5 Fitur Unggulan Windows 8


Oleh: Yudhianto – detikinet
Dikutip dari detikINET
Selasa, 30 Oktober 2012 – 09:28 WIB

LaptopCentro, detikINET, Jakarta – Sistem operasi (OS) terbaru Microsoft Windows 8 baru saja dirilis di Indonesia. Pasti banyak pengguna komputer yang penasaran, apa saja kelebihan OS terbaru ini dibandingkan Windows versi lawas? Terlebih, Windows 8 menyajikan pengalaman yang benar-benar baru dengan user interface-nya yang bergaya kotak-kotak.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Windows 8 yang tidak akan ditemukan pada Windows versi terdahulu:

1. User Interface

Sebenarnya Microsoft tak lagi menggunakan nama ‘Metro’ untuk tampilan antar muka bergaya kotak-kotak di Windows 8, lantaran tersandung kasus paten. Belakangan tampilan ini disebut sebagai modern UI style. Pun demikian, seperti kata pepatah ‘apalah arti sebuah nama’, Windows 8 tetap menarik dan bikin orang penasaran untuk menjajalnya. Para pengguna Windows 7 ke bawah pasti sudah terbiasa dengan tombol start beserta tombol menunya untuk membuka aplikasi yang diinginkan. Namun jangan harap Anda menemukan tombol start pada Windows 8, karena Microsoft menghilangkan menu tersebut dan menggantinya dengan menu home yang memaparkan sejumlah aplikasi pilihan. Tampilan modern UI style yang berdesain kotak-kotak ini memang mendongkrak penampilan Windows 8 menjadi terlihat modern.

2. Picture Password

Biasa menggunakan password super rumit untuk mencegah pengguna lain melakukan login ke dalam komputer Anda? Di Windows 8, menggunakan password bukanlah satu-satunya cara untuk melindungi komputer Anda. Sebab Windows 8 menawarkan metode terbaru untuk login ke dalam komputer. Diberi sebutan picture password karena pengguna dapat menggunakan koleksi gambar pribadinya sebagai password dengan ditambahkan beberapa sentuhan di bagian gambar tersebut, maka gambar dan gesture yang diberikan akan membawa Anda login ke dalam komputer.

Lihat video:


3. People’s Address Book


Masih ingat fitur address Book Windows? Sayangnya tidak semua pengguna menggunakan fitur ini dan kebanyakan pun lebih memilih menggunakan address book pada perangkat di genggamannya. Dalam Windows 8 telah tersedia fitur seperti Address Book, Microsoft memberi sebutan People’s. Hebatnya, pengguna tidak perlu memasukan satu per satu kontak yang diinginkan pada People’s. Pengguna hanya perlu menghubungkan People’s pada akun jejaring sosial miliknya, maka secara otomatis seluruh teman dalam akun jejaring sosial pengguna akan masuk dalam list People’s.

4. Layanan Cloud Skydrive

Kebanyakan pengguna Windows biasanya pasti meletakan file pribadinya dalam komputer yang digunakannya, sayangnya file tersebut tidak dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita mau. Salah satu fitur menarik yang ada dalam Windows 8 adalah Skydrive. Ini merupakan aplikasi yang terhubung dengan layanan cloud milik Microsoft. Menariknya aplikasi Skydrive sudah terintegrasi pada kebanyakan aplikasi Windows 8. Keuntungannya, selain menu save as, pengguna juga akan menemukan menu skydrive di menu. Untuk dapat mengakses Skydrive, pengguna hanya perlu memiliki akun layanan milik Microsoft, seperti hotmail ataupun Live.

