Windows 7 Bikin Penasaran !


Sumber: berbagai sumber

Minggu, 18 Januari 2009 | 12:10 WIB

 

windows_7Gonjang-ganjing tentang pemunculan Windows 7 memang sudah menyeruak ke berbagai kalangan. Meskipun masih versi beta alias ujicoba, tapi lihat saja antrian panjang di Microsoft.com untuk mengunduh Windows 7, beuuhh…..ternyata bikin pusing juga. Bahkan server Microsoft sempat ambruk melayani tingginya antusias orang-orang yang mengunduh Windows 7. Dengan ukuran file yang gede banget (sekitar 2.5 GB untuk 32bit dan 3.5 GB untuk 64bit)) mungkin butuh waktu yang super lama dan koneksi internet yang super cepat. Dengan bersabar hati dan tawakal (hehehe…) saya mencuba untuk mengunduh Windows 7 dengan menggunakan bantuan aplikasi Internet Download Manager langsung dari situsnya Microsoft. Huft,,, dengan koneksi internet pake modem GSM handphone ternyata tertulis, waktu yang dibutuhkan adalah 187 hari 21 jam. Hwaaaaa…….. haruskah saya sesabar iitu ????? huh tidak !!!!

Iseng saya mencoba menjelajahi Google untuk menemukan cara mudah mengunduh Windows 7 ini. Banyak sekali sumber-sumber yang menampilkan bagaimana cara untuk mengunduh sistem operasi teranyar dari Microsoft ini. Setelah mencoba hanya sekitar dua cara, tetap saja saya kesulitan megunduhnya. Akhirnya saya pun pasrah…! Dan harus bersabar hati beberapa bulan lagi untuk mendapatkan versi penuh dari Windows 7…

 

Apaan sih Windows 7?

Setelah lama dinanti-nanti, Microsoft Corp akhirnya resmi memperkenalkan Windows 7, sistem operasi terbarunya. Windows 7 ini hadir untuk menutupi kelemahan yang sering dihadapi di Vista. Hal ini mengisyaratkan bahwa pembuat piranti lunak terbesar di dunia itu telah menyerah dalam upayanya merehabilitasi sistem operasi Vista yang telah dibuat dan dirilis secara internasional pada Januari 2007.

Windows 7 pun hadir tentunya bukan untuk memperbaiki citra Microsoft yang telah gagal di Vista. Namun lebih daripada itu, Windows 7 hadir dengan beberapa fitur unggulan, lebih cepat dari versi windows sebelumnya, lebih hemat energi dan akan lebih mudah penggunaannya. Bahkan para petinggi Microsoft menyebut bahwa Windows 7 sebagai windows terbaik sepanjang sejarah. Microsoft menjanjikan bahwa Windows 7 akan membuat komputer pribadi kita makin cepat dan mudah digunakan. Sayang, Microsoft tidak menyebutkan kapan sistem operasi ini secara resmi bakal dirilis, meski Windows Vista hingga kini sudah dua tahun dipasarkan setelah bentuk beta-nya diluncurkan. Namun yang jelas, review awal atas Windows 7 ini sudah dapat dilihat di internet dalam bentuk beta pada akhir Desember lalu. Sistem operasi baru ini bakal memiliki kemampuan layar sentuh, dapat memungkinkan pengguna melihat ikon di desktop dan membuat windows menjadi transparan. Merespons banyaknya keluhan terhadap Vista, Microsoft mengklaim Windows 7 akan lebih cepat dan hanya memakan sedikit memori dalam bekerja. Selama ini Vista dikenal sebagai sistem operasi yang membutuhkan konfigurasi hardware yang mahal, dibandingkan pendahulunya, Windows XP.

 

“Windows 7 akan dapat membuat segalanya makin mudah di desktop Anda,” ujar proyek manajer Charlotte Jones saat memberi demonstrasi singkat atas sistem operasi ini. Jones juga menjelaskan bahwa sistem baru ini dapat memudahkan pengiriman file ke belakang dan depan antar halaman komputer.

