Tips dan Trik Menggunakan VAIO Windows 8


Oleh: FS
Sabtu, 16 Februari 2013 – 19.32 WIB

headerLaptopCentro – Sebagai sistem operasi yang baru, wajar jika Windows 8 membuat penggunanya menjadi tidak nyaman. Yang paling radikal adalah hilangnya kebiasaan lama memulai aktivitas komputer melalui tombol Start, kini tidak ada lagi dan berganti wajah melalui Start Screen. Awalnya bingung dan sedikit bete. Bagaimana tidak bete, mau masuk ke sistem BIOS saja tidak tahu. Namun jika kita tahu tips dan trik menggunakan VAIO Windows 8, ternyata cukup asyik juga loh! Nah berikut beberapa tips dan trik menggunakan VAIO Windows 8 biar terasa lebih asoy geboy🙂

 

1. Masuk BIOS

Banyak pertanyaan tentang bagaimana caranya masuk BIOS di VAIO Windows 8. Kalau di Windows 7 cukup nyalakan laptop lalu tekan tombol F2, maka di Windows 8 kita diharuskan tekan tombol ASSIST dulu baru deh pilih F2 (Assist + F2).

– Tekan tombol ASSIST dalam keadaan laptop mati → F2

BIOS

2. Recovery

Seperti masuk BIOS, recovery VAIO Windows 8 harus tekan tombol ASSIST dulu lalu tekan tombol F10 (Assist + F10).

– Tekan tombol ASSIST dalam keadaan laptop mati → F10

Recovery

3. Menggunakan Touchpad

Touchpad yang ada pada laptop VAIO Windows 8 sudah menggunakan fitur Multi Gesture. Artinya dengan Touchpad Multi Gesture ini diharapkan dapat mengganti peran mouse. Dengan hadirnya Windows 8, fungsi Multi Gesture pada touchpad VAIO semakin beragam. Bisa untuk membuka Charm, membuka Recent Apps, dll. Silahkan pelajari sendiri melalui VAIO Anda.

– Buka VAIO Control Center →  Mouse and Keyboard → Watch Movies How to Use the Touchpad

Touchpad

4. Mengaktifkan Battery Care Function

Semua tipe VAIO Windows 8 sekarang sudah ditambahkan fitur Battery Care Function yang berfungsi untuk menghemat daya batre dan menambah panjang usia batre. Dengan mengaktifkan fitur ini, laptop kita hanya full charge di 80% dan tidak akan nge-charge lagi walaupun adaptor charge masih tersambung ke laptop.

– Buka VAIO Control Center → Power and Battery → Battery → Turn on/off the Battery Care Function

Battery

4. Shortcut Windows 8

Berikut adalah beberapa shortcut Windows 8 yang bisa kita akses dari keyboard: (Windows = logo windows pada keyboard)

Shortcut

Windows : Beralih dari mode Start Screen Windows 8 atau mode Desktop
Windows + Q  : Menu Pencarian APPS
Windows + W : Menu Pencarian SETTINGS
Windows + C : Membuka Charm dan time/date/notification/battery overlay
Windows + H : Membuka Charm Share
Windows + I : Membuka Charm Settings
Windows + D : Akses cepat menuju Desktop
Windows + E : Menampilkan Windows Explorer atau My Computer dengan cepat
Windows + R : Menampilkan RUN
Windows + L : Mengunci Windows
Windows + Tab : Melihat daftar aplikasi yang tengah bekerja atau berjalan
Windows + Print Screen : Mengambil Screenshot tampilan layar dan menyimpannya di folder “Screenshots” pada folder Pictures
Windows + M : Berguna untuk meminimize semua window yang tengah terbuka
Windows + F : Menampilan pencarian folder dan file.
Windows + , (koma) : Windows yang tengah terbuka menjadi transparan
Windows + . (titik) : Membuat windows snap ke kiri atau kanan
Windows + R : Menampilkan perintah Run
Windows + X : Memunculkan menu Quick Access (Command Prompt, Disk Management, dll)
Windows + Space : Merubah input bahasa dan keyboard layout
Windows + Tab : Menampilkan thumbnail aplikasi yang sedang terbuka
Windows + → : Memindahkan windows yang tengah terbuka ke sisi kanan
Windows + ← : Memindahkan windows yang tengah terbuka ke sisi kiri
Windows + ↓ : Minimise windows yang tengah terbuka
Windows + ↑ : Maximise windows yang tengah terbuka
Windows + Pause : Memunculkan System Information

By LaptopCentro Posted in Tak Berkategori

94 comments on “Tips dan Trik Menggunakan VAIO Windows 8

  1. mau tanya gan saya pake vaio E14P dgn windows 8, stiap mau download aplikasi di windows store ataupun update aplikasi yg sudah terinstall sebelumnya selalu tidak bisa, kadang2 hanya jalan berapa % habis itu mentok gak jalan lagi, ada tips dan trik nya juga g?? atau harus di bawa ke sony center??

