Mengenal Lebih Dekat Windows 8.1


Oleh: By Renhard Harjanto
Foto dan artikel dikutip dari yangcanggih.com

win8-1LaptopCentro, yangcanggih.com (18/10/2013) – Seperti yang kita ketahui pada hari ini, Microsoft resmi menghadirkan Windows 8.1 serentak di seluruh dunia. Dan pengguna yang telah menggunakan Windows 8 sebelumnya sudah dapat langsung mengunduh update Windows 8.1 via Windows Store. Windows 8.1 merupakan pengembangan dari Windows 8.0 dengan berbagai tambahan fitur baru dan berapa perbaikan yang kini membuatnya semakin mudah digunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda.Berikut beberapa fitur terbaru yang dapat Anda jumpai pada Windows 8.1:

Kustomisasi layar Start


Tampilan Metro UI memang amat mencuri perhatian dengan Live Tiles yang dimilikinya. Pasalnya, Anda tidak perlu repot melihat deretan aplikasi yang kadang melelahkan mata dan cukup letakkan aplikasi favorit Anda di layar Start. Nah, di Windows 8.1 layar Start disempurnakan dengan hadirnya fitur kustomisasi agar lebih personal. Anda kini dapat mengubah ukuran Live Tiles dan dapat memilih desain dan warna latar yang lebih variatif. Untuk akses aplikasi kini juga semakin mudah, karena dengan cukup menyapu layar ke atas, Anda langsung dapat melihat seluruh aplikasi yang dimiliki. Anda juga dapat melihat aplikasi yang dikelompokkan berdasarkan nama, kategori, waktu install, atau aplikasi yang sering digunakan.

Kembalinya Tombol Start


Rindu dengan tombol Start yang hilang pada tampilan desktop Windows 8? Ya, di Windows 8.1 Microsoft mengembalikan tombol Start pada tampilan desktop. Tampilan apps yang baru juga memungkinkan pengguna melihat seluruh aplikasi, memudahkan akses melalui tombol petunjuk baru, termasuk akses ke Help+Tips secara lebih cepat.

Fungsi Search yang semakin baik

Fungsi Search yang lebih bai

Mesin pencari Bing Smart Search menawarkan cara termudah dalam mencari dokumen atau informasi apapun yang dibutuhkan dari perangkat atau internet dengan tampilan yang sangat informatif. Cukup dengan menyapu atau mengetik di layar Start apapun yang ingin dicari, maka Smart Search akan menemukannya baik itu dokumen di PC, album foto di SkyDrive, aplikasi favorit, lagu dari koleksi Xbox Music, atau website.

Aneka pilihan layanan dan aplikasi sejak Start

Aneka pilihan layanan dan aplikasi sejak Start

Windows 8.1 menawarkan pengalaman terlengkap yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan sederet aplikasi dan layanan yang muncul sejak dari layar Start, pengguna dapat melakukan apapun yang mereka sukai dengan cepat dan mudah. Bercengkerama dengan teman atau kerabat melalui Skype, mengirim email melalui aplikasi Mail, menonton film atau tayangan TV di Xbox Video, mencoba resep baru dari aplikasi Bing Food & Drink, atau mendengarkan musik gratis secara streaming di Xbox Music. Windows 8.1 juga hadir dengan Internet Explorer 11 (IE11) yang lebih cepat, dengan rekam jejak (history), favorit, serta setting yang tersimpan di semua perangkat Windows 8.1. Selain itu, Windows 8.1 mendukung pencetakan 3D secara native, artinya sistem operasi ini telah mendukung plug-and-play untuk printer 3D, mampu menjalankan aplikasi cetak 3D, dan kemampuan membaca file berformat 3D.

Lebih produktif dengan Multitasking

Lebih produktif dengan Multitasking

Windows 8.1 kini mampu menampilkan dan menjalankan hingga empat aplikasi sekaligus secara berdampingan. Anda dapat mengatur tampilan jendela dari aplikasi yang dibuka dengan ukuran jendela yang dapat disesuaikan dengan layar perangkat yang digunakan. Windows 8.1 juga memiliki kemampuan aplikasi menjalankan aplikasi lain sepert misalnya Anda membuka email yang berisikan foto maka secara otomatis aplikasi Photo juga akan langsung menampilkan foto tersebut berdampingan dengan email Anda. Anda juga dimungkinkan untuk langsung mengolah foto tersebut seperti misalnya menambahkan efek foto. Selain itu, hadir fitur multiple-display yang memungkinkan pengguna untuk bekerja langsung di dua monitor sekaligus.

Lebih terintegrasi dengan cloud melalui SkyDrive

Lebih terintegrasi dengan cloud melalui SkyDrive

Dengan Windows 8.1 Anda dapat semakin bekerja dengan ekosistem digital yang didukung komputasi Awan. Bekerja kini bisa menjadi lebih mudah karena dokumen selalu dapat diakses dari perangkat apapun dimana saja. Cukup dengan menyimpan dokumen di Skydrive dan pengguna dapat membuat, menyunting, menyimpan, hingga berbagi dokumen saat bermobilitas.

