.0 merupakan aplikasi webcam pada laptop Sony VAIO yang semakin banyak menyediakan efek-efek foto dibanding versi sebelumnya.

media_gallery

vaio_gate copy

webcam

Nah, dengan tersedianya fitur-fitur keren tersebut, semakin membuat VAIO CW lebih bergaya dan cantik. Mau mencoba………??? [fs]
 
 
 

3 comments on “VAIO CW, Makin Gaya dan Ciamik!

  1. Mas Daus,
    Thanks, udah bantuin saat beli CW15 di Indocomtech kemarin. Atas saran anda, saya juga beli Kaspersky Innternet Security (KIS) 2010. Sampai rumah langsung install KIS dan update termasuk windows-nya.
    Setelah itu coba browsing internet tapi koneksinya lambaaat banget. Coba lagi kali ini KIS-nya dimatikan sementara, ternyata sama aja. Padahal koneksi yang sama saya pakai juga buat PC di rumah dan hasil Speedtest.net menunjukkan download speed bisa sampai 0.33Mbps (http://www.speedtest.net/result/6159168070.PNG). Sedangkan dengan CW15 cuma dapet 0.04Mbps (http://www.speedtest.net/result/615911879.png).
    Koneksi ke modem sudah saya coba pake wireless maupun pake kabel data, tapi hasilnya sama aja.
    Mas Daus, mohon bantuan settingan apa yang perlu diubah biar koneksi internet bisa lebih cepat. Terima kasih sebelumnya.

      FS: haluw..haluw…mas sulis..
      Wah..wah..wah…secepat itu yaaa langsung install KIS 2010. Begini mas, klo masalah kecepatan koneksi internet, itu tergantung modem atau koneksi yg mas pakai. Dan biasanya, menggunakan koneksi WiFi jauh lebih cepat drpd modem eksternal.
      Permasalahan yg saya baca adalah mas sulis sudah menggunakan WiFi juga namun koneksinya tetap sama dgn menggunakan modem. Nah loh…saya juga bingung! Seharusnya bila menggunakan WiFi bisa jauh lebih cepat, apalagi hanya sekedar update database antivirus.

      Mungkin permasalahannya terletak pada antivirus bawaan laptop (McAffe) yg belum mas hapus (uninstall). Dicoba lagi ya mas.. Heeee…

  2. Mas Daus,
    Thanks responsnya, waktu instal KIS persyaratannya harus unsinstall antivirus yang lain, waktu itu saya uninstall McAfee dari Control Panel, tapi pas install KIS ternyata McAfee belum 100% hilang jadi proses install gagal. Googling masalah ini dapet solusi untuk menggunakan McAfee Consumer Product Removal tool (MCPR.exe) download dari website McAfee. Habis itu baru berhasil install KIS.

    Tambahan info, koneksi internet di rumah pake ADSL modem (Linksys WAG54G) melalui Sp**dy. Dari modem ADSL ke PC di rumah dikoneksikan pake kabel network (UTP). Modem ini memiliki 4 port ditambah koneksi WiFi. Percobaan yang sudah saya lakukan adalah:
    1. Laptop Vaio dihubungkan ke modeng melalui jalur WiFi dengan mematikan sementara KIS dan PC lain tidak menggunakan internet.
    2. Laptop Vaio dihubungkan ke modeng melalui jalur kabel network dengan mematikan sementara KIS dan PC lain tidak menggunakan internet.
    Hasilnya, Vaio bisa koneksi internet tetapi sangat lambat (0.04Mbps) jika saya bandingkan dengan PC di rumah yang menggunakan jalur yang sama (0.33Mbps). Saya juga mencoba koneksi internet melaui Vaio tanpa menghidupkan Windows, tetapi menggunakan feature tombol Web, hasilnya sama lambatnya.
    Mohon pencerahan donk.. apakah ada setingan di Vaio yang harus saya ubah atau setingan di modem.
    Thanks..

      FS: heeee…
      Jujur az klo sdh masalah teknis sedalam itu saya tdk punya referensi jawaban. Saya juga bingung mas. Heeee….
      Sebaiknya mas coba deh langsung konfirmasi ke service center az (biasa mas…klo sdh terdesak, jawaban paling jitu yaa itu,, ‘tanya langsung ke sony indonesia’ Heeee… maaf saya tdk bisa memberikan jawaban yg memuaskan)
  3. mau nanya boleh ya.. apa perbedaan antara NVidia GForce G210M dengan GT230m.. Thank’s

      FS: hay…
      Klo perbedaan secara teknis saya jg kurang begitu paham, kamu tanya az ke mbah google. Tp kalo dr segi praktek, jelas lebih kenceng GT230🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s