    FS: apakah kamu sudah menggunakan akun microsoft? Kalau sudah dan tetap tidak bisa berarti koneksi internet punya kamu lambat.. Hal spt ini sih tidak perlu bawa ke service center

  2. gan saya menggunakan laptop sve 14132 cv
    gmna cara nginstal micrsoft officex,ap hruz bli dlu

    FS: officenya harus beli dulu🙂

    • meski itu office 2007?
      d sini ad?

      FS: vaio windows 8 tidak disertakan dengan office bawaan yg sudah terinstal meskipun itu trial. Pengguna diharuskan download dulu. Namun karena repot, agan bisa instal sendiri office nya. Trims..

      • gmna gan caranya gan?

        FS: yaaa beli cd installer office nya dulu donk🙂

    • 🙂
      oh y gan kn d suruh ngisi product key y tp dmna y?

      FS: karena trial 1 bulan, jadi product key nya tidak usah di isi.

      • Klo produck keynya ga d isi,emg bisa instal officenya gan?
        Saya jg pusing ini,mau instal office d sony vaio

        FS: semua office bawaan laptop sifatmya trial gan, Harus dibuang dan instal yg agan punya

  3. mas, say apunya sony vaio sve14a25cvb setelah saya recovery karena disknya cuman satu saya menggunakan software partition magic, tiba2 laptop hank dan restart. setelah saya nyalakan laptop tidak dapat masuk menu windows dan recovery . ada tulisan error missing windows.efi, mohon pencerahannya

    FS: hai gan,
    next time Kalau mau partisi vaio menggunsksn disk management dari system saja, jangan menggunakan aplikasi lain karena kana berakibat seperti agan.
    Solusinya harus recovery ulang. Coba lihat turorial di blog ini tentang cara recovery windows 8. Trims..

  4. Wah mantap banget neh ada tutorial cara penggunaan laptop sony vaio, kebetulan aku baru beli laptop Sony Vaio SVE11135CV, nah untuk sony vaio yang sekrang kan sudah ada fitur Battery Care Function, kira2 bagusan mana yang digunakan agar baterai tetap awet apakah pilih yang 50% atau 80%, karena saya selalu menggunakan laptop dirumah yang selalu terhubung dengan listrik. Satu lagi yang mau aku tanyakan, kalau kita menggunakan sony vaio dalam kondisi lama lebih bagus ketika full baterai nya charger langsung dicabut atau dibiarkan saja tersambung terus? Takut nya sering cabut pasang charge akan merusak baterai neh! terima kasih tanggapannya!

    FS: maaf baru sempat balas…
    untuk battery care saran saya gunakan yang 80% saja karena cukup terisi jika ingin digunakan tanpa adaptor. Mengkatifkan battery care di 80% akan memutus arus charger meskipun charger selalu tersambung ke laptop. Inilah fungsi battery care. Jadi meskipun laptop kamu terus menerus terhubung ke charger, itu tidak apa-apa dan tidak merusak batre> Trims…

    • Wah makasih banget tanggapannya neh, ternyata gitu ya fungsi battery care, wah mantep banget ya dan kayaknya fungsi ini yang gak ada di laptop lain, jadi gak ragu lagi neh makai laptop vaio!

    • tapi gan yg punya saya udah mengaktifkan battery care 80%. tapi kok tetep full ny 100%, knpa ya ?

      FS: yakin udah diaktifkan battery care faunctionnya? Coba liat di Vaio Conreol Center

  5. mas,saya punya soni vaio SVE11125CVB,ada keluar perintah untuk mengupdate windowsnya,tapi pas saya update ko’ downloadnya setengah aja bisanya gk bisa sampai selesai mas…ada solusuinya mas biar bisa terupdate ????

    FS: coba pakai koneksi internet yg stabil gan🙂

  6. mas saya baru beli SONY Vaio SVE11135CV – White tapi kok terasa lambat sekali ya , jangankan multitasking browsing pake mozilla aja udah lemot banget. padahal belum install program apapun selain mozilla. apa ada yang salah ? atau memang tipe ini lemot sekali? saya sampe kepikirAN UNTUK DOWNGRADE KE WIN 7

    FS: halow…
    Vaio E11 termasuk kategori netbook dengan spek standar yang memang bakal terasa lemot ketika dipakai. Saran saya, jangan instal aplikasi berat. Kalau untuk sekedar internetan saya rasa normal saja.

  7. bisa tidak vaio ini di downgrade ke win 7???saya coba coba di tolak terus booting cd nya

    FS: win 8 itu di protek dan agak sulit downgrade ke 7. Tapi sebenernya bisa sih kamu googling az caranya ada kok yang bisa🙂

  8. Selamat Siang Agan yang baik hati dan tidak sombon😀 , klo misalkan saya dah masuk menu vaio rescue dengan cara menekan tombol ASISST. terus saya pilih menu recover atau (F10). terus muncul Black Screen dengan tulisan “Operating System Is Not Found” itu masalah kenapa gan ??? mohon pencerahannya, terimakasih…

    FS: halow juuga agan yang baik hati dan tidak sombong…
    Jika bisa masuk ke menu VAIO CARE namun ketika memilihi opsi Recovery (F10) ternyata eror (black screen atau blue screen) dengana notifikasi “Operating System Is Not Found”, maka dapat dipastikan system recovery vaio agan eror juga dan hanya bisa menggunakan recovery disk dari tipe yang sama. Silahakn order ke saya untuk recovery disk nya

  9. saya punya notebook soni vaio sve11135cv, trus di downgrade ke windows 7, nah skrang sy pusing nih cari driver yang cocok sm windows 7 mohon pencerahannya gan dmn sy bisa download? thanks.

