Custom Recovery: Format Ulang Tanpa Menghapus Partisi


Oleh: FS
Kamis, 19 Juli 2012 – 20.45 WIB

LaptopCentro – Selama ini, setiap melakukan format ulang/recovery pada laptop VAIO model baru kesayangan Anda pasti akan menghapus partisi yang ada di laptop dan akan mengembalikan laptop ke satu partisi saja yaitu drive C (system). Sehingga untuk melakukan format ulang, kita harus bersusah payah memindahkan semua data penting ke eksternal hard disk. Nah, sadar atau tidak, sebenarnya ada pilihan untuk melakukan format ulang namun partisi yang ada tetap utuh atau tidak terhapus dan data kita tetap aman. Sebenarnya, itulah yang baru saya sadari beberapa minggu ini. Betapa tidak sadarnya saya selama ini, bahwa ternyata ada opsi untuk melakukan format ulang tanpa menghapus partisi yang ada. Inilah yang disebut “Custom Recovery”

“Custom Recovery” bisa dilakukan melalui “System Recovery” atau “Disk Recovery”. Cara melakukannya pun sama, dan berikut petunjuk melakukan “Custom Recovery”:

1. Buka aplikasi VAIO Care dengan menekan tombol ASSIST.

2. Setelah muncul jendela “VAIO Care” lalu klik menu ‘Advanced Tools” dan pilih “Restore and Recovery”.

3. Lalu muncul menu “Restore and Recovery” dan pilih “Recover Computer”.

4. Setelah tekan “Recover Computer” akan muncul notifikasi untuk melakukan format ulang, lalu pilih “Yes”.

5. Laptop akan “Restart” dan masuk ke aplikasi “VAIO Care Rescue” lalu pilih “Language English” kemudian “OK”.

6. Nah, setelah sampai menu ini jangan pilih “Start recovery wizard”, tapi pilih ‘Tools”


Jika Anda pilih menu “Start recovery wizard”, maka Anda akan masuk ke proses format ulang “complete system” atau mengembalikan laptop ke drive C saja.


Jika Anda pilih menu “Tools”, maka Anda akan masuk ke opsi “Custom Recovery”

7. Setelah pilih “Tools”, maka akan masuk ke pilihan seperti gambar di bawah ini.


8. Lalu muncul notifikasi: “Do yuo need to rescue your data?” Jika Anda sudah back up data penting ke hard disk external, lanjutkan dengan pilih “Skip rescue”

9. Kemudian muncul opsi recovery “Select recovery type” seperti gambar di bawah ini

10. Silahkan pilih proses format ulang yang Anda inginkan.


Opsi 1 – format ulang ke kondisi awal untuk mengembalikan laptop ke kondisi semula seperti waktu pertama kali beli. Jadi jika laptop Anda sudah dipartisi, maka partisinya akan terhapus dan kembali jadi satu drive C: saja. Langkah ini ditempuh biasanya jika Anda ingin menjual laptop.


Opsi 2 – format ulang untuk memperbesar ukuran drive C: dan langsung membuat partisi drive D:

Opsi 3 – format ulang drive C: saja, artinya jika laptop Anda sudah mempunyai beberapa partisi seperti drive D: dan drive E: maka hanya drive C: saja yang akan diformat dan partisi yang lainnya masih utuh. Rasanya opsi 3 inilah yang paling enak untuk dilakukan.

11. Jika sudah memilih opsi recovery, maka lanjutkan dengan menekan “Next”

12. Kemudian muncul lagi notifikasi: “Are you sure you want to start recovery?” Jika Anda sudah yakin silahkan contreng kotak pilihan dan tekan “Start recovery”.