 

Fitur-fitur Windows 7 akan menyederhanakan pekerjaan yang kerap membuat kesal pengguna komputer. Misalnya, fitur Home Group membuat pengguna dapat dengan cepat terkoneksi dengan komputer lain dan peranti keras lainnya. Julie Larsen-Green, salah satu petinggi Microsoft, pernah mendemonstrasikan mudahnya memutar file musik yang berada di komputer lain di dalam jaringan, dan kemudian menyambungkannya ke pengeras suara di tempat lain. Microsoft juga mengubah desktop taskbar, dan membuat ruang bagi para pengguna untuk menempatkan aplikasi yang paling sering mereka gunakan. Sistem operasi ini juga memberikan kesempatan pengguna untuk mematikan alert system, dan waktu booting yang lebih cepat dibandingkan Vista. Microsoft juga menambahkan fitur antarmuka multi-sentuh pada Windows 7.

                Roger Kay, presiden Endpoint Technologies Associates, mengatakan, secara keseluruhan sistem operasi baru ini mengurangi sejumlah langkah yang biasanya dilalui pengguna saat melakukan sebuah pekerjaan komputer. Sementara Debby Fry Wilson, direktur senior untuk manajemen produk Windows, mengatakan Microsoft memang sengaja melakukan perubahan radikal dengan sistem operasi baru ini.

                Windows 7 beta Official Release saat ini dapat didownload oleh publik. Microsoft awalnya mengumumkan bahwa download Windows 7 Beta hanya untuk 2.5 juta pendownload pertama, namun kembali mengumumkan bahwa Windows 7 Beta dapat didownload sampai dengan tanggal 24 January 2009. Dan bagi Anda yang ingin mendownload Windows 7, segeralah masuk ke Microsoft.com sebelum terlambat, dan harap memperhatikan minimum recommended specs berikut ini:

Processor              : 1 GHz 32-bit or 64-bit processor

Memory                  : 1 GB of system memory

Hard drive              : 16 GB of available disk space

Video card             : Support for DirectX 9 graphics with 128MB memory (in order to enable Aero theme)

Drive                       : DVD-R/W drive

Internet connection (to download the Beta and get updates)

Menurut mereka yang sudah mengunduh dan memasang Windows 7 di komputernya, tampilan dan interface Windows 7 jauh lebih bagus dan baik dari Windows Vista. Windows Media Center dan Windows Media Player 12 juga sudah terdapat pada versi Windows 7 Beta ini. Yang pasti Windows 7 lebih ringan dari Windows Vista, Windows 7 se-ringan Windows XP.

Rencananya, Windows 7 baru akan resmi dijual di pasaran pada awal 2010. Sedangkan versi uji cobanya sudah bisa dinikmati awal tahun 2009.

 

Sumber: okezone.com. kompas.com, detikinet.com, d60pc.com, udaramaya.com

3 comments on “Windows 7 Bikin Penasaran !

  1. apakah kita bisa mendapatkan windows 7 tanpa mendownload lama…?

    Firdaus Sani:
    Kemungkinan download Windows 7 pasti memakan waktu cukup lama mengingat kapasitas Windows 7 yg sangat gede. Klo mas memang tertarik utk download Windows 7, setidaknya gunakan akses internet yg cepat dan gunakan bantuan aplikasi download manager. Atau coba az googling siapa tau sdh ada org yg brhasil download dan sdh di-share di forum2 atau blog. Thx..

  2. Nanti Kalo Windows 7 kluar… Vaio Pindah Ke Windows 7 Gk? Dari Windows Vista

    Firdaus Sani:
    Windows 7 pasti akan mjd OS favorit byk org. Dan sy yakin, smua laptop pasti ntinya akan mgunakan Windows 7.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s