    FS: itulah kendala kalau ganti OS, mencari driver yg cocok agak sulit. Sudah googling dimanapun tetep sulit dpt yg cocok.

  10. Halo admin! Windows 8 telah memiliki update windows 8.1, apakah Sony Vaio windows 8 bisa di update ke 8.1? Trus kalau di update bagaimana dengan lisensinya? Apakah setelah update windows 8 bawaan yang ada di drive recovery terhapus? Kalau berhasil update ke win 8.1 dan suatu saat mengalami error dan kita recovery kembali ke win 8 apakah lisensinya masih berfungsi? terima kasih, maaf banyak nanya, soalnya pengen nyoba win 8.1 yang memiliki kebebasan untuk kustomisasi tampilan yang tidak ada di win 8 namun masih takut! Saya menggunakan SONY VAIO SVE11 135 CVW

    FS: halow juga mimin.
    Windows 8.1 baru saja release. Dan kami pun belum mencicipinya. Kalau dari pengalaman downgrade dan upgrade, file recovery system yang ada di hdd akan ikut terhapus. Karena ini sifatnya update, saya rasa licensi windowsnya masih sama dan akan tetap genuine.

    Seperti yang saya kutip dari detikINET, para pengguna Windows 8 bisa melakukan update ke Windows 8.1 secara gratis melalui pilihan windows update yang ada tanpa harus membelinya. Namun harus dipastikan terdapat ruang kosong minimal 3,5 GB pada hardisk penggunanya, karena update ini membutuhkan kapasitas besarsaat di-download sebelum akhirnya secara otomatis menginstal sendiri. Yang jadi pertanyaan, sanggupkah koneksi internet agan mendownload file sebesar 3.5 GB tsb????

    Untuk lebih jelasnya silahkan baca dari detikINET tentang cara upgrade ke windows 8.1. Kebetulan artikel itu berguna dan saya berencana untuk mem-posting-nya di blog ini besok hari.

    Nah jika mimin gagal update, saran saya sebaiknya back up dulu recovery system ke dvd buat jaga-jaga.

    Trims atas kunjungannya min…

  11. Terimakasih atas tanggapannya, saya sedang mencoba download updatenya sebesar 3,6GB! Dan setelah baca-baca ternyata update Sony Vaio tidak seperti Laptop lain yang langsung bisa update, harus download satu file update sebelum menginstall update win 8.1 (lihat espupport.sony.com), cuma masih ragu aja updatenya soalnya belum buat cadangan recovery takut knp2! Nantilah klo admin laptopcentro udah coba dan berhasil mungkin bisa diinfokan biar lebih yakin aja updatenya! thanks ya tanggapannya!

    FS: setelah mencoba sendiri, ternyata benar ada beberapa update patch yang harus di download dulu melalui Windows Update. Setelah itu baru muncul “Update to Windwos 8.1”. Namun sayang karena koneksi internet yang tidak memadai dan ukuran file yang sangat besar, sepertinya saya tidak bisa mencicipi windows 8.1 hasil upgrade. Buat agan2 yang lain silahkan berjuang untuk mengunduhnya🙂

    • Akhirnya bisa juga update ke windows 8.1 untuk update tidak semua file sebesar 3.6 GB yang akan didownload. Setelah mencoba ternyata hanya sekitar 50% saja yang di download saja. Untuk tampilan sepertinya sedikit perubahan, performa sedikit membaik namun mungkin karena ini masih baru digunakan belum banyak file junk yang tersimpan jadi performanya masih bagus. Cuma yang mengherankan sebelum update ke win 8.1 partisi C ku tinggal 82 GB namun setelah update sudah menjadi 90 an GB, apakah itu menandakan partisi recovery nya terhapus? untk semua data dan aplikasi tetap normal seperti semula tidak ada data yang terhapus baik itu di partisi C hanya ukuran partisi yang berbeda padahal ada tambahan folder windows old yang kapasitasnya beberapa GB. Semoga gak terhapus partisi recoverynya. Kalapun terhapus untungnya udah dibackup! Untuk fungsi standar vaio semuanya lancar bahkan yang ditulis di website sony bahwa fungsi fn+f5/f6 tidak berfungsi ternyata masih berfungsi! (Sekedar share untuk yang mau update ke widows 8-1)

      FS: wuiihhhh,,, mantabs gan! Ane kirim cendol gan🙂
      Share yang bermanfaat, nanti bisa jadi referensi untuk yang mau update windows 8.1.
      Kalau berkenan sekalian turoialnya gan biar bisa saya share di blog ini. Tq…

  12. kalo yang upgrade windows 7 ke windows 8.1 bisa gk?mohon ifonya cz pernh baca di detik katanya bisa asalkn windows 7nya genuine part….

