Mengintip Fitur Duet Maut Ultrabook Sony VAIO Pro 11 dan Pro 13


Dikutip dari paseban.com
Diedit oleh FS
Kamis, 26 September 2013 – 21:17 WIB

vaio-pro-11-13-laptopcentroLaptopCentro, paseban.com (11/06/2013) – Sony adalah salah satu perusahaan kelas kakap asal Jepang yang bergerak di bidang teknologi. Melalui tangan dingin para desainer dan insinyur teknologinya, Sony menjadi raja di pasaran global. Ultrabook, laptop, kamera, dan beragam jenis alat elektronik lainnya sudah diluncurkan Sony. Kali ini, kita akan melihat peluncuran produk ultrabook Sony VAIO Pro 11 dan 13 yang baru saja dilakukan. Melihat pergerakan Sony yang juga merilis ultrabook dengan seri VAIO Duo, sepertinya ultrabook ini lebih superior dan lebih layak untuk menjadi flagship baru dari Sony di dunia komputer bermobilitas tinggi.

Ultrabook Sony VAIO Pro 11 dan 13 diklaim sebagai salah satu ultrabook dengan performa tinggi yang paling ringan di kelasnya. Banyak review dari para pengamat dan pengguna teknologi yang mengatakan bahwa kedua bersaudara ini akan memberikan kinerja maksimal dan tahan banting. Terlepas dari masalah subjektif atau tidak, akan menarik bila kita lakukan komparasi antar kedua bersaudara ini. Simaklah review perbandingan ini untuk mengetahui, manakah yang lebih baik.

Desain
Perusahaan asal Jepang ini menggunakan carbon fiber sebagai material utama pembangun kedua ultrabook ini. Disukai atau tidak, memang dengan bahan dasar carbon fiber, bobot dari ultrabook ini dapat disusutkan hingga titik paling maksimal. Ukuran dari VAIO Pro 11 yang lebih kecil menawarkan bobot yang lebih ringan (0.77 kg) daripada VAIO Pro 13 (1.06 kg).

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Keyboard dan Touchpad
Dengan ukuran yang lebih besar, VAIO Pro 13 menawarkan keyboard yang lebih luas. Ukuran kecil dari VAIO Pro 11 membuat Sony harus mengkompensasikan jarak antar tuts pada keyboard dan mempersempit areal keyboard pada seri 11 ini. Tentu saja dengan keyboard yang lebih besar pada seri 13, Anda yang bertangan besar akan lebih nyaman mengetik daripada ketika menggunakan VAIO Pro 11. Untuk masalah touchpad, keduanya dilengkapi dengan touchpad yang bekerja juga sebagai trackpad.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Display
Layar pada VAIO Pro 13 memiliki ukuran 13.3 inch, dan Pro 11 selebar 11.6 inch. Keduanya memiliki kualitas resolusi yang mendukung penampilan full HD dan dilengkapi dengan layar sentuh IPS yang sudah mengusung teknologi Sony Triluminos Color dan X-Reality. Teknologi tampilan ini biasanya ditemukan di TV Sony Bravia kelas atas untuk menampilkan gambar dengan warna yang alami. Tidak dapat dipungkiri, dengan layar yang lebih besar, tentu kualitas full HD masih lebih memanjakan pada VAIO Pro 13. Kedua ultrabook ini dilengkapi teknologi touchscreen 10 jari (multipletouch).

vaio-pro-11-13-laptopcentro

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Audio
Untuk segi suara, kedua ultrabook ini memiliki speaker yang ditanamkan pada tempat yang berbeda. VAIO Pro 13 meletakkan speaker pada bagian atas dekat layar sedangkan pada Pro 11 speaker ditanamkan bersamaan dengan keyboard. Keduanya memberikan suara yang baik pada volume standard, namun akan sangat merusak telinga ketika disetel pada volume maksimal. Meskipun sudah menggunakan teknologi audio ClearAudio+ mode (Music, Video), S-FORCE Front Surround 3D, “Clear Phase”, “xLOUD”, “VPT”, “Voice Zoom”, “Sound Optimizer”, namun jangan terlalu mengharapkan bass yang menggelegar dari ultrabook ini, karena built-in speaker keduanya masih terbilang “lumayan”.

