Mau Upgrade Windows 8.1? Ini Caranya!


Oleh: Ardhi Suryadhi – detikinet
Foto dan artikel dikutip dari detikinet

win8-1LaptopCentro, detikinet (18/10/2013) – Microsoft telah resmi melepas sistem operasi Windows 8.1. OS versi upgrade ini telah dibekali dengan berbagai fitur tambahan dan perbaikan untuk memanjakan pengguna. Pengguna bisa ketemu kembali dengan tombol start dan memungkinkan komputer untuk kembali ke antarmuka desktop tradisional. Microsoft juga menghadirkan shortcut keyboard, dimana pengguna bisa mengatur untuk memisahkan keyboard kata dan angka. Termasuk untuk mengatur ukuran tiles, mau disesuaikan jadi lebih besar atau memilih untuk tak terlalu banyak kotak-kotak.

windows_8460

Nah, penasaran ingin mencicipi Windows 8.1. Ini cara untuk meng-upgrade-nya, baik itu untuk pengguna Windows 8, 7, Vista, hingga XP:

Untuk Pengguna Windows 8

windows 8 - 1
Bagi Anda pengguna Windows 8, versi upgrade Windows 8.1 bisa didapat secara gratis. Namun sebelumnya, Anda disarankan untuk melakukan back up data dan melakukan update driver. Selain itu, pastikan pula media penyimpanan di komputer Anda cukup lapang, sebab Windows 8.1 membutuhkan space sekitar 3 GB. Untuk mengunduhnya, silakan masuk ke Microsoft Store. Masuk ke menu Charms –> pilih Setting –> klik ‘Your Account’ –> sign in. Kemudian, pilih menu ‘Update to WIndows 8.1 dor free’ di Windows Store.

windows 8 - 2

Jika pilihan tersebut tidak tersedia, maka Anda harus melakukan update Windows Patch terlebih dahulu. Caranya, kembali ke meu Start dan masuk ke Charms bar. Selanjutnya pilih Setting –> Change PC Setting –> klik Windows Update.

Jika ada patch yang harus di-update, maka lakukan instalasi dan restart komputer Anda.

windows 8 - 3

Dan jika langkah di atas telah Anda lakukan namun download Windows 8.1 belum kunjung muncul, bersabarlah sejenak. Sebab Microsoft juga butuh waktu untuk mengirimkan update ke berbagai segmen pengguna.

Atau alternatif lain, silahkan lihat petunjuk yang disediakan oleh Sony Support di sini!

Untuk Pengguna Windows 7

windows 7 - 1
Sementara bagi pengguna Windows 7, upgrade Windows 8.1 bisa dilakukan melalui fitur Upgrade Assistant Microsoft. Windows 8.1 Home dijual dengan harga USD 119,99, sedangkan Windows 8.1 Pro bisa didapatkan dengan harga USD 199,99. OS ini bisa dibeli secara online lewat digital download atau membeli kepingan DVD-nya di toko.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk Windows 8.1 adalah prosesor 1 GHz, RAM 1 GB untuk versi 32 bit atau 2 GB untuk 64 bit dan kartu grafis yang sudah mendukung DirectX 9.

Settingan Windows, file personal dan sebagian besar aplikasi bisa ‘diamankan’ ketika ingin update dari Windows 8 ke versi 8.1.

Hanya saja, bagi pengguna Windows 7 yang ingin naik kelas ke Windows 8.1 cuma file personal yang bisa terbawa, settingan dan aplikasi yang sebelumnya sudah terinstal akan otomatis terhapus.

Untuk Pengguna Windows XP/Vista

windows xp - 1
Lantas, bagaimana dengan pengguna versi Windows yang lebih lawas lagi, XP dan Vista? Bukan tidak bisa, tetapi cuma lebih repot. Proses instalasi tidak bisa dilakukan secara online lewat digital download, tetapi harus menggunakan keping DVD Windows 8.1. Singkatnya, harus instal ulang. Windows 8.1 bisa dibeli di berbagai toko komputer dan software dengan harga USD 119,99 untuk versi Home dan USD 199,99 untuk Pro.

Dan sekali lagi, sangat disarankan untuk melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan proses upgrade. Apalagi untuk versi Windows XP dan Vista, karena harus diinstal ulang, tak akan ada file atau aplikasi yang akan terselamatkan saat proses upgrade ke Windows 8.1 dilakukan.

Sumber: detikinet

21 comments on “Mau Upgrade Windows 8.1? Ini Caranya!

  1. kang.. kalo windows yang dari sonynya langsung itu ori ya..
    soalnya laptop ane kalau update windows biasa.. pas di restart suka failed pas installnya.. terus ngerestart sampai 3x.. itu ada solusinya gak ya kang..

    FS: produk vaio selalu terinstal windows genuine. Trouble vaio agan mungkin di automatic updatenya. Coba matikan automatic updatenya. Trims..

    • kang kalo misalnya udah windows 8.1 terus di recovery.. balik lagi ke windows 8 atau masih 8.1..
      terus kang.. banyak apps saya di windows 8.1 error.. (terdapat tanda x di bawah kanan tilenya) .. tau gak kang penyebabnya?

      FS: karena ini sifatnya update, jadi kalau nanti direcovery ya balik lagi ke win 8. Itu pun saya tidak tahu apakah setelah diupdate, recovery systemnya masih ada atau terhapus (saya belum pernah update ke 8.1). Jadi sebaiknya back up dulu recovery systemnya ke disc.

