Tentang VAIO Care


Oleh: FS
Minggu, 15 Juli 2012 – 16.00 WIB

LaptopCentro – Untuk pengguna laptop Sony VAIO model lama, mungkin sangat familiar dengan VAIO Recovery Center namun tidak tahu tentang VAIO Care. VAIO Care memang baru saja dibenamkan untuk laptop Sony VAIO keluaran terbaru sekitar 2 tahun lalu. Hingga kini, VAIO Care sudah sampai pada versi ke-7 dengan penambahan-penambahan menu dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, aplikasi bagus bawaan Sony VAIO ini berguna untuk membantu proses pemeliharaan dan pemulihan laptop kita. Kalau laptop Anda belum memiliki VAIO Care, cobalah untuk mengunduhnya di sini!

Inti dari VAIO Care adalah System Care, Troubleshooting & Diagnostic, Recovery & Restore, dan VAIO Support. Dengan VAIO Care kita bisa mengetahui status kesehatan laptop, informasi tentang VAIO kita, tentang software dalam VAIO kita, petunjuk untuk melakukan perbaikan kecil terhadap perangkat lunak dan pernagkat keras pada VAIO kita, tentang cara format ulang dan back up data, serta layanan dukungan Sony untuk laptop kita. Bingung? Berikut penjelasanya:

Pemeliharaan dan Tips untuk VAIO
VAIO Care memudahkan bagi siapa saja untuk merawat VAIO. Menampilkan menu dan tampilan yang intuitif, software baru ini menyederhanakan perawatan dasar dan tugas pemecahan masalah untuk menjaga VAIO Anda dalam kondisi baik. Untuk menambah kenyamanan, VAIO Anda sudah dilengkapi dengan tombol ASSIST yang menyediakan satu sentuhan akses ke VAIO Care.

Butuh bantuan? Hanya tekan tombol ASSIST!
Jika masalah timbul atau Anda hanya ingin melakukan pemeliharaan rutin, tekan tombol ASSIST pada laptop Anda. Terletak di bagian atas keyboard, tombol ini segera membuka VAIO Care. Bahkan jika komputer dalam keadaan mati, Anda masih bisa membuka VAIO Care dan menyelesaikan masalah.

VAIO Status: untuk Memeriksa Kondisi Laptop
VAIO Status untuk memeriksa kondisi VAIO Anda seperti:
– performa laptop (akselerasi program, defrag, disk cleaner, bandwith, kesalahan program atau windows)
– keamanan (firewall, antivirus, windows update, dan vaio update)
– sistem seting (user account, device manager, connectivity, back up, dan recovery media)

About Your VAIO: untuk Mengetahui Sistem Informasi
Untnuk mengetahui tentang VAIO Anda, silahkan pilih menu ini. Karena menu ini dapat memberikan penjelasan tentang:
– informasi sistem VAIO
– buku panduan penggunan VAIO
– formulir registrasi laptop VAIO Anda ke website Sony
(namun sayang, untuk Indonesia tidak atau belum tercantum di website Sony)

VAIO Software: untuk Mengetahui Aplikasi bawaan VAIO
Mau tahu aplikasi apa saja yang terpasang di laptop VAIO kesayangan Anda? Menu ini jawabannya! Dalam menu ini memungkinkan Anda untuk:
– belajar dan mengetahui aplikasi VAIO serta petunjuk penggunaannya
– menghapus dan memasang kembali aplikasi VAIO
– tetap “update” untuk menerima aplikasi terbaru dengan VAIO Update

Troubleshooting: untuk Memecahkan Masalah
Ketika suatu saat VAIO Anda tampaknya tidak bekerja dengan baik, bagian Troubleshooting pada VAIO Care™ akan membantu Anda menemukan solusi sendiri. Dengan item menu yang mudah dipahami seperti Program & Software, Netwrok & Wireless, System, Storage & Media, Connected Devices, akan membantu Anda menentukan masalah dan mencari solusi lebih lanjut.

Advanced Tools: untuk Mengembalikan Laptop ke Kondisi Awal
Ketika solusi dari masalah yang terjadi pada laptop Anda ditemukan, maka secara otomatis diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
– Diagnostic: untuk pemeriksaan lebih rinci yang memungkinkan Anda memeriksa status perangkat keras, termasuk CPU, hard drive, layar, cd drive, USB, LAN, dan lain-lain
– Restore: untuk “back up” data laptop Anda, install ulang aplikasi dan driver
– Recovery: untuk mengembalikan laptop Anda ke kondisi semula atau awal seperti pertama beli. Anda juga bisa membuat Recovery Media atau Recovery Disk untuk cadangan atau “back up” recovery jika suatu saat terjadi kerusakan pada hard disk Anda.

Contact & Support: untuk Bantuan Lebih Lanjut
Ketika bertanya tentang perbaikan, akses cepat ke informasi komputer dan mengetahui siapa yang harus dihubungi, sangat penting bagi kita untuk menerima dukungan pelanggan. Menu ini menampilkan informasi yang diperlukan seperti model dan nomor seri di bagian bawah laptop. Anda juga akan mencari tahu di mana untuk bertanya langsung dan menemukan tips tentang cara menggunakan VAIO. Selain itu, menu ini juga langsung memberikan link ke situs web dukungan VAIO dan panduan pengguna online.

OS tidak boot? Tombol ASSIST Memberikan Solusi
Setelah menghidupkan VAIO Anda tetapi OS gagal menyelesaikan booting, maka langkah pertama adalah matikan laptop dan cukup tekan tombol ASSIST. VAIO Care Rescue* akan muncul untuk membantu dalam pemulihan laptop Anda seperti dengan menyimpan file teks penting dan foto, memulihkan drive C ke keadaan awal, dll
* Tidak tersedia pada beberapa model lama namun sebagai gantinya Anda bisa menggunakan VAIO Recovery Center

Semoga bermanfaat…! [fs]

7 comments on “Tentang VAIO Care

  1. mang… gmn cara mengatasi/perbaiki laptop aq? klo di aktifkn muncul bootmgr missing???
    thanks.

    FS: harus recovery gan 🙂

  2. mang… gmn cara mengatasi/perbaiki laptop aq? klo di aktifkn muncul bootmgr missing???

    bgm cara me upgrade vaio care???

    terimahkasih…..

  3. assalamualaikum, sy maw tany leptop vaio aq itu kadang tiba2 merestat sendiri, tus ad pesannya “pc problem” gmna ya ngatasinya? ….jazakillah

    FS: waalaikumsalam. kalau sering restart coba recovery sja. tutorialnya lengkap di blog ini!

  4. mau tanya kemaren saya kan restrat skalian update. tapi udah 2 hari updatenya belom selesai. masih instaling update 3 of 8, itu kenapa ya? trus gimana cara ngatasinnya?? mohon balasannyab segera

    FS: kalau dirasa mengganggu sebaiknya matikan fitur automatic updatenya. Sorry baru sempat balas

  5. mau nanya ni , laptop aq nda bisa boot udah tekann tombol assist tapi nga ada tampilan, solusix apa yah?

  6. Maaf,, klo layar laptopnya suka ada garis2 trus kedap kedip, itu solusinya gmana ya??

Tinggalkan komentar