13. Proses recovery pun akan berjalan dan tunggulah sampai selesai sekitar 2 jam dan selesai!

Semga bermanfaat. [fs]

67 comments on “Custom Recovery: Format Ulang Tanpa Menghapus Partisi

  1. waw..hehe..ternyata yang jual baru sadar ya.:P
    gpp gan bagus tu infonya..ternyata SONY emang sudah melangkah jauh kedepan sebelum kita memikirkannya,,
    make.belive😀

    FS: yeahhh..

    • gan gimana cara menyelamtakan data yang sudah teristal..
      masaalh ny drive c dan d sudah menjadi satu partisi..
      apakah data ny masih bisa diselamtkan..

      FS: untuk data yang sudah terhapus saat instal ulang akan sangat sulit gan diselamatkan. Menggunakan software pun hasilnya tidak memuaskan sebagaian file ada yang rusak.

  2. apakah sony sedang ada promosi?
    mid-year holiday season!

    FS: promosi selalu ada biasanya menjelang idul fitri dan tahun baru. Tapi kayanya kali ini lagi belum ada promo🙂

  3. sebelumnya maaf agak menyimpang dari tema, gni mas saya pny laptop vaio VPCEG28FG, boleh nanya gag untuk VGA NVIDIA GeForce 410M nya itu versi brpa (saya lupa soalnya installan NVIDIA nya sdh saya uninstall), rencana drivernya mau saya update ke versi yang terbaru (agar bs compatible dg jenis Game PC terbaru) . Kebetulan skrg saya sdh download driver NVIDIA GeForce versi 301.42, tp setelah saya install muncul tulisan ” NVIDIA installer cannot continue, the graphic driver could not find compatible graphics hardware “. Yang mau saya tanyakan NVIDIA versi brp yang cocok untuk laptop saya.?? thx b4 mas.

    FS: Hai arifin… Mohon maaf saya tidak pernah utak-atik sampai sejauh update driver kartu grafis.
    Setahu saya kalau update driver sih masih bisa dilakukan. Untuk versi NVidia-nya kamu bisa cek spek lengkap VPCEG28FG di web sony.co.id- Jadi saya tidak tahu NVidia versi berapa yg cocok dengan laptop kamu. Coba kamu googling atau cari di forum2 terkait. Trims..

  4. jd klo kita pilih opsi 3 partisi yang sudah ada ngak akan terhapus beserta data2nya??
    truss yg terhapus/terformat datanya cuma patisi C??

    FS: intinya, jika kita tidak mau partisi kita terhapus, sebaiknya pilih restore C drive saja🙂

  5. tp data yg di D dan F ngak khpus kan mas??

    FS: tidak kehapus. Tp buat jaga2 alangkah lebih baik jika kamu tetap back up dulu ke hdd eksternal🙂

  6. saya punya type vpc217ag tapi sudah diformat ulang pake windows7ultimate apa masih bisa direcovery

    FS: klo sudah ganti OS maka recovery system di hdd terhapus. Kalau mau recovery hanya bisa menggunakan CD Recovery

  7. gan klo sudah update os gimana cara install driver dri cd recovery nya???

    FS: kalau sudah ganti OS tidak bisa install driver dari cd recovery, tapi harus download, naj itu yang agak susah🙂

  8. Kok opsi custom recovery – C: drive only di vaio saya tidak ada ya?
    Padahal laptopnya lagi tidak mau nyala nih

    FS: laptopnya gak mau nyala berarti rusak donk, bisa jadi hdd eror ataupun motherboardnya, dengan demikian yaa tidak bisa direcovery🙂

    • Maksudnya tidak bisa nyala sampe desktop, tapi masih bisa masuk vaio care rescue

      FS: kalau begitu bermasalah dengan windowsnya, dan jika bisa masuk vaio care tapi tetap tidak bisa recovery, berarti bermasalah juga dengan system di hdd. Coba recovery menggunakan cd recovery dari tipe yang sama🙂

  9. sob..kalau menarik data yang sudah terformat bgmna bos…mohon bimbingannya

    FS: sorry bro bukan bikin bete nih, hal tsb tidak bisa dilakukan, data teformat sudah terlanjur hilang. Sudah coba beberapa aplikasi recover data, hanya sebagian terambil namun data2 tsb rusak.

