Cara Membuat CD Recovery (Terbaru)


Oleh: FS
Selasa, 17 Juli 2012 – 19.25 WIB


LaptopCentro
– Disk Recovery atau CD Recovery adalah “cd installer” yang sudah kita “back up” atau “copy” dari tipe laptop yang sama. Disk Recovery tidak bisa digunakan untuk tipe laptop yang berbeda. Jika Anda sudah membuat Disk Recovery, maka di dalamnya akan terdapat OS original bawaan laptop, driver, dan aplikasi original bawaan VAIO.

Disk Recovey berguna untuk format ulang atau “recovery” jika menggunakan System Recoveryy tidak bisa dilakukan dikarenakan hard disk rusak atau System Recovery hilang karena pernah ganti “operating system”. Bila hal itu terjadi, maka satu-satunya solusi untuk mengembalikan laptop ke kondisi semula adalah dengan Disk Recovery (dengan catatan bahwa Disk Recovery sudah kita buat sebelumnya)*.
* jika Anda lupa atau belum membuat Disk Recovery bisa order dari saya !

Berikut petunjuk cara membuat Disk Recovery:

1. Buka aplikasi VAIO Care dengan menekan tombol ASSIST.

2. Setelah muncul jendela “VAIO Care” lalu klik menu ‘Advanced Tools” dan pilih “Restore and Recovery”

3. Lalu pilih menu “Create Recovery Media”


4. Kemudian muncul jendela Create Recovery Media dan lanjutkan dengan “Next”

5. Pilih “Optical Disk”

6. Siapkan 3 atau 4 keping DVD kosong lalu ikuti perintah selanjutnya untuk memasukkan satu persatu. Selesai!

Semoga bermanfaat. [fs]

73 comments on “Cara Membuat CD Recovery (Terbaru)

  1. kalau disc nya egk kebaca gmn gan??

      FS: coba ganti merk disc yg lain, atau coba nonton film buat ceh optical drive, takutnya optical drive nya eror..
  2. kalo kita sudah punya disk recovery 1& 2, bisa tidak jika langsung membuat disk 3 & 4?

      FS: untuk VAIO Care versi lama (di bawah versi 7.3) tidak bisa, harus ulang dari CD 1. Sedangkan untuk VAIO Care terbaru (khusus di seri model laptop SV, bukan VGN atau VPC) sudah bisa melanjutkan dari CD ke berapa yang belum selesai.
    • Caranya gimana ?

        FS: Emmhhh…jika laptop kamu model baru (SV), yyyaaaa kamu buka vaio care (Create Recovery Media) seperti petunjuk di atas. Nah bila sudah buat CD 1, maka secara otomatis VAIO Care akan update otomatis untuk melanjutkan ke CD 2 dst tanpa harus buat CD 1 lagi.
  3. kalo sudah bwt recovery 3 of 4 trus di cancel, apa harus mengulang lagi dari 1 atau bisa lanjut ke DVD yg ke 4 (SVS13112EGB), klo bisa lanjut tolong share caranya

    FS: karena laptop kamu model baru (SV), kamu tinggal lanjut az create recovery media seperti petunjuk di atas. Nah bila sudah buat CD 1, 2, dan 3 dengan benar, maka secara otomatis VAIO Care akan update otomatis untuk melanjutkan ke CD 4 tanpa harus buat ulang dari awal lagi.

  4. kok pas saya masukin disk 2, keterangannya masih “creating recovery media 1 of 4” ya? apa itu tandanya masih ngulang yg pertama atau udah lanjut? laptop saya SVE14115FAB
    makasi bnyak ya

    FS: berarti waktu bikin CD 1 masih eror. Itu harus ulang lagi.

  5. agan vaio saya vpceg38fb,kmrin cb instal ulang pake os lain. Program vaio hlang semua. Gmana cr saya dapeti cd recoverynya?

    FS: untuk dapetin cd recovery nya kamu harus back up dari laptop dengan tipe yang sama. Bisa pinjam dari temen kamu atau bisa order cd recovery dari saya. Trims..