5. Windows Store

Masih terdengar asing di telinga pengguna Windows memang. Windows Store adalah layanan online terbaru milik Microsoft. Layanan ini pastinya hanya dapat diaskses melalui komputer yang mengunakan Windows 8, baik melalui komputer atau notebook, tablet, maupun smartphone. Seperti halnya Apple Store ataupun Google Play, dalam Windows Store berisi aplikasi menarik seperti games dan lain-lain. Bahkan di dalam Windows store telah berisi 50 aplikasi lokal besutan developer dalam negeri. Aplikasi dalam Windows Store dapat didownload secara gratis ataupun berbayar.

Sumber: detikINET

11 comments on “5 Fitur Unggulan Windows 8

  1. mas, jual kaset upgrade windows 7 ke windows 8? yang lagi promo itu $14.49

    FS: klo windows ugrade oer tidak dijual gan, tp harus register sendiri menggunakan credit card ke website microsotnya🙂

  2. mas mo nanya, download di windows store statusnya downloading tp koq gak gerak2 y??
    sama pas mo download google chrome knp statusnya waiting trus tp g bisa di download y?? yang bermasalah apanya y?? koneksi lancer,,

    FS: apakah kamu sudah menggunakan akun microsoft sebagau User Account laptop kamu?

    • satu lagi mas, saya pake modem smart padahal dah connect tp pas buka weather, finance, news dan aplikasi lainnya koq ada keterangan offline y, padahal kalo saya browsing pake IE bisa,, knp y??

      FS: apakah kamu sudah menggunakan akun microsoft sebagau User Account laptop kamu?

      • sudah mas, tp pas instal kadang2 gerak tp mentok cuman ampe 11% hbis itu g jalan lg,,,
        sama kalo buka aplikasi sport,news, dll katanya blum terhubung k internet tp kalo di pake buat browsing melalui IE ato chrome bisa,, knp y??

        FS: iya gan, yang terjadi dengan laptop saya pun demikian. Updates program dari windows store kadang diam dan kadang jalan. Biasanya yang size nya besar pending alias tidak jalan sama sekali. Yaaa kita tunggu saja deh nantinya mungkin ada perbaikan atau update dari microsoft..

  3. mas/mba mo tnya, kan vpcca35fg ane baru diinstal ulang..
    Wktu ngebuka ms.office 2010 kok ga bisa ya?
    Ada 3 pilihan wktu ngebuka..
    1.masukin licence key
    2.beli yg full
    3.gunakan ms.office starter(word&excell only)
    ane klik yg nomer 3 knp gagal terus wktu menginstal ya mas?
    Misal ada licence key,letaknya dimana mas?aq udh cari2 di prog.file g nemu2
    Tolongg bgt mas,coz ms office sangat2 ptng bwt aq..

    FS: halow gan..
    Ms Office bawaann laptop adalah trial version 1 bulan. Sebaiknya bawaannya dihapus dan ganti dengan instalasi baru yang full version

  4. gan klo beli di toko agan aksesoris ini berapa harganya? plus ongkir ke lampung..
    1)KeyBoard skin Black VGP-KBL6/B
    2)optical mouse black VGP-UMS30/B

    ane pngguna c series..
    makasiih

    FS: hai rian,
    asesoris yang masih tersedia saat ini hanya untuk mouse VGP-UMS30S (Silver) dengan harga 600 rb

  5. mau tanya dari awal beli vaio saya udah include win 8 tapi kok belum aktif ya.
    udah coba akifin gagal terus. katanya suruh liat lisensi key di box windows tapi waktu saya beli gak ada box cd apapun😦
    akhirnya cuma aktifasi windows 8 pro with media center
    tapi di system properti bawahnya windows not activated😦 solusinya gimana ya

    FS: hai. sebelumnya, OS laptop kamu tidak diganti kan alias asli bawaannya?
    aktivasi windows 8 hanya cukup konek internet sudah otomatis aktif. Tidak perlu pakai license code atau pakai media center.

    • Saya sempet delete sih terus revocery ulang lagi pake vaio, tapi gak bisa aktifasi via internet, gagal terus.

      FS: apa yg di delete gan??? Mksdnya ganti OS ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s