  10. mohon bantuan..jika pilihan pada opsi ke – 3 terjadi..apakah data2 atau software yg sudah terinstal akan terhapus?..ataukah kondisinya kembali seperti kita pertama kali beli dengan software yang telah ada

    FS: jika pilih opsi ke 3 berarti format ulang drive C: saja, artinya jika laptop Anda sudah mempunyai beberapa partisi seperti drive D: dan drive E: maka hanya drive C: saja yang akan diformat dan partisi yang lainnya masih utuh. Itu berarti data yang ada di drive selain C: akan tetap ada kecuali software. Semua software yg sudah kita instal akan terhapus karena software ada di drive C. Trims…

  11. trimakasih bnyk mas bro…apakah itu artinya sistem windows bawaan masih ada seperti bawaan pertama kali beli, atau kita harus instal ulang windows nya lg mas bro? dalam artian..setelah opsi ke 3, apakah windows bawaan masih ada,berikut driver motherboard n vga dll nya…. karna sewaktu pembelian laptop tdk disertakan driver2 nya mas…terimakasih mas..

    FS: recovery itu mengembalikan laptop seperti kondisi semula sewaktu pertama kali beli. OS original, driver bawaan, software bawaan vaio, semua akan kembali terinstal setelah proses recovery selesai. Produk sony vaio selalu menyertakan OS, driver2, dan software bawaan dalam bentuk recovery system yang tersimpan di dalam hdd (bukan cd/dvd)

  12. salam teman teman saya mau tanya leptop saya ni sony vaio tapi sayang perogram asli dari soni nya ter format alias ter hapus semua .jadi gimana ya untuk mendapatkan perogram awal nya yang asli vaio punya.

    FS: untuk mengembalikan ke program awal harus dengan cd recovery dari tipe yang sama. Laptop agan vaio tipe apa? Siapa tahu saya punya cd recovery-nya dan nanti agan bisa order ke saya🙂

  13. gan ane udh ngikutin langkah2 partisi hardisk tp knp utk nama D gak ada ya? klo selain D ada (B,E,F,G,dst).
    solusiny gmn y gan?

    FS: nama “D” sudah dipakai untuk CD/DVD ROM. Kamu rubah dulu nama CD/DVD ROM ke apa kek terserah Z, X, atau M (klik kanan di CD-ROM > Change Drive Letter and Paths > OK). Setelah itu baru deh rubah drive yang sudah dipartisi lainnya. Semoga bermanfaat🙂

  14. Hai?..

    Mau nanya ni, tandi tanpa sengaja gue menekan assist trus karna panik gue langsung tekan powernya otomatis laptopnya mati.. Setelah dinyalaan dilayar lngsung muncul os not fount… Saya coba ikut langkahmcustom recovery, trus pas sampaindiselect recovery typenhanyanmuncul 2 option… Yg option ke tiganya nggak ada…. Apa maksudny ya? Apakah di laptop saya memang hanya dua option? Saya harus gimana? Tengkyu

    FS: Kalau laptop kamu sudah ada partisi lain, biasanya akan ada 3 opsi. Namun jika hanya ada 2 opsi itu beraarti laptop kamu tidak bisa custom recovery artinya hanya bisa di recovery kembali ke default factory alias hanya tinggal C saja.

    • punya saya juga gitu trus solusi untuk melakukan partisi gimana? kok cuman ada 2 opsi gitu bisa diatasi gak? biar bisa 3opsi dengan custom partisi? apa harus buat cd recovery lain?

      FS; kalau cuma ada 2 opsi yaa mau tidak mau partisi yg ada akan hilang. Solusinya yaa recovery habis semuanya dan kembali ke C saja, setelah itu baru bikin partisi baru dari system dengan shrink volume.