  6. kulonuwun mas,saya punya problem backup ke dvd,dimenu vaio care,restore dan recovery-ny saya klik tapi tidak bisa keluar tulisan Created Media,gimana mau backup,laptop sony vaio vpceg28fg,mohon bantuannya,trims…

    FS: monggo gaaannn….
    laptop kamu belum ganti OS kan??? Harusnya bisa gan. Atau coba update Vaio Care nya deh.

    • gan,udah update vaoio care nya,v10 kalo gk salah,tetep blm bisa keluar tulisan created media nya,laptop masih belum ganti os nya kok.dulu pernah keluar tapi skrng udah gk bisa lagi…trims

      FS: emhhh,,,kalau back up cd recovery nya urgen banget yaa mau tidak mau coba recovery dulu laptop kamu. Instal ulang semuanya dan back up dulu data2 penting kamu… Biasanya kalaui sudah di recovery semua program akan berjalan normal🙂

    • trus kalo mau dapetin dvd recoverynya gmn?harganya berapa?
      (disk recovery untuk sony vaio vpceg28fg)

      FS: kamu coba recovery dulu lewat sistem. Baca petunjuknya di blog ini. Kalau recovery lewat sistem tidak bisa, baru deh kamu bisa order cd recovery nya dari saya..

  7. gan,udah update vaoio care nya,v10 kalo gk salah,tetep blm bisa keluar tulisan created media nya,laptop masih belum ganti os nya kok.dulu pernah keluar tapi skrng udah gk bisa lagi…trims

    FS: emhhh,,,kalau back up cd recovery nya urgen banget yaa mau tidak mau coba recovery dulu laptop kamu. Instal ulang semuanya dan back up dulu data2 penting kamu… Biasanya kalaui sudah di recovery semua program akan berjalan normal🙂

  8. gan, utk tipe sve-11115eg warna putih ada dvd recovery ya ? pm ya gan harga ama ongkir. makasih

    FS: ada. Sudah saya email gan🙂

  9. kulonuwon pak,saya mau nanya nih;kalo recovery sony vaio vpceg28fg dari hardisk external bisa gak ya?soalnya mau saya backup ke dvd tidak keluar tulisan “created media recovery-nya”padahal sudah saya upgrade vaio care-nya dan laptop udah saya recovery ulang pake F10,tetapi msaih aja gak muncul tulisan “created media recovery-nya”…mohon pencerahannya..terimakasih

    FS: monggo mas..
    selama ini opsi untuk membuat recovery disk hana bisa di VDD/CD dan USB Disk, dan tidak ada opsi ke HDD eksternal.
    Memang saya belum pernah coba, tapi kayanya tidak bisa deh. Kalau laptop sudah di format ulang dengan F10 maka otomatis semua akan kembali ke awal. Eror dan kerusakan software akan hilang dan laptop kembali normal.

    Create recovery media ada di Advanced Tool > Restore and Recovery.
    Kalau tidak ada juga bagi saya cukup aneh🙂

    • saya coba berulang di menu vaio care,andvanced tool,tetapi masih juga gak keluar tulisan created media recovery-nya,saya sendiri juga bingung Gan,aneh gitu,pdhl udah saya format pake F10.kira2 solusinya gimana.kalo laptop centro di surabaya ada tidak ?
      terus seumpama pesen dvd backup vpceg28fg berapa dan gimana Gan ?

      FS: beneran tdk muncul ya? Bagi saya sungguh aneh. Karena di update vaio care-nya sudah, di recovery laptopnya pun sudah. Harusnya laptop kembali ke default factory setting dan semuanya akan normal kembali. Saya sendiri jadi bingung! Karena satu2nya cara untuk back up cd recovery ya hanya melalui aplikasi vaio care. Nah kalo menu “Create Recovery Media” nya tidak ada, maka tidak bisa back up cd recovery.

