Mengaktifkan Fitur USB Charging VAIO E14P


Oleh: FS
Senin, 14 Mei 2012 – 16.30 wib

LaptopCentro – Fitur pengisian USB memungkinkan Anda untuk secara cepat mengisi ulang perangkat lain dari notebook Anda. Cukup hubungkan perangkat yang ingin di charge ke port pengisian USB. Anda dapat mengisi perangkat bahkan saat notebook dimatikan atau dalam mode “sleep” dan tidak terhubung ke listrik (tapi harus menggunakan baterai). Fitur ini sangat berguna jika pemutar audio smartphone atau portabel Anda tiba-tiba kehabisan daya baterai dan Anda tidak memiliki akses mudah ke stop kontak listrik.

Sebelum Anda mengaktifkan fitur ini dan ingin segera mencoba mengisi atau bahasa gaulnya nge-chas hape Anda, perhatikan hal-hal berikut ini:

1.    Fitur ini hanya berfungsi jika ada power yang terhubung ke laptop (baik ketika laptop terhubung dengan kabel listrik saja/charger laptop, maupun ketika laptop terhubung dengan baterai saja tanpa kabel listrik, ataupun bisa keduanya).
2.    Fitur ini hanya bisa menggunakan port khusus USB Charging di VAIO E14P (bentuknya seperti port USB biasa di sisi kiri laptop dengan lambang “Petir” atau “Listrik”).

Untuk mengaktifkan fitur USB Charging ini, silahkan ikuti tutorial berikut:

Langkah 1 – Buka aplikasi “VAIO Control Center” (bisa dengan cara ketik di kolom “Search” yang bisa dibuka dari tombol “Start”).

Langkah 2 – Akan muncul jendela “VAIO Control Center”

Langkah 3 – Pilih tab “Power Management” dan tekan “USB Charging Settings”.

Langkah 4 – Kemudian contreng pilihan “Charge a USB device while your VAIO is off”

Namun ada yang harus diperhatikan sebelum mencontreng pilihan tersebut. Sebelum Anda mengaktifkan fitur USB Charging ini, sebaiknya lepaskan dulu device atau handphone Anda dari port/colokan USB Charging di laptop. Hal ini untuk menghindari terhapusnya data-data di device Anda.

Nah selanjutnya, Anda bisa mengisi baterai handphone melalui USB Charging di laptop meskipun laptop Anda dalam keadaan mati atau dalam mode “sleep” [fs].

6 comments on “Mengaktifkan Fitur USB Charging VAIO E14P

  1. Halo.. Mau nanya. Laptop saya tipe Vaio S Series. Dulu bisa utk ngecharge handphone. Tapi saya lupa karena apa dan sejak kapan, sekarang nggak bisa lagi. Saya coba ikuti petunjuk di atas, ternyata tdk ada menu USB Charge Setting yg saya temukan. Apakah ada saran, barangkali menu itu ada di tempat lain atau namanya beda? Thx

    FS: hai..
    kalau sudah coba ikut petunjuk di atas dan tetap tidak bisa berarti ada driver yang hilang, kalau mau bisa lagi yaaaa coba recovery laptop kamu.

  2. gan,kok vaio ane karang kipasnya kenceng ,,gk kenceng2 bget sih ,.,.tapi bisa lah kita dengar suaranya nyggggggggggggg gtu.,.tapi kalo di msukin ppower suply berenti dia gan.,.,kenapa ya,..?

    FS: mungkin kotor az gan kipasnya.

  3. Gan leptop ane vaio seri E 14P upgrade ke windows 8.1
    Tapi setelah di upgrade kipasnya bunyi kencang
    Kenapa ya ???

    FS: tipe lain klo di upgrade normal saja. Yaa mngkin ada beberapa tipe yg hardwware nya tidak compatible dengan 8.1. Kalau tetep dirasa mengganggu saran saya balikan lagi ke win 8.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s