Fungsi VAIO Battery Care


Oleh: FS
Sumber ide: Patrick (Thanx to Patrick)
Kamis, 19 Januari 2012 – 14.35 wib

LaptopCentro – Mendapat ide dari komentar kawan VAIOlicious di blog ini (Patrick pada tanggal 14 Januari 2012), saya jadi terinspirasi juga untuk membuat tulisan tentang Battery Care pada laptop Sony VAIO. Mungkin belum banyak yang tahu tentang VAIO Battery Care yang ada di laptop Sony VAIO. VAIO Battery Care adalah fungsi perawatan baterai pada laptop Sony VAIO yang dapat meningkatkan masa pakai baterai lebih lama dengan membatasi kapasitas baterai sampai 50% atau 80% dari kapasitas normal. Ini berarti baterai akan di-charge sampai 80% saja tiap kali melakukan charge. Dengan kata lain, fungsi dari VAIO Battery Care ini adalah untuk mencegah degradasi baterai agar baterai bisa lebih awet dan tahan lama. Namun sayang, tidak semua tipe/model laptop Sony VAIO sudah diinstal aplikasi Battery Care Function ini.

Nah, berikut tutorial Battery Care khusus untuk laptop Sony VAIO yang sudah ada aplikasi VAIO Battery Care.

Jangan lupa, pasang baterai laptop kamu untuk mengaktifkan fitur Battery Care ini!

Langkah 1 – Buka aplikasi VAIO Control Center.

Langkah 2 – Klik tab Power Management dan pilih Battery.

Langkah 3 – Centrang Enable Batery Care Function untuk mengaktifkan.

Langkah 4 – Pilih batas maksimal charge, mau 80% atau 50% kemudian klik OK.

Semoga baterai laptop VAIOlicious bisa lebih awet.

Di bawah ini adalah link download untuk Battery Care. Namun kedua aplikasi ini setelah dicoba tidak bisa berfungsi di laptop Sony VAIO (mungkin juga laptop lainnya). Mungkin VAIOlicious ada yang tahu link download untuk Battery Care yang bisa berfungsi seperti VAIO Battery Care? Kalau tahu silahkan berbagi di sini🙂

11 comments on “Fungsi VAIO Battery Care

  1. Terima kasih banget loh, comment ane jadi artikel…😀

    Ternyata Battery Care bisa didownload juga, tapi bisa berfungsi gak dengan batere non-Sony di laptop non-Sony?

    Bisa minta link download utk Sony Media Gallery, VAIO Movie Story, dan PMB? SA ane gak ada ketiga program itu..di cek di eSupport juga nggak ada… adanya update-nya doang…

    Link yang kedua itu Battery Care buatan Filipe Lourenço, bukan Sony, dan memiliki fungsi yang berbeda dengan Battery Care buatan Sony, tidak bisa menghentikan charge saat 50% atau 80%.

      FS: aplikasi battery care bisa berfungsi di laptop selain VAIO. Btw, VAIO SA kamu kok gak ada Media Gallery, VAIO Movie Story, dan PMB? Udah ganti OS y gan? Link download untuk ketiga aplikasi tsb saya tidak punya karena gk kepikiran untuk koleksi mereka. haha.. Btw thanks atas semua informasi tentang fungsi battery care🙂
  2. tiap hari saya pakai laptop selalu pakai listrik, jadi kalau dah 80% atau 50% dilepas adaptornya/chargenya atau biarin aja mas?

    FS: kalau udah seting ON batre care nya maka sesampai charge 80% si laptop akan otomatis stop charging, walaupun charger nyolok terus gpp gan🙂

  3. gan kenapa setiap ane cabut charger ultrabook vaio nya langsung mati ,,,
    indikator batre setiap di chrger 81% ga pernah naik dan turun ,,
    ini batre ultrabook ane yang rusak atau emang seperti itu kinerjanya ?
    mohon pencerahannya tx

  4. saya mau nanya nih gan, sya baru beli sony ultrabook windows 8 neh.. Trus pada awl belinya batery SV sya baik saja.. Trus skrg btery sya g bs terpake lagi dan menghidupkan slalu pake charger, nah jika charger dipasang maka btre terisi cuma 74% duank dan jika kabel dlepas maka SV sy mati…
    Yg jadi pertanyaan sya bagaimana nyeting ulang SV sy agar batery nya bs digunakan kembali??.. Krna sya baru pake windows 8, mohon dibantu gan ya🙂

    FS: Sebenarnya, batre agan bisa ngechas namun hanya sampai 74% itu tidak masalah karena fitur batre care function-nya sedang aktif. Artinya, batre msh bisa ngechas (batre tidak rusak). Setingan battery care function bisa dibuka di Vaio Control Center.

    Namun jika charger dilepas ternyata batre tidak hidup itu artinya ada yg rusak pada hardware laptop. Saran saya, buru2 klaim garansi.

    Pertanyaan saya, itu laptop beli baru atau 2nd. Kalau beli baru silahkan langsung balik ke toko tempat agan beli karena saya merasa ada yg rusak pada hardware.

  5. saya punya VAIO SP13213SGS, apakah klo battery care nya mode “ON” jika chargernya dilepas maka laptop akan mati? mohon penjelasan

    FS: utrabook batre nya sudah di dalam. Jadi kalaupun tidak pakai adaptor maka laptop akn tetap nyala.

  6. Gan laptop saya kok walaupun baterry carenya udah di nyala kenapa masih tidak berfungsi ya? setiap di restart maka batrainya akan kembali charge sampai 100%.

    sekalian tanya, kalo mau instal ulang pakai cd recovery yang dijual itu apa vaio saya bisa kembali seperti pertama saya beli. karena saat saya ingin install ulang dengan tombol assist windowsnya tidak mau install ulang, malah kembali ke login windows.

    laptop saya vaio fit 14E. terimakasih.

    FS: dengan cd recovery akan mengembalikan laptop ke default factory setting (seperti pertama beli)

  7. Laptop saya Windows8 gak bisa ngisi charger, kenapa ya? mohon di bantu ya ka🙂 trima kasih

    FS: kalau tidak bisa nge-chas kemungkinan hardware pada batre atau adaptornya yg bermasalah gan🙂

  8. laptop saya vaio windows 8 ada bateraai carernya tapi udah di install windows 7 tpi vaio baterai carernya gak ada jdi batrai laptop saya 80% saja… . bagaimana carax untuk kembalikan jadi 100%

    FS: kalau sdh ganti OS yaa begitu resionya gan, drivernya tidak cucuok> Kalau mau ada battery care nya lg yaa balikin ke os asli bawaaanyaa

  9. mau tanya nih..saya ada masalah di laptop vaio model pcg-7186m, kalo saya hidupkan laptop booting sebentar trus..mati lagi..selalu begini..kenapa ya..?mohon bantuannya dong..trims..sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