      Solusi saya ada dua:
      1. Berhubung laptopcentro hanya sebuah blog dan showroom saya hanya di jakarta, maka kamu bisa bawa ke service center surabaya. Berhubung ini masalah software dan software itu tidak bergaransi, maka kamu harus menyiapkan dana taktis sekitar 200 ribu untuk format ulang di service center dan tolong tekankan ke teknisinya supaya “Create Recovery Media” nya muncul kembali. Kalau tidak muncul maka kamu tekankan lagi untuk “Free Charge”…

      2. Kamu bisa pesan CD Recovery dari laptopcentro dengan biaya yang sama.

      Rekomendasi dari saya:
      – Jika saat ini dirasa tidak penting2 sekali untuk membuat cd recovery, dan kondisi laptop setelah direcovery fine2 saja alias normal, yaa kamu tidak perlu risau karena kalau butuh kapanpun kamu bisa pesan cd recovery dari saya.

      Semoga membantu🙂

      • kalo laptopnya sekarang sih normal2 aja Gan,memang untuk sekarang tidak terlalu penting dvd rcovery-nya,tapi saya kan juga menurut nasehat anda,sedia payung sebelum hujan,buat jaga2 kalo recovery F10 tidak berfungsi.mudah2an blog ini masih bisa di hubungi untuk besok2.barangkali terjadi sesuatu.dan akan saya coba dulu ke servis center vaio di surabaya.makasih atas bantuannya Gan.

        FS: blog ini akan tetap eksis beberapa tahun ke depan🙂

      • Apa kemungkinan untuk Vaio yg model2 baru dikunci/diprotect dari Sony Vaio sendiri,sehingga tidak muncul Created Media Recovery-nya ya Gan?

        FS: tidak. Karena untuk model terbaru pun dengan windows 8, semuanya sudah saya back up cd recovery-nya🙂

  10. Alo, saya punya laptop sony vaio SVE 14A, Create Recovery Media nya gak ada ya ?
    Padahal laptop baru sih, belum pernah di apa2 in kecuali di Partisi aja.
    Apa gara2 di partisi jadi gak ada Create Recovery Media nya ?
    Teken tombol f10 pun gk membantu.
    Trims.

    FS: aloo juga..
    Semua VAIO ada Create Recovery Media. Coba baca tutorialnya secara detail di blog saya ini.
    Partisi tidak akan mnyebabkan hilangnya reovery media.

    • Apa kemungkinan untuk Vaio yg model2 baru dikunci/diprotect dari Sony Vaio sendiri,sehingga tidak muncul Created Media Recovery-nya ya Gan?

      FS: tidak. Karena untuk model terbaru pun dengan windows 8, semuanya sudah saya back up cd recovery-nya🙂

  11. saya cuma bantu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tidak muncul nya menu create recovery media pada vaio care

    kemungkinan besar kenapa create recovery media tidak muncul pada vaio care adalah karena laptop tidak tersalur dengan arus listrik ( charger tidak terpasang ke laptop dan listrik)

    karena pada saat kita me recovery media, laptop harus tetap menyala dan tidak boleh sengaja / tidak sengaja di matikan….

    jadi dari vaio care langsung menghidden menu create recovery media yang tidak terkana arus listrik langsung

    jadi pastikan laptop tersalur dengan arus listrik langsung dan ketika menu tersebut tidak keluar lakukan restart pada windows anda dan coba kembali…..

    -keep spirit-
    🙂

  12. mau tanya mas.. gimana caranya bikin Recovery dari flashdisk.. dan gimana caranya Recovery dari flash disk…. trims..

    FS: kamu gunakan flashdisk yg kapasitasnya besar minimal 32 GB. Caranya sama saja dgn membuat pakai cd. Trims..

  13. mau tanya mas.. gimana caranya bikin Recovery dari flashdisk.. (flashdisknya ukuran berapa GB..??? kalau misalnya butuh flashdisk 18GB, itu harus satu flashdisk ukuran 18GB atau bisa dengan 2buah flashdisk ukuran 8GB..satu lagi mas gimana caranya Recovery dari flash disk…

    trims..

  14. Mo tanya donk. Itu klo pake HDD External ga bisa ya? Harus flashdisk yg memang isinya hanya dikhususkan untuk recovery saja alias ga boleh ada data lain?