      • gan mau nanya ni, setelah vaio ane di update 8.1 kok malah suara kipasnya makin kencang ni gan,.. biasanya kipasnya biasa aja suaranya…

        FS: berarti updatenya tdk berhasil gan karena ada driver yg gak compatible

  2. Apa bsa upgrade windows dari laptop svs13116FG tnpa trouble dgn tmbol fn function? Kalau bsa Gmna cara upgrade vaio s13116FG yg OS originalnya windows 7 home premium ke windows 8.1? Mohon infonya

    FS: upgrade dari win 7 ke win 8.1 bisa saja namun harus berbayar. Trims..

  3. mas ni saya kemarin sudah update ke win 8.1 menggunakan sony E14P
    nah saya coba experimen tuk refresh ternyata balik lagi ke bawaan sony ini win 8.

    nah yang saya tanyakan bagaimana cara merubah recovery deflaut dari win 8 itu dijadikan 8.1 ketika kita dah download ?

    untuk sofware microsoft ,driver dll kan perlu update juga, tuh tapi bawaanya masih yang lama nah cara updatenya gi mana ya ?tetapi nanti jika kita recovery tetep jadi software dan driver kita terbaru?

    mohon petunjuknya mas trimakasih

    FS: jawaban saya sama yaitu recovery sytem itu tidak bisa di rubah. Trims..

  4. mas mau tanya, kalo vaio kan ndak ada kepingan CD untuk instal windowsnya ya? karena bawaan langsung dari laptopnya. kalau misalkan update ke windows 8.1, ada efeknya ndak mas? mas sudah upgrade ke windows 8.1 kah? terima kasih.

    FS: efeknya kadang berhasil di update kadang tidak. Sebaiknya gunakan koneksi internet yang stabil dan cepat supaya update nya lancar. Sebab kalau update nya gagal malah akan merusak OS. Nah ada baiknya pula agan bikin dulu recovery disc nya supaya jika update ya gagal maka agan bisa balikin lagi ke defult factory settings dengan recovery disc tsb.

    • Ohh, gitu ya mas. Bahaya juga ya kalo ndak berhasil. Kalo cara bikin recovery disc itu gimana ya mas?🙂
      Terima kasih.

      FS: yaaa gak bahaya banget gan asal siapin az cd recovery sebelumnya. Tutorialnya di sini gan!

  5. Wahh, terima kasih infonya mas. Nanti saya coba, blm sempet🙂
    Oh iya mas, disini jual kabel HDMI yg buat connect ke kabel LCD ndak?
    Laptopnya type SVF14-212SG/B.
    Thank you.

    FS: saya tidak jual kabel hdmi gan

  6. apakah aplikasi yang sudah terinstal akan hilang setelah ganti dari win 8 ke win 8.1?

    FS: iya. Jadi agan harus instal lagi nantinya

  7. mas, saya pake vaio SVF14-212SG/B. saya mau upgrade ke win 8.1.
    ketika saya masuk store, diminta update beberapa driver dulu di windows update.
    nah, selesai saya update lewat windows update kan langsung restart, setelah restart malah stuck lama di “failure configuring windows updates reverting changes”.
    sudah 2 kali saya coba, hasilnya juga sama, stuck setelah restart.
    Gimana ya solusi agar saya bisa upgrade ke win 8.1.?
    Thanks sebelumnya🙂

    FS: kegagalan update driver bisa jadi disebabkan katena koneksi internetnya gak stabil.

  8. Mas,klu saya update dari windows 8 ke 8.1 nanti aplikasi yang hilang d mana aja n’ instalan dari windows store juga hilang?

  9. Gan kalo dari windows 7 mau ke windows 8.1 semua data” akan terhapus apa gimana..?
    Apa perlu di backup dulu sebelum di upgrade..?
    Soal nya ane pengen windows 8.1..
    Windows ane windows 7 64 bit..

    Kasih tau ya gan solusi nya..

    FS: data sebaiknya back up gan biar lebih aman.

  10. gan kalo mau upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit gmn caranya?
    maksud sy..nanti untuk software bawaan laptopnya update otomatis apa gmn ya,.

    FS: upgrade berbayar via web microsoft. Kalau mau gretongan yaa beli cd windows yg 64 bit.

  11. gan mau nanya ni, vaio ane E14P dr OS 8 udah saya update ke 8.1.. setelah di update malah suara kipasnya kenceng banget,, trus agak berat,,, kira2 ada apa ya gan… atau ada yang gagal update’tan nya..

    FS: berarti updatenya tdk berhasil gan karena ada driver yg gak compatible

  12. Bang,, ane mo nanya,, klo Up Grade laptop Vaio Windows 8 OEM ke Windows 8.1 pake DVD instaler bisa gak y? Software bawaan VaiOnya kaya Vaio Care dll ikut ke hapus ya? Cara instal Software VaiOnya lg gmn y? Mohon infonya ya bang?
    Terima kasih,,

    FS: kalau pakai cd installer akan seperti instal biasa dan akan menghapus aplikasi bawaan vaio dan driver. Sebaiknya update via web.

  13. gan ane mau tanya … habis update dari windows 8 ke wINDOWS 8.1 kok vaio care nya gak bisa di akses ya gan ,ane pakai vaio E Series SVE14126CVW .
    kira” kenapa ya gan ? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s