Inilah VAIO Fit Series!


Oleh: FS
Selasa, 18 Juni 2013 – 11.45 WIB

headerLaptopCentro – Pertengahan 2013 ini Sony mulai giat meyederhanakan lini produk laptopnya. Setelah menghadirkan VAIO Duo dan VAIO Tap, Sony kembali meluncurkan model terbaru produk mereka dengan nama yang cukup unik yaitu VAIO Fit dan VAIO Pro. Hal ini ditujukan untuk memudahkan konsumen memilih produk laptop yang diinginkan. Dan salah satunya yang akan segera masuk ke Indonesia adalah VAIO Fit Series yang diposisikan sebagai laptop kelas entry yang menggantikan E Series.

Lini produk VAIO Fit Series mempunyai 2 pilihan model yaitu VAIO Fit dan VAIO Fit E. VAIO Fit 14 dan VAIO Fit 15 diposisikan sebagai Fit premium karena memiliki bodi dari bahan aluminium dan desain lebih langsing. Sedangkan VAIO Fit 14E dan VAIO Fit 15E diposisikan sebagai laptop ekonomis dengan bodi terbuat dari plastik.

All Fit 14
VAIO Fit premium dirancang bagi mereka yang menikmati kejernihan kualitas video dan audio. Dengan dukungan resolusi yang tinggi 1600 x900, VAIO Fit memiliki 3 tampilan warna berbeda (Display Color Modes: Vivid, Natural, dan Text) yang mampu mengoptimalkan pengalaman menonton untuk mencocokkan dengan aplikasi sehingga pengguna dapat menikmati/melihat konten berdasarkan preferensi mereka sendiri, bahkan ketika membaca teks. Vivid Mode, mampu menampilkan gambar dalam warna cemerlang. Natural Mode, menunjukkan gambar dalam warna warna reguler layar. Text Mode, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna-warna layar untuk membaca lebih mudah di semua lingkungan pencahayaan. Untuk VAIO Fit tipe tertentu, dapur pacu grafisnya sudah menggunakan teknologi NVIDIA Optimus yang mampu memberikan kinerja grafis yang tinggi sesuai dengan kebutuhan, simple dan tidak perlu berpikir untuk berpindah-pindah grafis dan yang paling penting adalah daya tahan baterai yang lama.

Hybrid HDD

Fitur unik lainnya pada VAIO Fit premium ini adalah penggunaan Hybrid HDD. Kombinasi penggunaan HDD dan NAND flash memory bisa memberikan akses 3 kali lebih cepat dari penggunaan HDD biasa. Fitur baru lainnya adalah koneksi NFC (Near Field Communication). VAIO Fit premium memberikan fungsi satu sentuhan dengan NFC yaitu memudahkan pengguna melihat konten antara VAIO dengan alat yang sudah ada NFC seperti smartphone dan tablet, memudahkan stream music dari VAIO ke headphone atau speaker yang kompatibel, dan juga memudahkan berbagi data antara VAIO dan Xperia. VAIO Fit premium juga didisain secara “Premium Look and Feel”. Aluminium lid yang menjadi material VAIO Fit semakin terlihat ekslusif dengan tulisan “VAIO” yang berdimensi “diamond cut”. Model ini hadir dalam 3 warna aluminium lid yang keren yaitu hitam, silver, dan pink. Belum ada info resmi tipe VAIO Fit premium apa yang akan masuk ke Indonesia.

All Fit 14E

Selain meluncurkan VAIO Fit premium, Sony juga meluncurkan seri “entry level” VAIO Fit E. VAIO Fit E dirancang sebagai laptop ekonomis yang terjangkau. Fit E dikhusukan bagi mereka yang suka musik. Model ini menggunakan teknologi audio ClearAudio+ yang secara otomatis mengoptimalkan proses penyesuaian kualitas suara terbaik sesuai media yang dimainkan. Kualiatas suara yang dihasilkan pun terasa sangat kuat berkat dua kapasitas speaker besar di sisi kanan dan kiri. Kotak speaker yang dirancang untuk memberikan tekanan suara yang sangat baik dan pemisahan untuk memastikan reproduksi suara yang luar biasa. Selain itu, Fit E juga menggunakan teknologi S-FORCE Front Surround 3D, Clear Phase, xLOUD, dan Virtual Phones yang memungkinkan Anda menikmati konser seperti surround sound. Dengan harga yang relatif terjangkau, rasanya wajar jika VAIO Fit E dibekali resolusi standar 1366×768 dan masiih manggunakan pemakaian teknologi hard disk konvensioanal (belum hybrid).