    FS: pakai hdd gak bisa, hanya bisa dvd atau flashdisk dan harus kosong semuanya alias tidak boleh ada data🙂

  15. om hery, klo mau pesan cd recovery buat HP Pavilion dv2700 kira” brp ya??
    cp: 02199616599

    FS: salah kamar gan, vaio only🙂

    • aq da coba buat cd recovery. tp setiap creating recovery media 1 of 3. pas di 26% langsung disc failur. klo coba lg. ga jln creating recoverynya…… padahal q udh test pake dvd_r n coba pake dvd_rw, ttp sama. gmn tuch mang? vaio care msh 6.1.

      FS: kadang kalau recovery toolsnya eror, bisa jadi karena kena virus atau harus diupgrade. Coba upgrade dulu vaio care nya🙂

      • gmn cara untuk upgrade vaio carex mang?

        FS: upgrade vaio care buka apps vaio care dan cari tulisan about > version

  16. kulonuwun,mau sedikit nanya nih gan.untuk laptop sony vaio vpceg28fg apa bisa di instal windows 8 pro 32bit,dan gimana dgn driver2nya.apa anda punya drivernya atau memberi link download untuk drivernya.terimakasih.

    FS: halow..
    Vaio windows 7 bisa saja upgrade kw 8 namun kendalanya ada pada driver. Sulit mancari drivernya karena belum tersedia linknya. Trims..

    • Iya Gan,memang sulit cari drivernya,sudah cari2 di mbah Gugel tetep sulit.
      oke saya tunggu berita selanjutnya dari Agan,makasih

  17. Kl pesen dvd recovery buat sve14126cvw brp?
    Ongkir ke jogja brp? N brp hari sampainya?
    Terimakasih🙂

    FS: hai clara,
    Sudah saya email yaa jawabannya. Trims..

  18. laptop saya setela aq recovery aq restar. mw aktifkn mlh muncul
    BOOTMGR is missing
    press ctrl+alt+del to restart.
    itu gmn yach mang?

    FS: biasanya windowsnya eror. Solusinya hanya recovery

    • carax mang? aq blom pux cd recovery. tipe VPCAE32EG. klo pesan gmn. email aja mang???

      FS: kalau belum punya cd recovery kamu bisa order. Tp saya cari sulu utk tipe VPC-EA32EG ada apa tidak. Segera saya kabarkan via email

      • Gmn mang, ada ga cd recovery buat laptop aq???

        FS: Hai Elly,
        Setelah saya cari2 ternyata saya tidak punya back up cd recovery untuk VPC-EA32EG. Kalau mau kamu bawa saja laptopnya ke toko kami dan akan diinstal ulang biasa namun driver2nya akan tetap kami instal.

        Trims..

  19. Mantep gan!!langsung sukses bikin cd recoverynya!kasih cendol lagi ah buat agan firdaus..

    FS: thx bro🙂

  20. Vaio s13116fg bisa upgrade OS ke Windows 8 gk?trus gmna cara mempercepat proses booting dan shut down vaio s13116fg?

    FS: bisa kok upgrade ke win 8. S13116FG tidak bisa dipercepat bootingnya. Karena sudah standar dari pabriknya…

    • cara upgradenya gmna tkutnya nnti driver laptopnya gk berfungsi :'(….trs gmana menghilangkan force shutdown pada laptop?udah ngurangin start up program di msconfig tpi masih aj muncul walaupn gk sering sih…mohon bimbingannya….

      FS: iya kalau di upgrade pasti nanti drivernya harus downloa lagi. Cara menghilangkan force shutdown saya juga tidak paham, coba agan googling ya🙂

      • Apa sering muncul force shutdown dapat mengakibatkn kerusakan hardware laptop kita?

        FS: iya kalau keseringan force shutdown bisa merusak system

  21. Klo Recovery windows 8 pakai usb flash drive, minimal berapa GB yh gan? terus merek yg di rekomendasikan apa yh gan? Mohon Infonya gan.