  15. Tengkyu….
    Kalo saya pilih factory berarti data saya yang di D akanterhapus dong?.
    Apakah tidak ada cara lain untuk mengambil data saya yang tersimpan di D??
    Mohon bantuannya…..

    FS: klaua pilih factory yaa pasti yg di D terhapus. Data atau partisi yang sudah terhapus akan sulit untuk dibalikin lagi🙂

  16. kok punya saya gak ada opsicustom recovery-resize C: and create D: Drive gimana mau partisi bang?

    FS: kalau tidak ada opsi custom recovery yaaa mau tidak mau harus recovery all system alias balik lagi ke C

  17. saya mempunyai svE14A25CVB saya lakukan custom recovery tp kok tidak ada opsi untuk melakukan partisi ulang padahal saya melakukan booting cd lewatbios. mohon bantuannya para master…
    terus saya gunakan EasusPartitionMaster malah error gak bisa masuk windows… Little help please…

    FS: pertama, vaio tidak bisa dipartisi menggunakan aplikasi pihak ke 3 semacam Easus krn akan mengakibatkan windows error. Jadi kalau mau partisi silahkan dari system (shrink volume).

    Kedua, dari pengalaman saya, selalu ada opsi utk hanya format ulang C saja sehingga partisi lain tetap utuh. Coba kamu ikuti tutorial di blog ini dengan seksama. Namun jika tidak ada opsi tsb yaa mau tidak mau format ulang semua dan kembali ke default factory alais tinggal C saja dan semua partisi hilang. Resiko? Ya!!! Setelah itu baru deh bikin partisi baru dari system dengan shrink volume. Semoga membantu🙂

  18. Laptop Sony saya sudah satu kali di recovery, rencana akan saya recovery lagi.
    pertanyaan apakah recovery tidak membahayakan laptop?

    Makasih🙂

    FS: terlalu sering recovery pun dapat merusak hdd. 3 – 5 x saya pikir wajar lah

  19. klo sering format hard disk laptop bkin cpat hard disk kita rusak ya?saya pke vaio s13116fg, klo mslnya kita make trus slama 3 tahun ad beberapa kli di format drive c nya, ap hal itu ttp berpotensi merusak HDD? kok bisa ya HDD rusak cma gara2 recovery atau ngeformat?

    FS: iya kurang lebih kalo hdd sering diformat bisa menyebabkan hdd rusak. Trims…

  20. bro, g uda jalanin pake assist dari jam 8 malam sampe jam 9 pagi masih 47%, ini gimana yah? mohon pencerahannya. tx

    FS: berarti recovery system nya sudah error gan, coba gunakan cd recovery saja🙂

  21. saya udah saya recovery selasai, tapi masih ada masalah peringatan recovery error,,, bagaimana solusinya….

    FS: kemungkinan besar recovery sistem yang di hard disk nya sudah eror atau kena virus, alternatif gunakan cd recovery dari tipe yang sama.

  22. Saya sudah berhasil me-recover vaio milik kantor tempat saya bekerja. Terimakasih Om.😉

  23. Wah, terimakasih mas atas penjelasan dan screenshots-nya, sungguh banyak sekali membawa manfaat bagi saya. Soalnya mgkin tipe2 laptop lain pernah nyoba recovery dan menu menu pilihannya agak mudah, karena ada perbaikan mendadak recovery original windows 7 Home Premium 64 bit bawaan Sony Vaio salah satu konsumen pribadi, dimana partisi Recovery bawaan blum terhapus. Ckup mantap n lengkap pnjelasan Recovery Custom atau Advance-nya ! Bravo !!