    FS: bisa juga, silahkan lihat postingan tentang windows 8.1 di blog ini. Yg pasti untuk windows 7 upgrade ke windows 8.1 tidak gratis alias berbayar. Trims..

  13. gan vaio saya kalo dimasukin flasdish isi flasnya jadi ke sortcut semua itu gmana gan? harus di restore ya? restorenya dimana sih?

    FS: itu berarti flashdisk agan kena virus🙂

  14. gan, stelah aku update win 8.1 malah nulti gesture touchpadnya gak jadi. gimana aktifinnya?

    FS: saya belum pernah coba update ke 8.1. Namun kalau baca di forum dari pengguna vaio yg pernah update ke 8.1, semua driver berjalan normal.
    Kalau ada problem seperti vaio agan, mungkin ini jadi kasus baru. Sorry saya tidak punya referensi jawaban, tapi coba agan googling di forum2 deh. Trims,,,

  15. Assalamu’alaikum jangan? hehehe…
    Vaio ade ane tipe SVE11135CV. oleh sebab virus dan lemot akhirnya dengan segala cara ane downgrade jadi win7 ultimate. kira kira ada ga driver supportnya gan teng?… bagi dooong… Terus kalo order CD Recovery tipe sony tersebut diatas bisa ga gan beserta OS bawaannya?
    Terimakasih selalu…

    FS: kalau sudah ganti OS maka trouble yg muncul adalah susahnya mencari driver yg cocok. Susah deh !
    COba cari di esupport.com atau di google tapi ada az yang gak support. Saran saya gunakan saja OS bawaan aslinya.
    Agan bisa format ulang atau recovery balik ke OS semual dengan cd recovery. Saya punya cd recovery-nya.
    Kalau butuh silahkan order dari saya. Harga sudah saya email🙂

  16. mas, sya punya vaio ultrabook windows 8 neh, trus pada saat di charger tu batery cm 74% duank… Trus klo cabelnya sya lepas maka mati juga tu laptop…
    Nah pertanyaan sya mas, gimna setting batery biar g pake kabel tuh laptop tetap nyala ya?

    FS: Sebenarnya, batre agan bisa ngechas namun hanya sampai 74% itu tidak masalah karena fitur batre care function-nya sedang aktif. Artinya, batre msh bisa ngechas (batre tidak rusak). Setingan battery care function bisa dibuka di Vaio Control Center.

    Namun jika charger dilepas ternyata batre tidak hidup itu artinya ada yg rusak pada hardware laptop. Saran saya, buru2 klaim garansi.

    Pertanyaan saya, itu laptop beli baru atau 2nd. Kalau beli baru silahkan langsung balik ke toko tempat agan beli karena saya merasa ada yg rusak pada hardware.

  17. saya pakai vaio Fit 15A yang paling baru … saya waktu itu buat tugas sekolah tapi guru keburu datang ,,, saya salah pencet tadinya mau shutdown malah restart langsung saya tutup laptop nya .. ketika mau dipakai lagi laptop ga bisa nyala .. udah di cas tapi tetap aja ga bisa lampu tanda nge cas pun ga nyala lagi … kenapa yaa ???

    FS: yang pasti, OS nya eror. Untuk mengembalikannya silahkan recovery. Lihat tutorial recovery Vaio Windows 8 di blog ini..

  18. gan cara mengembalikan multi-genture touchpad yang terhapus… tolong bantuanya mas….

    FS: driver multi-genture touchpad nya terhapus. Coba buka vaio care > advanced tools > restore and recovery > reinstall aplications and drivers > pilih driver yang akan di instal ulang (dalam hal ini multi-genture touchpad)

  19. Bagaimana cara mengirim sebuah file dengan menggunakan bluetooth ke tablet? Saya pengguna sony vaio E14132 CVW

    FS: pengalaman saya, untuk setting bluetooth dari windows 8 agak susah. Coba googling lagi ya gan. Atau yang simple gunakan kabel data saja🙂

  20. selamat malam mas,saya mau tanya nih
    saya baru saja membeli laptop sony vaio svf14212SGB,,,nah pas di install sama ponakan saya ternyata semua tampilan awal dan aplikasi bawaan dari sony nya ilang mas,soalnya di ganti jadi windows 7,,,saya kecewa mas
    saya ingin mengubah tampilan laptop saya menjadi tampilan awal pada saat saya beli,,dan saya ingin menginstall officce nya,,,gimana caranya ya mas???
    apa setelah di ubah jadi windows 7 masih bisa di ubah lagi jadi windows 8??apa semua bawaan dan aplikasi yg ada saat sebelum di install akan hilang ya mas???mohon penjelasanya mas..terima kasih

    FS: Maaf baru sempat balas. Laptop kamu bisa dikembalikan lagi seperti semula hanya dengan mnggunakan cd recovery dari tipe yang sama. Jika butuh cd recovery nya bisa order dari saya. Atau kalai mau simple silahkan datang ke toko saya biar nanti saya yang recovery-in dan instal office nya🙂