    FS: kalau pakai USB minimal harus ada free space 19 GB ka atas dan usb flash disk itu harus kosong alias tidak ada data. Merk sih apa saja bebas !

  22. Gan kalo pas masukin dvdnya ada tulisan ‘invalid disc is inserted’ gmna ?
    Pdhal aku masukin disc blank koq…

    FS: kalau sudah ganti disc dan merk disk beberapa kali namuin masih invalid, coba gunakan dvd external. Recommended disc: Verbatim or Sony.

    • ok ini udah bisa koq, ternyata dvdny harus pake DVD R, kmrn pake yg RW, oiya kl lptop sony merek SVE14137CKW ada ngg gan?

      FS: SVE14137CKW gak masuk indo

  23. thank u, oiya kalo ada apa2 dgn lptop itu SVE… (na’udzubillah), dptin disk recoveryny gmna ?
    trus kmrn udah nyoba recovery disk 3 kali, tapi setiap 60_an % (disk pertama) ada psan error, disuruh shut down terus ngulang lagi… itu masalahnya dimna ya ? vaio carenya jg udh di update, tpi masih ky gitu.. mhon bantuannya ^.

    FS: Kamu bisa order recovery disc dari saya.
    Saya juga sering mengalami disc error ketika sedang buat recovery disc, hal itu disebabkan karena dvd rom yang kita gunakan pada laptop tidak bisa membaca dengan baik keping dvd nya. Solusinya gunakan dvd rom external, baru deh bisa🙂

  24. Gan laptop ane sve tapi kok gak bisa ngelanjutin buat disk recovernyA krna ane cancel pas mau lanjut ke yg ke 3…

    FS: kalau dari proses pembuatan recovery disc tiba2 eror, coba gunakan dvd rom external gan🙂

  25. gan sy py sony vaio vpccw21fx,nah masalahnya hardisk nya udah mulai bunyi” krekkrek..:) mumpung masih bisa jalan ane bikin recovery disk nya,trs ane coba ganti hardisk baru dengan merek kapasitas yang sama,tapi setelah restore dgn menggunakan dvd hasil bikinan dr vaio care td pas udah 100% restart dan mulai wasuk windows tiba” waktu instaling device ada keterengan klo windows tidak bisa di install krn hardware gk suport,kira’ ada solusi gak gan?ato memang kalo ganti hardware emang gak bisa pake recovery disk dari hardisk originalnya??makasih banyak sebelumnya gan…

    FS: harusnya dengan hdd baru harusnya bisa. Bawa az ke service center atau toko saya. Trims…

    • Iya gan tetap belum berhasil,sampe bikin recovery disk 3x dari recovery disk temen dgn tipe sama jg gk mau,sampe coba ganti hdd lg jg keterangan nya tetap sama “Windows setup could not configure windows to run on this computers hardware”,baca” di forum luar jg keknya mang gk bisa klo hdd nya gk beli dr sony🙂

      FS: nah saya paham sekarang, kasus agan sama dengan kasus customer saya. Laptopnya vaio yang beli dari amrik tidak bisa di instal ulang menggunakan cd recovery maupun clean install, saya sudah coba pindahkan hdd laptop itu ke laptop lain ternyata tidak bisa instal juga. Akhirnya setelah googling, ternyata sistem bios nya seperti di protek untuk kawasan atau region asia berbeda dengan region amrik dan eropa sana. Saya juga tidak mengerti dan tidak punya solusinya.

      • Iya gan ni laptop emang beli diluar wktu sekolah dulu,dan sementara solusinya cuma bisa clone hardisk aja hehehe..tp ternyata itupun ada bbrp yg gk bisa jalan bagus..belum nyerah sih jd bisa buat PR ane klo lg nganggur malam hehehe,semoga aja nemuin solusi..yaudah makasih banyak info nya ya gan..:)

        FS: sip, terus berjuang gan!

  26. Ping-balik: cara recovery sony vaio windows 7 | LinkTrik

  27. gan ada cd recovery untuk tipe VPCEA36FG (WHITE) gak? Kalo ada harganya berapa gan? n lokasi toko agan dimana? mohon dibalas cepat y gan ,thx,,

    FS: ada gan. Harga sudah saya email. Trims..