Tampilan baru Windows Store

Tampilan baru Windows Store

Microsoft melakukan penyegaran dengan tampilan Windows Store untuk mempermudah pengguna mencari aplikasi yang diinginkan. Penataan dan kategori baru, seperti ‘New & Rising’ memudahkan pengguna tetap up-to-date mengeksplorasi aplikasi baru. Selain itu, rekomendasi Bing juga membantu mendapatkan aplikasi favorit baru. Di Windows 8.1, aplikasi akan selalu diperbaharui secara otomatis sehingga aplikasi selalu berada dalam versi terbaru dan terbaik, seperti Fresh Paint, yang kini juga dilengkapi dengan fitur cat air, set pensil grafit, serta antarmuka yang rapi dan modern. Aneka aplikasi baru juga memperkaya Windows Store seperti Evernote, Facebook for Windows 8.1, Hulu Plus, Adobe Photoshop Express, eBay, Netflix dan NOOK.

Sumber: yangcanggih.com

10 comments on “Mengenal Lebih Dekat Windows 8.1

  1. upgrade ke windows 8,1 apa tak menghilangkan aplikasi2 dari vaio seperti vaio care atau yang lain,,terimakasih,,,

    FS: ini saya kutip jawaban dari pengguna yang sudah sukses update win 8.1:

    “Akhirnya bisa juga update ke windows 8.1 untuk update tidak semua file sebesar 3.6 GB yang akan didownload. Setelah mencoba ternyata hanya sekitar 50% saja yang di download saja. Untuk tampilan sepertinya sedikit perubahan, performa sedikit membaik namun mungkin karena ini masih baru digunakan belum banyak file junk yang tersimpan jadi performanya masih bagus. Cuma yang mengherankan sebelum update ke win 8.1 partisi C ku tinggal 82 GB namun setelah update sudah menjadi 90 an GB, apakah itu menandakan partisi recovery nya terhapus? untk semua data dan aplikasi tetap normal seperti semula tidak ada data yang terhapus baik itu di partisi C hanya ukuran partisi yang berbeda padahal ada tambahan folder windows old yang kapasitasnya beberapa GB. Semoga gak terhapus partisi recoverynya. Kalapun terhapus untungnya udah dibackup! Untuk fungsi standar vaio semuanya lancar bahkan yang ditulis di website sony bahwa fungsi fn+f5/f6 tidak berfungsi ternyata masih berfungsi! (Sekedar share untuk yang mau update ke widows 8-1)”

  2. gan klo nanti d instal recovery windows nya jadi widows 8 lagi apa tetep 8.1 ya?

    FS: yaa kalau recovery defaultnya win 8 yaa tetap akan ke win 8.
    Walaupun sudah di ugrade ke 8.1, namun jika system OS defaultnya 8, maka tetap akan kembali ke 8

  3. gan.. ane install asphalt 7 yang di windows store.. yang ada bacaan vaio exclusive..
    tapi kok tetep aja trial dan harus beli.. maksudnya aplikasi yang ada bacaan vaio exclusive itu apa ya gan..

    FS: vaio exclusive = hanya khusus untuk vaio, ada yan free adda yang berbayar

  4. Gan laptop saya jadi banyak partisi ukuran kecil-kecil dari mulai 100mb – yang 22,6gb lagi tidak “bermerek” he he layaknya seperti yang dikenal seperti C/D/E. Apa yang terjadi di laptop saya gan?..perlu diketahui OS bawaan vaionya udah saya ganti ke Windows pro dan sekarang diupdate ke Windows 8.1 pro wmc. Jawab ya gan..Trims sekali !.

    FS: hi gan..
    Saya pasti selalu jawab komen2 vaiolicious di blog ini. Utk kasus laptop agan yg byk partisi kecil2, saya tidak tahu pasti penyebabnya (coz blum pernah mengalami kasus spt itu). Namun selama tidak begitu ‘mengganggu’ performa laptop yaaa abaikan saja. Tapi jika mengganggu performa, silahkan recovery.

  5. gan di SVF14212 saya bisa upgrade win 8.1 free kan…trus mau tak upgrade kok ragu2 gan mohon pencerahan enaknya gmn ….

    FS: kalau ragu2 sebaiknya jangan. That’s all🙂
    Sejauh ini, update ke win 8.1 masih banyak mengalami kendala.
    Ada sebagian yg sudah berhasil juga sih tapi untuk downloadnya membutuhkan space lumayan gede sekitar 3.5 GB.
    Kalau koneksi internet agan cepat silahkan saja update dengan catatan back up dulu recovery system yg ada di hdd ke dvd.
    Namun jika koneksi agan lemot, sebaiknya lupakan saja untuk update🙂

    • Kalo misal ga di back up dulu recovery systemnya dampaknya apa ?:/
      Tolong sebutin pengalaman ente gan selama menggunakan Windows 8.1, apa dampak positif dan negatifnya😀

      FS: jujur saya tidak update ke 8.1, masih pake 8. Namun dari pengalaman pengguna lain yang update ke 8.1, recovery system dari OS bawaan masih tersimpan di hdd walaupun sudah di update ke 8.1.

  6. Saya update laptop saya E14 ke windows 8.1, tapi setelah di update malah fannya mutar kencang dan bunyi, tapi dipakek lama gak panas udaranya

    FS: tipe lain klo di upgrade normal saja. Yaa mngkin ada beberapa tipe yg hardwware nya tidak compatible dengan 8.1. Kalau tetep dirasa mengganggu saran saya balikan lagi ke win 8.

  7. Setelah saya upgrade ke windows 8.1 kok malah tidak muncul apa2 yah. Layar jadi hitam aja tidak keluar menunya. Kenapa ya itu? Tolong pencerahannya dan apa yang harus saya lakukan. thanks.

    FS: berarti update-nya tidak berhasil. Kamu harus recovery lagi laptop kamu. Thx..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s