sound

Untuk VAIO Fit E yang akan hadir di Indoenesia adalah VAIO Fit 14E dengan 3 varian. SVF14-212SG dengan Intel Core i3, RAM 2 GB, dan HDD 500 GB dibanderol dengan harga dari Rp. 5.699.000,-. Untuk SVF14-216SG dengan Intel Core i3, RAM 2 GB, dan HDD 500 GB dan sudah touchscreen dibanderol dengan harga dari Rp. 7.139.000,-. Sedangkan untuk kelas Intel Core i5, akan hadir SVF14-218SG yang dibanderol dengan harga Rp. 8.159.000,-. Tipe terkahir ini memiliki RAM 4 GB, HDD 500 GB, dan sudah menggunakan kartu grafis NVIDIA Geforce Optimus. Untuk spesifikasi detilnya silahkan lihat di sini!

Dari kedua model anyar tersebut ada yang patut disayangkan, baik VAIO Fit premium maupun VAIO Fit E masih menggunakan prosesor Intel Core generasi 3 atau “Ivy Bridge”. Padahal untuk seri terbaru lainnya seperti VAIO Duo 13 dan VAIO Pro, Sony sudah memakai Intel Haswell (generasi ke 4).

11 comments on “Inilah VAIO Fit Series!

  1. Kalau Vaio Fit Premium dibandingkan dengan Vaio SVE14A37CV kelasnya tinggian mana? Saya rencana mau cari utk keperluan grafis.
    Kalau dari bodi sepertinya FIT lebih tipis ya? Kapan rencana FIT masuk Indo?

    FS: SVE14A37CV akan digantikan oleh SVF14A16SG. Dari performance, keduanya hampir sama. Hanya saja ada beberapa keunggulan Fit 14 Premium yaitu:
    – penggunaan hybrid hdd yang 3x lebih cepat dari hdd biasa.
    – fitur lebih keren seperti teknologi NFC, teknologi clearaudio+, dan teknologi visual display dengan 3 pilihan mode display.
    – RAM bawaan lebih besar yaitu 8 GB.
    – Graphic Card terbaru dari NVIdia dgn teknologi NVidia Optimus.

    • Wow.. thx for fast response nya. Kapan FIT mulai dipasarkan di Indonesia?

      FS: Fit 14 akan masuk tanggal 25 juli ini. Jadi sekitar akhir Juli sudah available. Estimasi harganya, SVF14A15SG di 10.5 jt dan SVF14A16SG di 13.6 jt.

  2. Pak FS, sambil menunggu FIT masuk Indonesia apakah bisa dibuatkan penawaran untuk type SVF14A16SG i7? Untuk harga pakai estimasi saja. Terima kasih

    FS: sudah saya email gan quotationnya🙂

  3. Harganya lumayan mahal yah gan. Tp kok kalo baca artikel di internet harganya cuman sekitar 7 jutaan?

    FS: haha.. agan kan tau sendiri, harga di luar klo masuk indonesia langsung melambung tinggi karena kena PP lah, ini lah, itu lah🙂

  4. Udah ada tanda2 kedatangan fit premium belum gan?

    FS: halow anna..
    Vaio Fit 14 Premium akan available sekitar awal september. Trims..

  5. masih agak bingung FIT14E sama FIT14Premium. jadi lebih bagus yang mana gan spesifikasinya? thanks

    FS: bagus premium gan. Spek bisa lihat di halaman masing2 tuh di atas kan ada🙂

  6. tapi yang fit 14E gak bisa maen pes 2013 yaa

    FS: bisa kok gan, Fit 14E yang pakai VGA dedicated bisa banget main game berat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s