    • emang agan dimana saya juga sama aplikasi bawaanya ilang semua

      FS: saya di jakarta. Atau kalau mau bisa order cd recovery nya dan kirim via JNE

  21. gan, cara ganti home screen di start memakai gambar yg saya inginkan kok ga baa gan ya

    FS: kalau itu tergantung software yang agan gunakan,,,

  22. assallmualaikum gan mohon pencerahan ilmunya ni , saya kn sedang mencoba merecovery cd (3 cd) trus aku runing cd yg ke 1 (complete) nah trus pd runing cd 2 tidak berjalan dgn baik ..itu saya lakukan dengan berulang ulng kali ,sampai2x saya burning ulang dari original vaio cerovery,, pertannyaanya knp ya di cd 1 lancar saja ,, trus di cd yng selanjutnya tidak berjaln dengan baik installannya…? wssllm

    FS: wassalam… coba gunakan dvd rom external🙂

  23. Gan kalo menampilkan bluetooth di netbook vaio win 8 gimana soalnya yg di wirles pc seting ilang gan … Tolong bantuanya yahh

    FS: coba saja search “Bluetooth” dari menu kotak-kotak windows 8

  24. Bpk! saya mau tanya laptop saya Sony Vaio yang 11″, lampu yang diatas sebelah
    ujung kanan (yaitu no 1 krn ada 3) kok hidup terus dan keypadnya ada beberapa huruf yang tidak berfungsi, belinya bln Sep 2013, bagaimana ini solusinya krn saya pakai laptop tsb u online. terima kasih atas bantuannya

    FS: berarti masih garansi ya mba. Silahkan bawa saja ke service center terdekat

  25. misi gan, saya mau tanya saya punya vaio svf14212sgw kenapa baterai saya kalau ngechargernya cuman 80%?

    FS: itu fitur battery care function nya sedang berfungsi. Agan bisa atur di menu Vaio Control Center (icon laptop dan gerigi di task bar). Klik tan Power and Battery > Cari tulisan Battery Care Function > Details > Pilih on atau off

  26. salam. saya baru beli vaio svf14212 didalamnya sudah terinstal ms office 2013 tapi masih trial,, apakh itu berarti satu paket sama laptop nya (mksd,, sama seperti win8& bisa diaktivasi langsung) ? dimana mendapatkan produck key nya? atau apakah tetep harus beli dulu ms office nya?

    FS: halow baim. Untuk software office semuanya trial dan harus beli terpisah dengan windows. Baim bisa buang yang bawaan trialnya dan instal sendiri jika punya cd nya. Trims,..

  27. pak mau tanya , kenapa notebook saya kok gak bisa di recovery..
    padahal udah saya tekan “assist” tp tetap saja gak bisa malah muncul ke windowsnya….

    trus saya coba anti virus tredmicro mau saya unisntal tp gak bisa …tlong kasih petunjukny ,,,trims

    FS: kalau sudah ganti OS maka tidak bisa di recovery dari system harus menggunakan cd recovery dari tipe yang sama. Namun kalau belum pernah ganti OS kemungkinan besar file recovery system nya kena virus ataupun corrupt. Saran saya, kamu segera recovery untuk mengembalikan ke kondisi semula supaya semua aplikasi kembai berjalan normal…

    • oh ya notebook sya tipe SVE11125CVB

      FS: kalau sudah ganti OS maka tidak bisa di recovery dari system harus menggunakan cd recovery dari tipe yang sama. Namun kalau belum pernah ganti OS kemungkinan besar file recovery system nya kena virus ataupun corrupt. Saran saya, kamu segera recovery untuk mengembalikan ke kondisi semula supaya semua aplikasi kembai berjalan normal…

  28. min ..
    ini kenapa vga ati radeon saya tidak terdeteksi (sony vaio sve14a37cvh)
    dan yang ke detect hanya vga dari intel saja ..
    saya coba lihat di CPU-Z juga tidak terdeteksi ..
    seharusnya dual VGA kan bisa terdeteksi kedua-duanya

    FS: iya gan.. itu pertanyaan klasik yang banyak ditanyakan pengguna laptop yang vga nya hybrid. Sampai sekarang kami juga belum dapet caranya untuk merubah default dari intel ke amd🙂

    • Oooo ..
      Terima kasih min ..
      Tapi itu yg kebaca yg intelnya aja?
      Amd nya nganggur?

      FS: setahu saya, yang terbaca sebagai defaultnya memang intel. Nah ketika memakai aplikasi berat dan vga intelnya terasa sudah mentok, barulah disupport oleh vga amd nya🙂

  29. Gan saya mau tanya dong, saya baru aja upgrade os vaio saya menjadi 8.1 kl gasalah, tp malah jd gabisa hidup. Udh dibuka batre jg, solusinya gmn ya?