  24. mas, mohon penjelasannya,,,
    laptop tmn sy sony vaio e series pake win 8. karna tmn sy tidak begitu familiar dgn win 8, maka ingin digantix dgn win 7. awalx terdapat 2 partisi, yaitu C sama D.
    waktu mo diinstal win 7, partisi C diformat dulu, stelah itu mo diinstal gk bisa, ada kata ‘GPT’.
    mohon bantuannya supaya bisa diinstal win 7, dan data di partisi D bs terselamatkan.
    thanx ,,,

    FS: halow gan,
    Win 8 itu diprotek dan aga sulit utk downgrade ke Win 7 (walaupun bisa). Untuk driver yang hilang sudah pasti dijamin 99% tidak bisa diselamatkan

  25. terus kalo untuk picture video document dan music itu termasuk data C atau bukan? ikut keformat atau gak kalo pake opsi 3? terima kasih🙂

    FS: picture video document dan music itu masuk ke C donk dan akan ikut terformat. Jadi pindahkan dulu picture video document dan music ke drive D, baru deh pilih opsi 3

    • yah, sedih.. masalahnya laptop saya udah terlanjur gak bisa nyala, jadi gak sempet mindahin data dulu ke D

  26. baru nemu pertanyaan yg sama nih…

    ane dah ikutin..tp hbs ok muncul tulisan “some program that rely on drive letters might not run correctly. do u want to continue?” ada pilihan yes-no

    gmn gan?

    FS: lanjut yes az gan, gk masalah

  27. mas, sya mau nanya? gimana caranya mengembalikan partisi D dan E sya yang sudah terlajur bergabung dengan partisi C?
    sya baru saja melakukan recovery pada VAIO sya dan akhirnya semua data penting sya hilang.😥
    mohon dengan sangat bantuannya mas,
    makasih

    FS: waktu partisi, agan gk baca tutorial ini ya? Resikonya, kalau semua partisi hilang saat recovery, maka partisi yang terhapus itu tidak bisa dikembalikan lagi alias semua data2 hilang. Tidak ada solusi untuk problem semacam ini. Trims..

  28. Maaf mas, mau nanya .. mas punya cd recovery untuk sony vaio model SVF142C1WW gak mas?? yang sudah windows 8. ada link untuk download atau harus ane order ke mas?
    makasih mas.

    FS: recovery itu hanya bisa di copy atau back up dari tipe yang sama (tidak bisa di donlod).
    Saya punya untuk recovery disc produk vaio garansi resmi. Silahakn tulis tipenya jangan model name nya.
    Info harga sudah saya email gan. Trims…

  29. mlm mas….saya pake vaio type VPCEG35EG Ram standard nya 2 GB,..mslhnya mas….dgn Ram 2 GB memory terpakai sampe 90 %. terus sy cb tambah Ram menjadi 4 GB, memory terpakai mjd 50 %. kira2 ad mslh apa dgn laptop sy mas, dan apa yg hrs sy lakukan, action I sy cb uninstall bbrp program berat, tapi tdk banyak membantu. mhn bantuan nya mas…..

  30. minta tolong ,, untuk recovery mas, walaupun saya punya partition C dan D ,, tapi koq gag ada opsi C drive only ya mas ,, cuma ada opsi factory condition ,, gimana tuh mas,, mohon bantuannya ?? vaio lovers ^_^

    FS: waktu muncul kotak pilihan VAIO Care yang tulisannya: Start VAIO Recovery – Tools – Computer – Exit. Nah pilih ke Tools dulu, baru ada pilahan lagi ke Start VAIO Recovery. Kalau sesuai dengan tutorial ini, pasti muncul tuh opsi drive D. Namun jika tidak muncul juga ada 2 kemungkinan:
    1. Kalau OS nya sudah diganti, maka laptop tidak bisa di Custom Recovery, artinya hanya akan ada satu pilhan untuk recovery C saja.
    2. Atau, jika laptop agan belum pernah ganti OS dan masih sesuai bawaan, maka laptop agan benar2 tidak ada drive lain selain C.

    • ya gan ,, saya pernah ganti OS mas,, giaman tuh caranya biar gag hilang datanya mas ??