Ports dan Webcam
Untuk perihal port, dikarenakan desain ultrabook VAIO Pro 11 yang lebih tipis membuat Sony harus mengkompensasikan beberapa port yang ada pada VAIO Pro 13. Pada VAIO Pro 13 terdapat port HDMI, slot SD card, audio jack, dan dua port USB 3.0. Jika dibandingkan, VAIO Pro 11 memindahkan slot SD card ke bagian bawah bibir depan ultrabook ini. Banyak yang mengeluhkan ketiadaan port Ethernet yang memang menjadi satu komplain keras dari para pengguna. Untuk webcam sendiri, kedua ultrabook ini hanya dilengkapi sebuah kamera beresolusi 1 MP yang benar-benar berkualitas seperti VGA.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Performa
Baik VAIO Pro 11 maupun VAIO Pro 13, keduanya sudah dilengkapi prosesor Intel generasi ke-4 atau yang disebut Intel Haswell. VAIO Pro 11 dan 13 akan hadir dengan varian prosesor Core i5 dan Core i7. Keduanya akan memacu sistem operasi Windows 8 dan Windows 8 Pro.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Graphic Performance
Dapur grafis kedua ultrabook ini dipasang prosesor Intel Graphic 4400. Walaupun digadang lebih tinggi daripada Graphic 4000, nyatanya tidak ditemukan perbedaan berarti. Walaupun demikian, grafis kedua ultrabook ini patut diacungi jempol, fantastis!

Battery Life
Ultrabook VAIO Pro 11 dan 13 memiliki ketahanan daya baterai yang luar biasa. Dengan tes yang dilakukan para pengamat (dengan kinerja maksimal dan terus menerus) mendapatkan hasil cukup mencengangkan. Di saat ultrabook lain hanya mampu bertahan kurang dari 5 jam, VAIO Pro 11 dapat bekerja selama 6 jam. Sedangkan VAIO Pro 13 sendiri dapat tetap mempertahankan kinerjanya hingga 7,5 jam.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Software dan Garansi
Dilindungi oleh garansi dari Sony regional selama 1 tahun, kedua ultrabook ini dilengkapi berbagai software bawaan Windows (seperti trial Microsoft Office) dan juga berbagai software third party yang mendukung kerja dari para pengguna. Adapun contoh software dari vendor Sony sendiri adalah Sony PlayMemories.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Konfigurasi dan Fitur Lain
Untuk konfigurasi lain, saat ini VAIO Pro 11 dan 13 ditawarkan dengan pilihan kapasitas RAM maksimum hanya 4 GB saja. Untuk media penyimpanan, VAIO Pro 11 menggunakan media penyimpanan bermodel SSD dengan kapasitas 128GB. sedangkan VAIO Pro 13 menggunakan SSD tipe PCIe yang diklaim lebih cepat dibandingkan SSD biasa. Pilihan kapasitas SSD untuk VAIO Pro 13 cukup besar, mencapai 512GB (tergantung tipe). Untuk konektivitas, keduanya hadir dengan dukungan koneksi WiFi, Bluetooth, NFC, HDMI, 2 port USB 3.0 dan slot pembaca kartu memori.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Harga
Untuk wilayah regional Indonesia, Sony menawarkan harga 12 juta untuk VAIO Pro 11 dengan prosesor Core i5 dan 18 juta untuk Core i7. Sedangkan untuk VAIO Pro 13, Sony membandrol harga 13 juta dengan prosesor Core i5 dan 18 juta untuk Core i7. Kedua harga tersebut memang pantas disematkan mengingat perfroma yang ditawarkan oleh kedua ultrabook tersebut.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Kesimpulan
Sekali lagi Sony menunjukkan kelasnya sebagai salah satu perusahaan raksasa teknologi dari Jepang. Kedua ultrabook VAIO Pro buatannya dipastikan mampu menarik pembeli di pasaran global dan menjadi flagship tangguh yang harus diperhatikan para kompetitor. Sony memang tidak main-main dalam merancang kedua ultrabook Pro ini. Untuk pilihan, semua tergantung pada kebutuhan Anda.

vaio-pro-11-13-laptopcentro

Sumber: paseban.com

One comment on “Mengintip Fitur Duet Maut Ultrabook Sony VAIO Pro 11 dan Pro 13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s