    FS: waduh!!! Di update malah jadi mati? Coba recovery dari tombol assist

  30. Bro,klo bluetooth di laptop VAIO tiba2 gak bisa dihidupkan gmn?
    trims sblmnya…

    FS: kemungkinan drivernya terhapus. Coba reinstal drivernya. Buka vaio care > advance tools
    > recovery > reinstall program and driver

  31. saya punya sony seri e bawaan win 8 pertanyaan saya kok kalo dia sudah shutdown dan besoknya saya hidupkan atau beberapa jam setelah itu saya idupkan lagi batree saya berkurang ya??apa saya salah otak atik ? toloonngg

    FS: kalau masalah batre seperti ïtu sih normal gan. Kalau berkurangnya drastis baru wajib dipertanyakan. Lebih bijak lahi supaya batrenya awet aktifkan fitur batr care function dari menu Vaio Control Center > Power Management > Battery

    • sudah gan fitur btre care functionya udah aktif dari dulu..saya sudah 1 tahun lebih pakai win 8 dan ini bawaan nya gan..dan kejadian ini baru terjadi denag notebook saya gan..dan saya bingung harus apa..saya sudah coba kalibrasi batrenya juga gan tapi tetap sama juga..huaaa saya bingungg gan asli dah hahahaha plisss kasih pencerahan ini karena windows ato apa y

      thxx gan

      FS: coba bawa az ke service center deh🙂

  32. gan ,, mw tanya kalo windows 8 bawaan sony vaio svf14212sgw itu trial apa ga yahh ?? ( single language 64 bit )

    FS: semua vaio sudah diinstal windows genuine gan.

    • gan.. notebook ane sony vaio svf14212sgw kmren kena virus shortcut, terus ane recovery ulang.. udah beres, ane mau pasang antivirus ms essential ga bisa.. trus ane coba pasang symantec bisa.. tapi abis install symantec kan dia minta restart, trus ane restart tapi ga bisa loading ke windows 8,
      notebooknya jd ngerestart terus terusan n minta di recovery lg,, kenapa ya gan ??
      kalo misal masalahnya krna ga bs di install pk symantec, terus antivirus yg bagus apa dong gan.. ane mohon bantuannya bgt gan.. ane pusingg udh 2x recovery😦

      FS: ms essential hanya untuk windows 7 (klo di win 8 gak mau). Klo untuk win 8 sudah ada bawaan antivirus namanya windows defender. Pakai ini sa gan gak perlu yng macem2.

  33. Gan Vaio SVE14132CVW saya tiba tiba gak bisa di matiin,trus saya coba matiin pake tombol power tapi pas di nyalaain gak muncul windows start layar item smua,mohon masukannya,,!

    FS: itu windows corruot gan, coba recovery saja

  34. Gan Vaio sony tablet svt11215SGB saya gk bisa dinyalakan padahal sudah pencet assist terus f2. waktu nonton film gk sengaja pencet power off terus waktu dinyalakan lagi tablet gk bisa nyala

  35. mas.. mau tanya..klo laptop vaio saya lupa passwordnya bgmn caranya supaya bisa masuk windows kembali tanpa harus kehilangan data yang ada.trima ksh.

  36. Aslm bang saya punya sony vaio tap 11 bang, sekarang ini sering hang bang , setiap nyalakan tap nya sekitar 5 menit tiba tiba hang bang gk bisa di fungsikan, masalah nya dimana yah bang terus solusinya gymana bang, apa saya harus system recovery bang

    FS: yang pasti masih garansi kan. Saran saya bawa saja ke service center dan kemukakan problem yang agan alami. Thx..

  37. mas saya puya vaio SVF14212SGB, sekitar 6blan stelah beli kok tiba-tiba microsoftnya minta diaktifkan. kenapa ya, padahal vaio kan bawaan windows. diaktifkan tu maksudnya gimana, pake istilah product key segala, MAK, KMS, or apa’an aku bner-bner awam. please reply

    FS: hai gan.. Klau yg agan maksud microsoftnya itu adalah microsoft office, saya jelaskan bahwa microsoft office bawaan semua laptop sifatnya trial 30 hari. Utk mengaktifkannya agan harus beli product key nya secara online. Atau agan bis hapus office bawaannya dan instal yg baru.

    Jika yg agan maksud adalah microsoft windowsnya maka saya jelaskan bahwa windows bawaan vaio selalu ori dan sudah terinstal di dalamnya. Khusus windows 8 ori Untuk mengaktifkannya agan cukup konek ke internet maka windows akan aktif secara otomatis.

  38. agan gua sudah downgrade laptop ana dari 8.1 ke 8 terus minta activate windows
    gimana solusinya tuh ?

    FS: downgrade??? Bawaan laptop vaio kan masih 8 az. Berarti agan ganti OS ke bajakan ya? Solusinya yaa beli yg original. Atau balikin lagi ke ori dengan cd recovery tipe yang sama

  39. gan sya pakai vaio SVE14112EGP, setiap di cas kenapa kursornya goyang- goyang sendiri bahkan jalan kemana2. jadi susah kl mau klik. tapi kl dicabut cas nya goyangnya tidak terlalu parah. mohon solusinya.

    FS: itu sudah masalah teknis gan, Silahkan bawa ke sc terdekat🙂

  40. om kenapa ya vaio punya saya di local disk ny bayak folder $RECYCLE.BIN dan System Volume Information. itu virus atau bukan sih ?
    dan solusinya biar bisa kehapus gimana ?