      FS: kalau sudah ganti OS maka untuk recovery menggunakan cd recovery dari vaio tipe yang sama tidak akan bisa custom recovery. Jadi semua data akan terhapus (seperti clean install). Jiaka da data penting sebaiknya back up dulu gan. Namun jika laptopnya sudah tidak bisa masuk windows, maka alternatif terakhir adalah buka hard disk nya dan back up ke laptop lain dulu datanya🙂

      • jadi jika sudah pernah ganti OS, maka mau nggak mau kembali ke “factory condition” ya Gan…? Terus jika sudah dilakukan proses recovery dg kondisi tsb, maka hardisk hanya akan ada 1 drive aja ya alias 1 partisi. Pengalaman saya dulu pernah seperti itu tapi begitu drive C dipartisi menjadi D, E dst OS nya kok malah error ya, jd nggak mau masuk OS.
        Gimana gan solusinya?thanks

        FS: berarti recovery nya gak bener gan

  31. ya gan ,, saya pernah ganti OS mas,, giaman tuh caranya biar gag hilang datanya mas ??

    FS: kalau sudah ganti OS maka untuk recovery menggunakan cd recovery dari vaio tipe yang sama tidak akan bisa custom recovery. Jadi semua data akan terhapus (seperti clean install). Jiaka da data penting sebaiknya back up dulu gan. Namun jika laptopnya sudah tidak bisa masuk windows, maka alternatif terakhir adalah buka hard disk nya dan back up ke laptop lain dulu datanya🙂

  32. hadah ,, jadi ceritanya data penting kehapus tuh ,, kalo sudah ke recovery ,, nanti kalo recovery lagi ,, bisa muncul lagi gag mas drive D nya ??

    FSL ya kalau sudah terhapus tidak bisa balik lagi gan🙂

  33. hadah ,, jadi ceritanya data penting kehapus tuh ,, kalo sudah ke recovery ,, nanti kalo recovery lagi ,, bisa muncul lagi gag mas drive D nya ?

  34. gan ada yg punya cd recoverry sony vaio svf142c1ww? ada.?
    punya ku udah d instal ulang jd recovery hardiskx kehapus..
    aku mau kembalikan ke windows orinya tapi waktu itu blm paham jdx ga di bacup ke cd,,
    tlongin gan,,,,
    butuh banget ni..
    cd nya harga brapa gan?

    FS: tulis tipenya gan. Yang agan tulis itu model name nya. Tipenya aada di bawah slot batre. Harga cd recovery sudah saya email gan!

  35. aku sudah update windows 8 jadi 8.1, setelah aku mau recovery options recovery computer kok bisa ngak ada? soalnya semjejak pake windows 8.1 malah problem ngak mau di shotdown, lemot, kadang not responding, ngak bisa di matiin dll banyak lagi
    minta tolong solusinya gan

    FS: berarti file recovery nya terhapus sewaktu update. Untuk mengembalikannya harus menggunakan cd recovery tipe yang sama gan!

  36. aku sudah update windows 8 jadi 8.1, setelah aku mau recovery options recovery computer kok bisa ngak ada? soalnya semjejak pake windows 8.1 malah problem
    minta tolong solusinya gan

    FS: berarti file recovery nya terhapus sewaktu update. Untuk mengembalikannya harus menggunakan cd recovery tipe yang sama gan!

  37. Mas, saya punya kendala, saya beli laptop Sony Vaio SVE14122CVW second dari temen… Nah ketika saya terima tuh laptop langsung saya instal ulang dikarenakan yg punya laptop sebelumnya ngga ngeformat isinya… jadi file-filenya dia masih ada….

    Terus dengan pedenya saya hajar tuh semua isi hardisknya😀 karena ngga tahu klo vaio itu ada windows 8 original, system recovery dan driver2 nya tertanam di dalam laptop…. hadeuuuh….