  28. gan… lptp sya 15ag stelah ganti win 7 ultimate wifinya tidak bisa (tidak bisa detect sinyal wifi) sya udah masuk ke control panel ternyata wifi nya tidak bisa di ON , apa agan punya driver nya yang cocok??
    kalo saya mau balikin restore and recovery ke kondisi seperti saat baru beli gmna caranya??
    tolong dijawab ya gan pertanya”an saya, kalo bisa tolong diemail juga jawabnnya n tutorial recoverynya .. trimkasi

    FS: iya wifi tidak bisa on krn drivernya tidak kompatibel. Untuk driver vaio agak susah downloadnya. Agan coba cari di esupport.sony.com.

    Kalau agan mau belikin laptop ke kondisi semula seperti waktu beli, bisa dilakukan dengan recovery. Namun krn laptop agan sudah ganti os maka recovery system yg ada di hdd hilang. Dan agan hanya bisa merecovery menggunakan cd recovery dari tipe yg sama.

    Agan bisa pinjam cd recovery nya dari teman, atau bisa juga order dari saya. Turorial recovery sangat jelas tercantum di blog ini. Trims..

    • Refresh PC itu gunanya buat apa gan? Laptop saya habis di repair disc error trus layarnya hitam aja, windowsnya gak jalan apa gmn sy juga kurang paham, pdhl tombol powernya nyala..agan tahu tdk solusinya bgmn? Trmksh sblmnya

      FS: kalau layarnya black screen itu tandanya windows corrupt. Silahkan recovery atau refresh saja. Baca tutorialnya di blog ini yg judulnya “Cara Recovery Sony VAIO Windows 8”. Kalau recovery system tidak bisa, baru gunakan cd recovery🙂

  29. Udah bisa gan, udah hidup lagi..tapi saya gak bisa apa2in, ga bs ganti wallpaper, ga bisa akses drive C nya, ga bisa login ke windows account, PC settingnya jg gak jalan.. Agan pernah alami kejadian serupa, solusinya gmn..

    FS: kejadian seperti itu sering gan. Solusinya recovery! Baca tutorialnya di blog ini🙂

    • Ok, sy coba recovery..tp mw tanya lagi nih, hbs recovery efeknya apa buat laptopnya? Windows accountnya msh aktif atau gmn gan? Keep in touch ya gan, soalny saya agak bingung jg ngerjainnya..

      FS: kalau laptop sudah direcovery, maka si laptop akan kembali ke semula seperti waktu pertama kali beli. Semua apps yg kita instal akan terhapus, begitu pula dengan data2 yg ada di drive C. Jadi sebelum recovery sebaiknya amankan dulu data2 agan.

      Kalau tidak bisa masuk windows, dan data2 agan ada di drive C semua, maka saya jamin data2 agan akan terhapus. Namun jika data2 agan ada di drive selain C (misal drive D), maka gunakan Custom Recovery supaya drive D nya tidak terhapus. Silahkan baca tentang Custom Recovery di blog ini. Trims..

      • Recoverynya well done gan, thanks bantuannya!..gan tnya lagi ya, kl pending install aplikasi di windows store solusinya gmn?

        FS: biasanya kalau pending instal apss dari windows store disebabkan karena server microsoftnya penuh/down atau bisa juga koneksi internetnya sedang lemot. Biasanya kalau sudah direcovery sih bisa. Tunggu az besok2 gan pasti sudah terinstal🙂

  30. mas..
    saya lagi buat recovery ke cd sesuai tutorial di atas..akan tetapi diskdrive tidak terbaca padahal ketika cd diganti menggunakan audi, disk drive terbaca..please advicenya. notebook saya sony vaio SVF14212SG

    FS: kalau disk drive nya tidak terbaca gunakan saja external drive, bisa kok gan🙂

    • thanks mas atas edvicenya..hy sj ttp ngga kebaca setelah menggunakan external drive.