    FS: itu bukan virus. Kalau mau lebih yakin slahkan scan pakai antivirus

    • Kalau bukan virus, apa gan ?
      .folder-folder gitu banyak gan di local disk C ny, jadii kalau nginstal aplikasi ada 2 di local disk C ny, yang folder satu ny lagi mah warna ny transparan gitu.
      dan gimana cara menghilanginya soal ngeganggu gan. Mohon pencerahannya.
      trma ksih…

      FS: kalau seperti itu bisa jadi virus juga sih. Coba scan antivirus. Atau coba buka folder option dan dont show hidden file and folder. Kalau masih mengganggu juga coba recovery az. Tp kalau mau recovery sebaiknya back up dulu data data agan

      • ooh iya om berhasil. trima kasih
        dan mau tanya lagi om. kan saya nginstal game pes 2013 kok di setingannya vram ny 32 mb, tidak bisa dijalankan. trus om gimna solusinya ?
        .dan kompotible gak game pes, sama sony vaio windows 8 ?

        FS: windows 8 kompatibel dengan PES. Namun spek laptop agan mumpuni gak buat main PES?

  41. ooh iya om berhasil. trima kasih
    dan mau tanya lagi om. kan saya nginstal game pes 2013 kok di setingannya vram ny 32 mb, tidak bisa dijalankan. trus om gimna solusinya ?
    .dan kompotible gak game pes, sama sony vaio windows 8 ?

    FS: windows 8 kompatibel dengan PES. Namun spek laptop agan mumpuni gak buat main PES?

    • Gatau om. Saya memakai sony vaio SVF14212SGB, menurut om spek ny mempuni gak ?
      .saya sudah menginstal GAME PES nya om, tapi di settingannya vramnya kok 32 mb. Jadi gk bisa di mainin om.
      Mohon pencerahannya om,

      FS: kalau begitu kamu harus upgrade (tambah) ram laptop kamu. Bawaammya kan 2 GB, nah kmu tambah deh jd 4 GB

      • Saya juga memakai sony vaio SVF14212SGW gan, cari aja gan cara setting PES 2013 di google. gampang kok, cuma setting2 aja bisa di jalanin. anti lag gan vaio ini🙂

        FS: mantabs gan infonya sangat membantu !

  42. saya mau tanya cara merubah bhasa pda sony vio , saya sdh msuk ke kontrol panel plih bahasa indonesa tapi tdk bisa gmna ya

    FS: tidak ada windows bahasa indonesia gan. Yang ada hanya ejaan saja. Jadi bahasanya tetep english

  43. gan ane mau tanya laptop temen ane kan sony vaio tipe e win 8. kok setiap mencet tuts keyboard arah atas kok jendela kerjanya jadi agak kecil yang tadinya udah di maximize. mohon babtuannya

    FS: wah ane gak paham juga gan, Mungkin masalah shortcut kali. Coba googling az gan!

  44. Bang mau tanya kalau sony vaio saya orinya win 7 bisa di ganti dengan win 8. Tidak. Dan kalu bisa apakah cukup diinstalnya dgn cd recovery win8. Saja? Kalu cd recovery berapa brikut ongkos kirimnya. Saya dibandung..

    FS: cd recovery itu sesuai dgn os bawaan asli si laptop. Kalau bawaannya win 7 maka cd recovery nya juga win 7. Kalau mau ganti ke win 8 namanya instal ulang biasa.

  45. gan kalau ngaktifkan microsoft office 2013 di windows 8 gimana ?

    FS: kalau microsoft office 2013 bawaan laptopnya itu trial harus dibuang dan ganti dengan instal ulang dari cd yang agan punya

  46. Gan saya punya laptop Vaio seri SVF14-21MSGW Dual Core B987
    Dari awal beli kenapa lambat banget ya? Sejak start aja lambatnya parah banget, apalagi untuk buka beberapa program.
    Ada saran kah?
    Terimakasih.

    FS: sorry agak rossa dan afgan nih ane ngomongnya. Untuk laptop dengan sepk rendah, wajar az klo tuh laptop bikin bete dan ngeselin.
    Yaa kalau mau lumayan dikit agak ngaruh silahkan tambah RAM jadi 4 atau 8 GB

  47. Gan knapa akhir akhir ini app musik di vaio sve 14132 cvw saya jadi gak bisa nyimpan lagu dari pustaka musik begitupun app video? dan kalo pngn tau no key windows nya gimana ?

    FS: wah kalo detil spt itu ane juga gak faham gan. Windows 8 tidak menampilkan lagi no producy key untuk windwos

  48. Gan mau tanya setelah dilepas sony terus gmn nasib garansi dan sparepartnya apa masih bisa claim ke sony?

    FS: selama masih dalam masa garansi 1 tahun, yaa service center sony indo masih melayani kok.

    • klo sparepartnya gmn gan masih nyediain? soalnya batere ane udah mulai ngedrop nih…

      FS: klo spare part agak susah gan

  49. Gan mo tanya laptop tiba2 mati total,pas di tekan power ga nyalala2,padahal saya baru 5bln beli,,,tipenya svf144b1ew kira-kira kenapa?