    Saya instal ulang pake win 8.1 yg kms activated😀

    Tp pas mau instal driver, saya kebingungan😀 karena yg punya laptop sebelumnya, baru ngomong klo semuanya tertanam di dalam harddisk laptop….

    Gimana yah agar driver2 bisa terinstal seperti bawaan pabrik ?
    Apa dengan menggunakan CD Recovery ?

    Klo itu semua bisa teratasi dengan CD Recovery, untuk tipe SVE14122CVW harganya berapa mas ?

    Terus itu ngga masalah kan klo win 8 nya bukan bawaan pas beli laptop … maksudnya cd recovery ttp bisa digunakan kan ?

    FS: hi gan…
    Kalau gnti os memang kendalanya adalah di drivet yg susah dicari dan aplikasi bawaan vaio juga hilang. Solusi paling tepat adalah agan instal ulng melalui recovery. Karena recovery yg di system sdh terhapus akibat instal ulang windows bajakan, mau tidak mau harus menggunakan cd recovery.

    CD Recovery akan mengembalikan laptop ke kondisi semula seperti pertamakali beli (default factory settings).

    Walaupun sudah downgrade atau upgrade OS, dengan CD Recovery tetap akan mengembalikan ke kondisi awal. Dengan kata lain, CD Recovery berfungsi sebagai CD Installer Windows bawaan, driver2 bawaan, dan aplikasi bawaan vaio. Sistem akan kembali terinstal OS genuine bawaannya.

    Jika berminat saya sudah email harganya. Trims..

    • Thanks balesan dan penjelasannya gan,,,, Oke dari penjelasan agan diatas, pada intinya dengan menggunakan CD Recovery, maka laptop akan terinstal windows bawaan alias genuine dan juga driver maupun aplikasi bawaan vaio…

      Nanti pas booting cd recovery pilihannya mau ngga mau yg “factory condition” kan gan ? Nah ini pasti menghapus data di drive C dan juga data di driver yg lain spt D, E dsb (*selain drive C). Jadi nanti hasil recovery hanya akan ada drive C saja (default).

      Kemudian untuk membuat partisi baru (driver D) setelah direcovery tsb, kita harus booting ulang CD recovery lagi yah gan ? Tp dengan memilih Opsi 2 – format ulang untuk memperbesar ukuran drive C: dan langsung membuat partisi drive D

      Bener ngga gan proses recovery spt itu ?

      Jadi memerlukan 2 kali booting CD Recovery untuk menghasilkan laptop ke factory condition (*windows bawaan alias genuine dan juga driver maupun aplikasi bawaan vaio) dan juga agar laptop memiliki 2 partisi (drive C dan D).

      Klo begitu perlu backup data dulu nih…😀

      FS: back up dulu data agan k hdd external.

      Begini gan, proses recoverry cukup sekali saja yaitu utk mengembalikan laptop ke default (os genuine, driver dan pliasi bawaan vaio). Nah utk partisi baru, agan gak perlu recovery lagi. Tapi cukup masuk ke Disk Management. Silahkan baca tutorial cara partisi vaio windows 8 di blog ini ada kok dan sngat mudah. Trims..

  38. mas kenapa gak ada pilihan yang ke 3 ya? yang ada hanya 1 dan 2, pilihan yang hanya C saja itu lo,,, gemana ini solusinya

    FS: kalau ada partisinya, harusnya ada opsi ke 3 gan!

  39. Ping-balik: recovery sony vaio windows 8 | LinkTrik

  40. mas kalo saya mau memformat ulang saya pilih opsi ke 3 karena saya punya 2 partisi, tapi partisi tersebut memakai aplikasi tambahan seperti easus apalah lupa saya dan saya taruh di drive C. nah apabila saya memformat ulang drive C akan menghapus partisinya juga atau tidak dan semua data yang ada di drive D akan pindah k drive C atau sama2 terhapus karena aplikasi partisinya juga terformat? mohon pencerahannya mas. terima kasih mas

    FS: jika agan mengikuti tutorial ini dengan benar, maka partisi yg lain akan tetap utuh. Walaupun partisinya menggunakan easus atau partisi magic yang tersimpan di C, maka partisi itu akan tetap utuh dan hanya aplikasinya saja yang tersimpan di C akan terhapus. Kalau format ulang C saja, maka partisi lain tetap utuh, aplikasi partisi terformat gak maslah karena ada di C, namun partisinya tetap utuh. Intinya, partisi utuh, aplikasi partisinya di C nya terhapus.