      FS: kok aneh gak bisa baca external drive

  31. mas klo recovery lewat flashdisk, itu ukurannya brp GB? karena s baca komennya mas bilang 32 GB, dan ada komen dari orang lain mas bilang 18GB, itu yang benar nya mna mas.
    tolong penjelasannya!!!

    FS: hi hadi..
    Utk bikin recovery file ke flashdisk, tergantung tipe laptopnya. Ada yang hanya 14.1GB, 18.8GB, 23.5GB. Nah, ukuran flashdisk sendiri beragam mulai 8GB, 16GB,32GB.64GB. Jadi kalau mau bikin recovery file yg besarnya 18.8GB maka harus menggunakan flashdisk yg berkapasitas 32GB.

    Saran saya, sebaiknya gunakan dvd saja karena memang lebih murah🙂

  32. salam kenal gan,,
    laptop ane tipe VPCEB17FG kebetulan sebulan yg lalu ane ganti hdd,, nah apesnya lagi ane belum sempet bikin recoverynya,,
    cd recovery yg tipe laptop ane ada ga gan,, ? brapa duit gan +ongkir cilegon,,
    dan apakah setelah ane pake cd recoverynya windows ane jadi original lagi gan ?
    trimakasih..

    FS: sorry gan baru sempat balas. Sudah saya balas via email. Iya, dengan cd recovery dari tipe yang sama akan mengembalikan windows ke original lagi🙂

  33. gan mau nanyaaaa ..
    ane pake vaio SVF1412SG, OS nya ane upgrade dr Win 8 ke Win 8.1 .. Vaio carenya jg sdh ane upgrade jd 8.30.8220. ada masalah gan sete;ah ane upgrade vaio care. Pas ane mau Create Recovery media, vaio carenya bilang harus download vaio care recovery melalui vaio update. pas ane masuk ke vaio update, vaio update gak ngasih update-an yang bersangkutan gan. Jadi ini gmn gan ? mohon solusi gan

    FS: bisa kok tungguin az dari vaio update.

  34. siang mas, mw tanya donk, vaio saya pas diidupin lama banget baru muncul destopnya, trs pas awal muncul ad pesan bt recovery, aku coba dr recovery center g bisa2, baru sekian persen disc 1 udh g mw lanjut lg prosesnya. mw gimana lg tuh mas? trs kasih solusi donk knp vaio saya lola banget begini?

    FS: kalau begitu coba recovery az gan. Kalau os nya belum ganti masih bisa recovery dari system. Tutorialnya ada di blog ini. Namun jika sudah ganti os, maka harus meggunakan cd recovery.

  35. wahhh.. ini baru mantap gan, muter” aku nyari recovery windows 8 ke dvd yg ada jwbnya harus pake software lain. nah aku ga mau krn yg aku perlukan membuat system restore dgn fasilitas windows yg ada baru kelihatan ori nya. nah aku pake vaio sv-fit yg baru masa fasilitasnya tidak ada buat recovery ga mungkin kan. ternyata aku sendiri yg tidak teliti melihat fitur nya, ini post bagus gan bermanfaat dapat jawaban aku. ty yaaah🙂

  36. Om dvd nya harus ukura yang berapa MB , dan dvd yang bagus merk nya apa ?

    FS: dvd yang 4.7 GB gan, merk verbatim

  37. jadi recovery nya cuma bisa pake CD aja apa bisa yang lain?
    soalnya saya mao minta sama temen recovery nya dia

    FS: jadi jika vaio agan pernah ganti os atau ganti hdd, maka utk mngembalikan vaio ke os semula yg genuinr (default factory setting) hnya bisa menggunakan cd recovery dari tipe yg sama. Kalau vaio teman agan tipe nya sama, bisa tuh buat recovery vaio agan.

  38. gan ane serienya vpceg15eg. ane dah ganti hardisk soalnya yg lama rusak. trus klo mau diisi ama vaio yg lamanya gmna? gan. ane mau pesen cd recoberynya dong gan. whatsapp aja di 081316180108

    FS: sdh di info via sms, wa, dan line yaa gan.. Thx…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s