    FS: laptop mati total bisa karena mainboard rusak atau power supply nya mati. Bawa ke service center sis..

  50. Kak, laptop ku vaio sfv 14212 sgw, di recovery sama mas2 yang jual, trus office nya ilang, harus instal lagi atau bagaimana ?
    makasih

    FS: kalau sudah di instal ulang, maka ofice nya pun harus di instal lagi. Thx..

  51. Ane pake vaio windows 8 waktu dinyalain muncul lambang vaio trus loading terus layarnya hitam tapi masih dalam keadaan nyala , solusinya gimana gan ??

    FS: kemungkinana windowsnya corrupt. Coba recovery saja gan!

  52. gan saya pake SVE11135CVW paritisi saya sudah terlanjur terdelete semua soalnya mau coba-coba install ke windows 7 tapi gagal karena harddisknya versi GPT gitu gan. Eh mau coba-coba siapa tau diformat ulang semua partisi bisa diinstaal windows 7 tetep gak bisa. Sekrang balik ke recovery mode juga gak bisa gan, tulisannya operating note found. Mungkin itu gara-gara partisinya terdelete semua kali ya ? solusinya gimana gan ? mohon bantuannya😦

    FS: kalo partisinya terhapus semua dan versinya GPT agak ribet gan, pake cd recovery juga kadang gak bisa.

  53. gan saya pake vaio SVE14132CVW kok gak ada fitur sound quality di vaio control center ??,pdhl mau ngaktifin xloud

    FS: soalnya default sound vaio e sudah xloud gan!

  54. Baru selesai update windows 8 ke 8.1 sony vaio sve14a25cvb, fungsi fn f5 n f6 gagal..
    Fan jdi kencang muternya..bagi petunjuk gan, utk masalah itu..
    Klo bisa dishare jg tutorialnya update yg tokcer
    Trims

    FS: berarti update nya gagal bos. Balikin ke default dulu gan pake cd recovery habis gitu update lagi dgn koneksi yg kencang dan stabil🙂

  55. Hai gan, butuh pencerahan, sayu baru punya vaio pro windows 8.1, setelah saya install beberapa aplikasi yang saya butuhkan, setiap saya shut down, lampu power nya nyala terus. saya coba tunggu sampai setengah jam, lampu powernya berubah kuning, akhirnya tombol powernya saya pencet lamaan sampe akhirnya lampu nya mati. dan masih seperti itu sampai sekarang. kira-kira kenapa ya gan?

    FS: kemungkinan besar karena update yg kurang berhasil gan. Coba recovery balik ke default

  56. gan mohon bantuanya, kenapa vaio saya jika terhubung ke USB modem langsung minta restart, pernah saya coba sebelum dihidupkan sudah terhubung dengan USB moden tp lama banget mausk windowsnya bisa 1-2jm, mohon infonya

    FS: ada kesalahan driver mungkin gan. Coba recovery saja!

  57. mas/mbak, numpang tanya windows defender sony vaio sfv14212sgb saya eror bin ga aktif, cara mengaktifkan kembali gmn ya mas/mbak?

    FS: windows defender akan aktif jika tidak ada antivirus lain di laptop agan.

  58. Mas saya mau tanya,saya punya laptop VAIO yg windows 8,saya lagi kerja,trus saya keluar sebentar,laptop saya tinggal idup gitu aja(karena cuma sebentar),pas saya balik kok ga ada keluar layarnya ya saya kira mode standbye,tapi saya tunggu lama ternyata ga keluar juga trus saya tekan tombol power lama2 biar laptop mati.Besoknya sa idupin lagi,awalya muncul logo VAIO di laptop ,trus pas logonya udah ilang,kok ga muncul apa2 ya?padahal biasanya muncul deskop atau windows 8 yg pake kotak2 gitu.Tolong dibantu ya mas:”

    FS: kemungkinan os corrupt. coba recovery sis😀

  59. Pak saya mau tanya, saya pakai sony SVF14N16SGB WINDOWS 8.1
    Masalahnya di layar sentuh,sewaktu di hidupkan dan masuk desktop lama sekali baru bisa digunakan layar sentuhnya. mohon pencerahannya ya pak..

    FS: coba recovery az gan, insya allah lancar

  60. permisi gan. …
    kenapa sony SVE14E37Cv saya setelah update ke w 8.1 fan jadi kencan trus ,,,? disetting tetap saja kencang ?apa ada masalah di updatenya ??

    FS: drivernya gak kompatibel gan. balikin lagi ke os aslinya saja

  61. Gan numpang Nanya nih.. laptop Ane Sony Vaio sve14132cv trus mau Ane instal Game Pess 2016 kira” mampu nggak yah… ?

  62. Vaio sony tablet svt11215SGB saya gk bisa dinyalakan padahal sudah pencet assist terus f2. waktu nonton film gk sengaja pencet power off terus waktu dinyalakan lagi tablet gk bisa nyala

Tinggalkan Balasan