  41. gan knp pas recovey pilihan cuma ada 2 yah yaitu pilihan ke 1 (factory) dan ke 3 (Custom) aj…pilihan untuk yg ke 2 untuk resize Drive C gak ada?????

    oy satu lg gan,,,pilihan untuk recovery di vaio care sy kok tidak ada hanya ada pilihan utk create recovery media saja??? sebelumnya pernah ada tp setelah sy shrink partisi jd tidak ada?? mohon bantuanya gan…trmksh.

    FS: untuk resize atau partisi bisa dilakukan setelah recovery yaitu melalui menu disk management (baca tutorialnya di blog ini juga).
    Recovery vaio agan dalam keadaan laptop mati. Kalau tidak ada menu nya juga terpaksa hars pakai cd recovery. Trims..

  42. bagai mana cara mengembalikan file recovery yang sudah di instal windows lain. mohon sulusinya gan

    FS: dengan cd recovery dari tipe yang sama. Bila butuh cd recovery silahkan order di saya. Thx..

  43. gan… klo windows bawaan dr vaio d protect artinya kita тι∂αk bsa upgrade windows/OS nya dong??
    klo d upgrade kan driver2ny jga ilang….

    FS: kalau windows nya tidak diprotek gan, artinya kalau mau diganti (dongrade/upgrade) bisa2 saja namun dampaknya adalah driver dan aplikasi bawaan vaio nya akan hilang

  44. Laptop saya serinya : SVS13136PGR. Pada option “select recovery type” kok yang muncul cuma 1 opsi yaitu “factory condition”. Sedangkan yang lain tidak muncul. Bagaimana ya mohon solusinya.

  45. gan mau tanya saya punya sony vaio tipe sve14122cvb, sony vaio saya lemot bgt windows pertama waktu beli win 8 dan saya mau update ke 8.1 .misalnya saya mau format yang C nya saja apa drivernya hilang apa ga atau pke cra recovery tanpa menghilangkan driver bawaan sony di laptop saya? mohon kasih solusinya gan .thanks

  46. saya mau instal ulang laptop saya(vaio e series) melalui tombol assist, pertanyaannya apakah bisa karna laptop sya sdah ganti hdd baru! thx

    FS: kalau sdh ganti hdd, maka tombol assitnya tdk akan berfunngsi gan, kamu harus unakan cd recovery dari tipe yang sama untuk mengembalikannya…

  47. Terimakasi untuk penjelasan yang sangat jelas dan bermanfaat ini. Saya tadi nya bingung antara mau recovery/reset .. Thanks.

  48. selamat pagi
    all
    mau tanya kenapa pas saya tekan f10 kok keluarnya suruh tekan ctr+alt+del
    boot is missing gtu

  49. Gan, ane minta daftar harga CD recovery SVE14AA11W (E series) dong, aplikasi bawaan Vaio ilang semua😦

    FS: ane udah japri ke email gan

  50. Gan, laptop saya otomatis ke upgrade ke windows X, pas didowngrade malah tetep muncul tampil windows X. Nah pas mau dicoba lagi, pilihannya udah ga ada. Kira2 bisa ga ya direcovery biar jadi windows 7 lagi? Laptop saya VPCSB26FG, jadi kurang nyaman aja kalo harus pake X yang menurut saya lebih cocok buat laptop touchscreen.

Tinggalkan Balasan

